Bahasa Tubuh dalam Public Speaking

Bahasa Tubuh dalam Public Speaking

544
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

komunikasi nonverbal_bahasa tubuh_public speakingBahasa tubuh dalam Public Speaking wajib diperhatikan semua orang yang suka berbicara di depan umum. Bahasa tubuh berfungsi menambah efektivitas pembicaraan jika dilakukan dengan tepat.

Pengertian Bahasa Tubuh

Bahasa Tubuh (Body Language) adalah komunikasi nonverbal (tanpa kata-kata).

Bahasa tubuh didefinisikan sebagai gerakan tubuh nonverbal yang dapat menyampaikan pesan kepada orang lain.

Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh. (Richard E. Potter dan Larry A. Samoval, Intercultural Communication, 2006).

Fungsi Bahasa Tubuh
Knapp, M.L. dalam Nonverbal Communication in Human Interaction (New York: Holt, Rinehart, and Winston) mengemukakan lima fungsi bahasa tubuh:

  1. Repetisi — Mengulang kembali gagasan yang sudah disampaikan secara verbal.
  2. Subtitusi — Menggantikan lambang verbal.
  3. Kontradiksi — Menolak sebuah pesan verbal dengan memberikan makna lain menggunakan pesan nonverbal.
  4. Pelengkap — Melengkapi dan memperkaya pesan nonverbal.
  5. Aksentuasi — Menegaskan pesan nonverbal.

Macam-Macam Bahasa Tubuh

  • Senyum
  • Ekspresi Wajah.
  • Kontak Mata
  • Gerakan Tangan
  • Gerakan Kepala
  • Anggukan
  • Dll.

Bahasa Tubuh dalam Public Speaking

Bahasa tubuh memegang peran kunci dalam kesuksesan public speaking. Menurut Dr. Gery Genard dalam “Public Speaking International” , setidaknya adal lima jenis bahasa tubuh yang harus dipahami dan dilakukan oleh seorang public speaker.

  1. Movement and gestures. Gerakan dan isyarat. Formula yang mudah diingat dalam melakukannya guna menghindari kejenuhan hadirin adalah NODS: Neutral, Open, Defined, and Strong.   Anda harus memulai dalam posisi netral (neutral) dengan kedua tangan di samping badan. Ini membuat Anda terbuka (open) alias siap selalu secara alamiah untuk menggerakkan tangan pada kalimat tertentu (defined) untu menguatkan perkataan Anda (strong).
  2. Use of space. Gunakan ruang. Stage, podium, atau mimbar tempat Anda bicara adala dunia Anda. Isi ruang yang ada senyaman mungkin.
  3. Dealing with objects. Menggunakan alat yang ada di sekitar podium, seperti “remote clicker” layar slide atau hand out.
  4. Facial expressiveness. Ekspresi wajah. Anda bis melatih ekspresi wajah yang tepat dan memikat di depan cermin sambil mengucapkan kata-kata.
  5. Voice. Suara merupakan alat komunikasi paling fleksibel. Gunakan ekspresi vokal yang tepat dan temukan suara sejati Anda (Find Your True Voice).

Pantangan Bahasa Tubuh

Ada sejumlah pantangan bahasa tubuh dalam public speaking, seperti gerakan anggota tubuh atau ekpresi wajah yang bertentangan dengan kata-kata yang diucapkan.

Pantangan Bahasa Tubuh yang paling umum dilanggar seorang public speaker pemula a.l. menyilangkan kedua tangan di depan atau belakang, menggaruh kepala, bola mata bergerak ke atas (melihat ke atas), tidak melakukan kontak mata kepada seluruh hadirin, dan sebagainya.

Pantangan lainnya a.l. menggaruk bagian tubuh mana saja, memasukkan tangan kedalam saku celana, mencengkram podium, serta memegang hidung atau daun telinga. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY