4 Jenis Kuliah Online – Model Pembelajaran Berbasis Daring

4 Jenis Kuliah Online – Model Pembelajaran Berbasis Daring

4 Jenis Kuliah Online – Model Pembelajaran Berbasis Daring

kuliah onlineonline-course-kuliah-daringBERKAH Ramadhan, saya dipercaya berbagi pengetahuan tentang Model Perkuliahan Berbasis Daring di fakultas sebuah kampus di Bandung, 7 Juni 2018. Acaranya di sebuah hotel sambil buka bersama para dosen fakultas tersebut.

Mungkin, saya diundang jadi pemateri workshop kuliah online tersebut karena selama menjadi dosen luar biasa (dosen praktisi/honorer) di kampus tersebut (2003-2017), dalam lima tahun terakhir, saya selalu membuat kelas online (online class) di blog saya untuk melengkapi proses perkuliahan yang berlangsung secara tatap muka (di kelas).

Biasanya saya memberikan tugas dan materi tambahan melalui kelas online tersebut. Absensi mahasiswa dilakukan dengan cara menulis komentar.

4 Jenis Kuliah Online – Model Pembelajaran Berbasis Daring

Dalam acara tersebut, saya berbagi pengetahuan tentang 4 jenis kuliah online atau model pembelajaran berbasis online:

  1. Kuliah Online SPADA Kemenristek Dikti
  2. Kuliah Online Level Kampus
  3. Kuliah Online Mandiri
  4. Kuliah Online terbuka

Sebelum membahas satu per satu keempat jenis kuliah online atau model pembelajaran berbasis daring tersebut, sekilas saya tampilkan melalui slide power point tentang pengertian dan proses kuliah online.

Kuliah Online adalah perkuliahan dengan memanfaatkan internet dengan cara membuat kelas online sebagai media interaksi dosen-mahasiswa.

Di kelas online itu dosen memberikan materi perkuliahan, antara lain materi kuliah berupa dokumen portable document file (pdf), video, atau link (daftar bacaan/referensi).

Kuliah Online disebut juga kuliah daring (dalam jaringan), eLearning, Online Course, Kuliah Non-Tatap Muka, dan Kuliah Jarak Jauh.

Dengan kuliah online, dosen-mahasiswa tidak bertemu di kampus secara fisik. Perkuliahan bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Jenis-Jenis Kuliah Online

1. Kuliah Online SPADA Kemenristek Dikti

SPADA adalah kependekan dari Sistem Pembelajaran Daring Indonesia. Disebutkan di laman resmi SPADA, kuliah online ini salah satu program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi.

Informasi selengkapnya bisa ada baca-baca di situs resmi SPADA Indonesia dengan url http://spada.ristekdikti.go.id/s

2. Kuliah Online Level Kampus

Jenis kedua ini berupa kuliah online yang diselenggarakan kampus-kampus perguruan tinggi di Indonesia, seperti eLearning Unpad dan Scele UI.

“e-Learning Unpad didirikan untuk menjembatani jarak, waktu, dan berbagai kondisi yang dapat menghalangi kegiatan pembelajaran. Bukan hanya itu, di bawah naungan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), e-Learning juga hadir untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi sebagai upaya memaksimalkan hasil belajar baik di lingkungan Universitas Padjadjaran, maupun bagi masyarakat umum,” demikian disbeutkan di laman utama Scele Unpad.

3. Kuliah Online Mandiri

Kuliah Online Mandiri adalah kuliah daring yang dilakukan oleh dosen secara mandiri melalui website pribadinya atau melalui web khusus yang dibuat untuk kuliah online.

Contohnya, saya membuat laman online class di blog ini dan membuat blog khusus untuk perkuliahan online.

Dosen-dosen “melek IT” biasanya memiliki blog atau website pribadi. Di blog itulah kelas online dibuka.

Kelas Online ini bisa diakses oleh mahasiswanya saja atau bisa juga dibuka untuk umum.

Blog gratis di Blogger dan WordPress bisa dibuat private sehingga hanya user tertentu (terpilih) yang bisa mengaksesnya.

Itulah yang saya maksud dengan Kuliah Online Mandiri. Dosen yang jarang masuk atau “malas ke kampus” bisa membuat kelas online di blognya untuk memberikan materi kuliah dan berinteraksi dengan para mahasiswa.

Untuk blog SelfHosted WordPress bisa menggunakan LMS (Learning Management System) Plugin.

4. Kuliah Online terbuka

Yang saya maksud kuliah online terbuka adalah kampus-kampus yang membuka kelas jarak jauh.

Dengan metode Massive Open Online Courses (MOOC), pengguna internet bisa mengikuti berbagai macam kursus yang diselenggarakan sebuah perguruan tinggi, meskipun bukan mahasiswa dari kampus tersebut.

Misalnya, kursus online yang diselenggarakan oleh kampus Oxford dan Harvard atau Coursera dan edX (didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT).

Demikian 4 Jenis Kuliah Online – Model Pembelajaran Berbasis Daring. Saya fokus ke kuliah online mandiri karena model itu yang sudah pernah saya laksanakan, meski tidak sepenuhnya online karena hanya sebagai pelengkap kuliah tatap muka di kelas (offline). Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

DNS Google: Agar Internet Lebih Cepat! DNS Google sendiri adalah DNS publik yang disediakan oleh raksasa mesin pencari tersebut sebagai alternatif DNS yang telah disediakan oleh operato...
Internet Manifesto: Panduan Memahami Internet Internet Manifesto: Panduan Memahami Internet Internet Manifesto (Manifesto Internet) merupakan panduan ringkas dan praktis untuk memahami dunia in...
Waspadai Penipuan Bisnis Online! Saya mendapat 30 juta per bulan hanya dengan kerja online dari rumah. Mau tau apa yang saya kerjakan?? Klik di sini! Sudahkah rekening Anda dialiri ru...
Pengertian, Jenis, dan Cara Menjalankan Bisnis Onl... Bisnis Online adalah usaha yang dijalankan secara online menggunakan jaringan internet. Pengertian Bisnis Online secara praktis adalah menjalankan us...

COMMENTS