Cara Agar Website & Blog Cepat Terindeks Google

Cara Agar Website & Blog Cepat Terindeks Google

SEO Wesbite BlogCara Agar Website & Blog Cepat Terindeks Google dan mendapatkan banyak pengunjung.

Kapan pun Anda membuat situs web atau blog baru untuk bisnis Anda, hal pertama yang mungkin Anda inginkan terjadi adalah orang-orang menemukannya melalui halaman hasil pencarian mesin telusur atau mesin pencari web, terutama Google.

Anda harus menunggu Googlebot merayapi (crawl) situs web Anda dan menambahkannya ke indeks Google.

Bagaimana agar blog Anda bisa cepat terayapi dan terindeks Google sehingga bisa cepat pula mendapatkan pengunjung?

Tips SEO berikut adalah cara bagaimana konten situs web atau blog Anda cepat dijelajahi dan diindeks.

Sebelum ke cara agar blog cepat terindeks Google, kita pahami itu apa itu Googlebot, Crawling, dan Pengindeksan?

Apa itu Googlebot?

Sebelum ke proses percepatan crawl dan index Google, kita pahami dulu apa itu Googlebot, ditambah perbedaan antara pengindeksan (indexing) dan perayapan (crawling).

Googlebot adalah perangkat lunak bot penelusuran yang dikirim Google untuk mengumpulkan informasi tentang dokumen di web untuk ditambahkan ke indeks Google yang dapat dicari.

Perayapan adalah proses Googlebot berkeliling dari situs web ke situs web, menemukan informasi baru dan terbaru untuk dilaporkan kembali ke Google. Googlebot menemukan apa yang harus dijelajahi menggunakan tautan.

Pengindeksan adalah pemrosesan informasi yang dikumpulkan oleh Googlebot dari aktivitas merangkaknya.

Setelah dokumen diproses, alamat blog atau link postingan web/blog ditambahkan ke indeks Google yang dapat dicari.

Selama pengindeksan, Googlebot memproses kata-kata di halaman dan tempat kata-kata tersebut berada. Informasi seperti tag judul dan atribut ALT juga dianalisis selama pengindeksan.

Jadi, bagaimana Googlebot menemukan konten baru di web seperti situs web baru, blog, halaman, dll? Ini dimulai dengan halaman web yang diambil selama proses perayapan sebelumnya dan menambahkan data peta situs (sitemap) yang disediakan oleh webmaster.

Saat menelusuri halaman web yang sebelumnya dijelajahi, ia akan mendeteksi tautan pada halaman tersebut untuk ditambahkan ke daftar halaman yang akan dijelajahi.

Selengkapnya tentang Googlebot, Crawling, dan Indexing bisa disimak di halaman Bantuan Alat Webmaster.

Blog atau konten baru di situs web ditemukan pertama kali oleh Google melalui peta situs (sitemap) dan tautan (link).

Sekarang kita akan melihat bagaimana cara mendapatkan peta situs di situs Anda dan tautan ke situs yang akan membantu Googlebot menemukan situs web, blog, dan konten baru.

Cara Agar Website & Blog Cepat Terindeks Google

blog cepat terindeks googleLakukan proses dasar SEO Blog berikut ini begitu Anda selesai membuat blog baru agar Blog Cepat Terindeks Google.

1. Buat Peta Situs (Sitemap) – Peta situs adalah dokumen XML di server situs web Anda yang pada dasarnya mencantumkan setiap halaman di situs Anda.

Peta situs yang didaftarkan memberitahu mesin pencari saat halaman baru ditambahkan dan seberapa sering untuk memeriksa kembali perubahan pada halaman tertentu.

Jika situs web Anda dibangun di WordPress, Anda dapat memasang plugin Google XML Sitemaps dan memilikinya secara otomatis membuat dan memperbarui peta situs Anda untuk Anda dan juga mengirimkannya ke mesin telusur.

Anda juga bisa menggunakan tool seperti XML Sitemaps Generator.

Jika blog Anda dibuat di blogger, cari menu Tambahkan Peta Situs dan tambahkan sitemap.xml di belakang alamat blog Anda di kolom yang tersedia.

2. Kirimkan Peta Situs ke Google Webmaster Tools – Buka Google Webmaster Tools.

Jika Anda belum memilikinya, cukup buat Akun Google gratis, lalu masuk ke Search Console.

Tambahkan situs baru Anda ke Alat Webmaster, lalu buka Optimalisasi > Peta Situs dan tambahkan tautan ke sitemap situs web Anda ke Webmaster Tools untuk memberi tahu Google tentang hal itu dan halaman yang telah Anda publikasikan.

2. Pasang Google Analytics – Buka Google Analytics yang akan membuat blog Anda lebih dikenali Google.

Di Google Analytic ini Anda juga bisa memantau trafik dan jumlah kunjungan ke blog Anda.

3. Kirimkan URL Situs ke Search Engine – Beberapa orang menyarankan agar Anda tidak melakukan ini hanya karena ada banyak cara lain untuk mendapatkan crawler mesin pencari ke situs Anda. Tapi itu hanya butuh beberapa saat, dan tentu saja tidak ada salahnya.

Jadi kirimkan URL situs web Anda ke Google dengan masuk ke Akun Google Anda dan masuk ke opsi Kirim URL di Alat Webmaster.

4. Buat atau Perbarui Profil Sosial – Perayap masuk ke situs Anda melalui tautan (link).

Salah satu cara untuk mendapatkan beberapa tautan atau backlink cepat adalah dengan membuat akun media sosial dan melengkapi profil dengan menambahkan link situs web baru Anda.

Pastikan alamat blog Anda ada di akun Twitter, halaman Facebook, profil atau halaman Google+, profil LinkedIn atau halaman perusahaan, profil Pinterest, dan saluran YouTube.

Link blog di media sosial juga akan membuat Blog Cepat Terindeks Google.

5. Bagikan Link Situs Web Baru Anda – Setelah Anda menambahkan link situs web baru Anda ke profil sosial baru atau yang sudah ada sebelumnya, bagikan dengan memperbarui status di jaringan tersebut. 

Mesin telusur akan melacak sinyal sosial (social signal) untuk blog Anda. Ini akan membuat Blog Cepat Terindeks Google.

Untuk Pinterest, pin gambar dari situs web dan YouTube, buat video yang memperkenalkan situs web baru Anda dan sertakan tautan ke deskripsi video tersebut.

6. Setup RSS Anda dengan Feedburner – Buat akun di Google Feedburner

Di Feedburner Anda juga bisa otomatia membagikan konten blog Anda secara otomatis ke akun Twitter. Di Twiiter, bisa disetting untuk share status otomatis ke akun Facebook.

Demikian Cara Agar Website & Blog Cepat Terindeks Google. Jika bahasanya “agak kacau”, harap maklum, karena postingan tips seo blog ini dibantu Google Translate 🙂 Wasalam. (www.romeltea.com).*

Source: Kissmetrics

Related Post

28 Cara Menghasilkan Uang dari Blog – Tips B... 28 Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Tips Bisnis Online Ngeblog (Blogging) bisa menghasilkan uang. Setidaknya ada 28 cara bisnis online di blog at...
Tema WordPress Paling Ringan dan SEO Friendly Fastest Loads and SEO Friendly WordPress Themes. Tema WordPress Paling Ringan dan SEO Friendly berikut ini menurut versi Color Lib. "20 Fastest Loadin...
Onlinepreneur: Dapat Rp2 Juta per Bulan dari Googl... BUKAN untuk pamer. Sekadar berbagi, memotivasi, dan siapa tahu jadi inspirasi bagi Anda. Sebagai onlinepreneur (wirausahawan online) dengan ngeblog (b...
Pilihan Adsense untuk Blog Indonesia Adsense Indonesia Banyak pilihan adsense untuk blog Indonesia. Untuk Bisnis Online atau mendapatkan uang melalui blog Anda bisa melakukan beberapa...

COMMENTS (3)

  • comment-avatar

    Salam kenal kang Romel, saya membuka website anda dari hp android. Tampilannya mobile friendly sekali. Responsif. Mendesign sendiri kah?

  • comment-avatar

    artikelnya sangat keren !!
    jangan lupa kunjungi blog saya.
    http://www.kilasindo.com