Cara Membuat Inhouse Magazine – Media Internal Lembaga

666 views

inhouse magazine media internalWah terima kasih banget nih, bisa ikutan nanya tentang dunia jurnalistik.

Mas Romli, saya mau tanya nih..boleh ga saya minta dikirimi panduan cara membuat in house magazine atau majalah internal perusahaan.

Soalnya, saya ini bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta di bagian Humas.

Kebetulan tahun ini ada pekerjaan tambahan yang harus saya emban, yaitu bikin majalah internal. waduh….ini tugas berat, karena ilmu saya tentang media massa cuma dikiiit.banget. kalau Mas Romli bia bantu kirim panduannya wahhh…seneng banget nih. terima kasih.. ditunggu emailnya ya. kholis

Jawaban

Inhouse magazine adalah media internal sebuah perusahaan, instansi atau organisasi. Media internal merujuk pada media yang dikembangkan dan dipublikasikan secara internal, yang dirancang untuk mengomunikasikan berita atau kegiatan organisasi kepada kalangan internal dan eksternal secara terbatas.

Inhouse Magazine disebut juga internal publication merujuk pada cakupan peredaran majalah yang hanya di kalangan internal instansi/perusahaan.

Kehadiran media internal juga berfungsi sebagai alat untuk pembentukan citra (image building) suatu organisasi/instansi, karena media internal sendiri juga dapat dijadikan sebagai media promosi dan komunikasi kepada seluruh stakeholders dalam sebuah organisasi/instansi.

Secara teknis, cara membuat inhouse magazine atau majalah internal lembaga (perusahaan/instansi), sama saja dengan majalah pada umumnya.

Yang membedakan, utamanya soal konten atau isi, yakni lebih fokus pada informasi perusahaan, pembinaan karyawan, atau apa pun yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan, manajemen, dan karyawan.

Cara Membuat Inhouse Magazine – Media Internal Lembaga

Langkah-langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk membuat inhouse magazine sbb:

1. Training jurnalistik

Pelatihan ini khususnya bagi tim yang akan menangani majalah tersebut. Materi pokok: teknik peliputan dan penulisan jurnalistik, bahasa jurnalistik, teknik wawancara, dan manajemen media.

2. Perencanaan

Penyusunan visi, misi, nama, logo, moto, rubrikasi, kebijakan redaksi (kriteria naskah layak muat), juga format majalah/ukuran dan jenis kertas/halaman, font, desain cover dasar.

3. Organizing

Pembentukan manajemen media, mulai pemimpin umum, pemimpin redaksi, redaktur/editor/penanggung jawab rubrik, reporter, desainer grafis/layouter, hingga bagian distribusi dan iklan.

Itu saja dulu.

Lakukan poin 1, biar mantap dan terbuka untuk langkah berikutnya. Boleh deh, undang saja saya ke tempat Anda untuk berdiskusi/konsultasi/training.

Saat ini saya juga tangani dua media internal perusahaan/instansi berskala nasional, insya Allah, gampak kok, asal ada kemauan dan keuletan dari tim manajemen; saya bantu edit dan arahkan manajamen redaksi/konten.

Good Luck and wasalam! (www.romeltea.com).*

 

Humas Inhouse Magazine Media Internal Media Perusahaan PR

Related Post

  1. author
    irfan4 years agoReply

    Mas Romli, saya tertarik mendapatkan pelatihan Jurnalistik Khusus Media Internal perusahaan, baik secara penulisan berita, struktur redaksi, program kerjanya hingga manajemen organisasinya,
    Mohon info sekaligus budgetnya mas.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

Leave a reply