Apakah Gelar S.Kom Bisa Qualified untuk Kuliah Jurnalistik?

Permisi, ingin bertanya 🙂 saya sebentar lagi lulus dengan gelar S.Kom (sekitar Maret 2011), saat ini tengah kuliah di jurusan Komputer Akuntansi. Tapi sebenarnya sama sekali nggak tertarik dengan akutansi atopun pemrograman.. Saya tertarik dengan jurnalistik dan tulis-menulis, jadinya saya saat ini berniat untuk melanjutkan S2 ke LN dan mengambil jurusan journalism..

Masalahnya, apakah dengan gelar S.Kom dan latar blkg pendidikan sy, sy bisa qualify untuk mengambil jurnalisme? ^^ Agak nggak nyambung ya..ha5.. trus sy takutnya, walaupun qualify, apakah saya sanggup kuliah jurusan jurnalistik tanpa dasar di bidang jurnalistik? jadi saya mau bertanya, S1 jurnalistik itu apa saja yang dipelajari? Dan menurut Anda, apakah tanpa dasar di bidang jurnalistik, saya akan mampu menjalani master degree di bidang tersebut?

^^ terima kasih~

Jawaban

1. Jurnalistik itu ilmu terapan (applied science). Dapat dipelajar siapa saja dengan latar belakang pendidikan apa pun. Bahkan yang tidak berpendidikan formal pun bisa menjadi jurnalis.

Jadi, menurut saya, Anda qualified untuk mengambil jurnalisme, apalagi Anda sarjana komputer. Anda akan sanggup kuliah jurusan jurnalistik meski tanpa dasar di bidang tersebut.

Saya masih ingat pendapat Kan Jalal (Jalaluddin Rakhmat, pakar komunikasi dari Bandung), saat berbicara soal kurikulum jurusan jurnalistik. Katanya, cukup dua yang dijadikan fokus: komputer dan bahasa Inggris!

Komputer karena ia perangkat utama jurnalis. Demikian juga bahasa Inggris. Ilmu-ilmu dan teknik jurnalistik dalam bahasa Inggris bertebaran di internet. Tinggal dibaca, dipahami, dan dipraktikkan.

2. Yang dipelajari di S1 Jurnalistik a.l, dasar-dasar jurnalistik, teknik menulis (berita, artikel, feature), bahasa jurnalistik, manajemen media, foto jurnalistik, jurnalisme online, jurnalistik radio, kode etik jurnalistik, perbandingan pers, sistem komunikasi Indonesia, sistem hukum dan etika pers, dll.

Silakan, maju terus… Anda –insya Allah–  bisa…! Wasalam.

Related Post

Apa Sih Jurnalistik Immersion? Assalamu’alaikum Kang, mau nanya, apa sih arti jurnalistik immersion. Wassalamu’alaikum. Jawab: Wa’alaikum salamu'alaikum wr. wb. Jurnalistik (jurn...
Jurnalistik Media Sosial JURNALISTIK itu ilmu terapan (applied science). Begitu ada media baru, jurnalistik bisa menggunakannya sebagaia media (sarana/channel/saluran) publika...
Visi, Misi, dan Manajemen Perkuliahan Jurusan Jurn... Oleh ASM. Romli Bidang studi Jurnalistik mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia kewartawanan termasuk di dalamnya adalah pengelolaan da...
Stand-Alone Journalism – Alternatif Wartawan... Stand-Alone Journalism - Alternatif Wartawan Publikasikan Liputannya WARTAWAN sering kecewa karena hasil liputannya atau naskah beritanya tidak bis...

COMMENTS