Tips Menulis Novel: Membuat Novel, Harus Riset Dulu?

138 views

menulis novelKang saya mo tanya untuk mencipta (membuat) novel, apakah harus punya daya imajinasi tinggi atau riset dulu atau gimana? mohon jawabanya. htr nuhun.  solhul mjd.

Jawab:

Ya, benar, untuk menulis novel yang bagus, harus punya daya imajinasi tinggi atau riset dulu.

Novel itu karya fiksi, karangan. Penulisnya juga disebut pengarang karena ia “ngebohong”. Yang ditulisnya hasil rekaan atau hayalannya, meski banyak juga novel berbasis kisah nyata, tapi tetap saja “didramatisasi” biar lebih menarik.

Riset diperlukan untuk mengembangkan imajinasi, juga data/fakta akurat biar trkesan nyata, gak “boong” banget di novelnya.

Bisa juga novel dibuat based on kisah nyata, cuma ditambahain, didramatisiasi.

Cara Menulis Novel

Cara menulis novel bisa ditemukan secara detail di laman Cara Menulis Novel (domain expired). Disebutkan, cara menulis novel dengan baik dan benar ada sembilan tahapan:

  1. Gaet pembaca pada paragraf pembuka dengan menyuguhkan konflik. Ini adalah cara membuat pembukaan novel yang ampuh dan menarik.
  2. Kembangkan karakter tokoh novel Anda. Bantu pembaca untuk memvisualkan karakter dengan mendesripsikan penampilan, tingkah laku dan pemikiran tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita.
  3. Pilih sudut pandang penulisan cerita dalam novel Anda. Anda bisa berperan menjadi orang pertama (protagonis) dengan kata ganti aku, saya, kami, kita.
  4. Buat dialog yang penuh arti. Tulis dialog yang penting-penting saja, yang ada tujuannya, yang langsung pada masalah, yang langsung menjelaskan, jangan berputar-putar, jangan bertele-tela, jangan hambar.
  5. Tetapkan setting cerita dalam novel Anda. Ia mencakup waktu dan tempat. Setting waktu terdiri dari hari, tanggal, siang, malam, minggu, bulan, pagi, sore, tahun, dekade dan lain-lain.
  6. Mengatur plot dalam novel Anda. Apakah Anda tahu plot? Baiklah saya jelaskan. Menurut Cellia Warren, plot adalah peristiwa yang berurutan yang disertai sebab akibatnya.
  7. Mengarahkan klimaks pada novel Anda. Klimaks adalah puncak atau titik balik cerita. Ia adalah bagian yang paling dramatis dari cerita.
  8. Menulis ending novel Anda. Ending adalah penyelesaian atas masalah. Anda bisa menulis ending yang terbuka atau ending yang tertutup. Ending tertutup adalah akhir cerita yang menunjuk pada penyelesaian masalah yang sudah tuntas.
  9. Membuat Judul novel yang Menarik.

Demikian tips menulis novel. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

membuat novel novel riset

Related Post

Leave a reply