Blog Takkan Terkalahkan Facebook dan Twitter

Blog Takkan Terkalahkan Facebook dan Twitter

100
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Facebook dan Twitter “membunuh” blog. Dunia Blogging pun “sekarat” (blog is dying). Banyak (kebanyakan?) blogger kini lebih memilih facebookan dan/atau twitteran ketimbang ngeblog. Akibatnya, popularitas Facebook/Twiter jauh melampaui popularitas blogging.

Berbagai statistik yang bisa kita temukan di Google semuanya menunjukkan pengguna facebook dan twitter lebih banyak dari Blog. Blogger WordPress di seluruh dunia mencapai 63.583.997 blogger (data: http://en.wordpress.com/stats/ per 6 April 2013 Pkl. 11.50 WIB). Angka itu terus berubah –naik! Pengguna Blogspot dan lainnya berada di angka lebih rendah.

Pengguna Facebook, menurut Statista hingga April 2013, mencapai 1 miliar lebih. Menurut Mediabistro, pengguna twitter mencapai sekitar 500 juta user.

Apakah blog benar-benar mati? Ternyata tidak, bahkan ada trend peningkatan kembali — hasil riset  Nielsen/McKinsey seperti dikutip DailyBlogTips.

Alih-alih “saling membunuh”, blogging dan media sosial justru saling melengkapi. Para blogger menggunakan Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya untuk mempromosikan posting blog mereka dan meningkatkan traffict (visitor blog). Jadi, Rather than being competitors, they are complementary!

Lagi pula, Facebook/Twitter hakikatnya blogging juga, namun di level “rendah” dalam hal proses berpikir dan keseriusan posting.

Ada kekuatan blog yang tidak bisa dikalahkan Facebook/Twitter. Dalam posting sebelumnya saya mengutip artikel tentang 10 Alasan Blog Lebih Baik dari Facebok.

Sebagai tambahan atau penegasan, berikut ini keunggulan blog atas media sosial Facebook dan Twitter:

1. Documented/Archieved. Tulisan di blog terdokumentasi, hingga kapan pun, selama tidak dihapus bloggernya, tulisan di blog akan “abadi”.

2. Indexed by Seacrh Engine. Tulisan di blog diindeks mesin pencari sehingga mudah ditemukan kembali dan lebih potensial dibaca oleh user di seluruh dunia. Sebaliknya, posting di facebook, termasuk di Note (catatan), tidak terdokumentasi dan tidak terindeks oleh mesin pencari.

3.  Wide Audience/Reader. Tulisan di blog jauh lebih potensial dibaca banyak orang dibandingkan tulisan di facebook yang “hanya” lewat beberapa detik di beranda teman-teman dan –menurut surve– paling banyak dibaca oleh 14% teman. Itu pun jika teman-teman sedang OL, kalau tidak OL dan tidak membuka akun FB kita, tulisan kita hanya dibaca oleh kita sendiri.

4. Blogs mean business. Bisnis online, pemasaran produk, berbagi pengalaman dan pengetahuan jauh lebih ampuh di blog ketimbang Facebook karena alasan poin 1,2,3 di atas. Sedikitnya ada 28 cara bisnis online melalui blog. Dengan kata lain, ada 28 cara menjadikan blog sebagai “mesin uang”. Nanti saya akan posting juga soal itu. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY