Blogpreneur: Cara Menghasilkan Uang dengan Blog

Blogpreneur: Cara Menghasilkan Uang dengan Blog

117
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

blogpreneur-bukuBlogpreneur: Cara Menghasilkan Uang dengan Blog

BLOGPRENEUR adalah wirausahawan dengan memanfaatkan blog atau menghasilkan uang dengan blog.

Demikian pengertian ringkas dan praktis tentang blogpreneur.

Jika kita urai, blogpreneur merupakan gabungan dua istilah: blog dan entrepreur.

  • Blog adalah situs web pribadi atau milik dan dikelola secara perorangan. Biasanya website personal ini menggunakan platform blog gratis, seperti Blogger dan WordPress.
  • Entrepreneur artinya wirausaha atau wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya (KBBI).
  • BlogPreneur adalah wirausahawan/wiraswastawan dengan menggunakan blog sebagai “warung” atau “perusahaan” untuk mendapatkan penghasilan.

Jadi, blogpreneur adalah gabungan antara blogger dan entrepreneur.

Dalam istilah Alysa Bird, blogpreneur itu adalah blogger yang mengubah blognya menjadi bisnis yang menguntungkan (Turning Blog Into A Profitable Business).

blogpreneur adalah

Umumnya orang ngeblog (blogging) karena ingin berbagi pengalaman, pengetahuan, menyalurkan hobi menulis, atau mendokumentasikan ide, pemikiran, foto, video, pengalaman secara online.

Namun, banyak juga blogger yang sejak awal membuat blog bertujuan mencari uang (make money blogging).

Jika Anda termasuk orang yang ngeblog untuk mencari uang, maka niat bisnisnya diturunkan dulu, ganti dengan niat utama berbagi (sharing).

“Jangan membuat blog dengan niat cari uang,” begitu nasihat admin Daily Blog Tips.

Don’t just start a blog because you want to make money. There are no shortcuts to success.

Jadi, uang dari blogging itu “nilai tambah” atau “berkah”.

Tentu, nasihat itu berlaku secara umum. Jika membuat blog bisnis berupa toko online (online store), lain cerita. Toko Online memang untuk berbisnis, jualan, dagang. Yang namanya bisnis, ya untuk dapat duit dong.

Namun, blog toko online pun jangan 100% berisi promo produk dan jasa. Harus diisi pula dengan, istilahnya, Content Marketing, yaitu postingan berupa artikel yang sekiranya mengundang pengguna internet datang ke blog bisnis Anda.

Cara Menghasilkan Uang dengan Blog

Menjadi blogpreneur atau menghasilkan uang dengan blog bukan pekerjaan sehari-dua hari. Butuh waktu, proses, kesabaran, keuletan, layaknya menggeluti sebuah usaha.

1. Membuat Blog. Langkah pertama tentu saja Membuat Blog dulu.

2. Konten Berkualitas. Setelah blog jadi, lalu isi dengan postingan bermanfaat, unik, orisinal, menarik, alias Konten Berkualitas.

Menurut Google, postingan blog berkualitas itu, yang akan membuat blog kita banyak pengunjung, antara lain tulisan yang:

  • Berguna dan informatif
  • Lebih bernilai dan berguna daripada situs lain.
  • Dapat dipercaya (kredibel)
  • Kualitas tinggi — unik, spesifik, dan berkualitas tinggi.
  • Menarik.

3. Saatnya Meraih Penghasilan dari Blog

Setelah postingan blog Anda cukup banyak, sekitar 20 postingan minimal, bisa kurang jika satu tulisan sangat lengkap dan berkualitas, maka saatnya menghasilkan uang dari blog alias menjadi Blogpreneur.

Cara terpopuler adalah dengan publisher iklan Google (AdSense). Jika blog Anda sudah banyak pengunjung, sudah dikenal oleh Google dan pengguna, maka Daftarkan Blog Anda ke Google AdSense.

Selain Google AdSense, cara lain menghasilkan uang dengan blog adalah mengikuti Program Afiliasai (Affiliate Marketing) dan menerima pemasangan iklan.

Cuma itu? Tidak. Masih banyak! Selengkapnya bisa Anda simak dengan santai, sambil tiduran, sambil ngopi plus udud di buku Blogpreneur – Bisnis Online untuk Pemula.

Silakan pesan di www.nuansa.co sekarang juga!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY