Cara Membuat Meta Tags di Blog WordPress

meta tags wordpressMenjawab pertanyaan, bagaimana cara membuat Meta Tags di blog WordPress.com? Saya Googling dan hasilnya posting ini.

Meta Tags terdiri dari tiga bagian utama: Judul Blog (Meta Title Tag), Deskripsi Blog (Meta Description), dan Kata Kunci (Keywords).

Menurut para pakar blog WordPress.com, blog di WordPress.com (yang free lho ya, bukan yang selfhosting pake CMS WordPress/Wordpress.org), sudah SEO Friendly. Jadi, ‘gak usah ditambah Meta Tags lagi.

Tapi kalo “ngebet” banget pengen nambahin Meta Tags, karena memang Meta Tags penting sebagai identitas atau “tanda pengenal” blog di mesin pencari, berikut ini ada sejumlah informasi dan tips dari WP Blog Tips.

Mengatur Meta Tags di blog WordPress.com beda dengan pengaturan atau cara membuat Meta Tags di blog Blogspot. Di blogspot Anda bisa atur langsung di file HTML.

Bagaimana Cara Membuat Meta Tags di blog WordPress?

Menurut WP Blog Tips, jawaban atas pertanyaan itu adalah tidak usah, tidak bisa, dan Anda tidak perlu melakukannya.

How do I add meta tags (meaning: the keywords meta tag) in my wordpress blog? Short answer: You don’t. You cannot, and you needn’t.

Lagi pula, perhatikan tiga hal berikut ini:

  1. Kata kunci (keywords meta tag) harus ditambahkan di file HTML blog. Di blog wordpress.com Anda tidak punya akses ke file tersebut. Di blogspot.com, bisa!
  2. Kata kunci bisa disalahgunakan. Memang banyak disalahgunakan. Artinya, banyak blogger menggunakan kata kunci yang tidak relevan dengan konten blognya. Makanya, kebanyakan mesin pencari, terutama Google, tidak lagi mempedulikan kata kunci.
  3. Cara terbaik untuk menyajikan informasi tentang blog Anda kepada mesin pencari adalah sebuah sitemap. Google merekomendasikan XML Sitemap. Nah, urusan yang satu ini, Wodpress.com secara otomatis membuatkan XML Sitemap bagi blog Anda. (WordPress.com automatically generates an XML sitemap for your website).

Jadi, semua blog WordPress.com memiliki XML sitemap (sudah built-in). Bahkan, kita tidak perlu melakukan verifikasi dengan “Webmaster Tools for Google” untuk menggunakan sitemap itu. Sudah diurus sama WordPress!

BEBERAPA TIPS

Berikut ini sejumlah tips yang dihimpun di forum WordPress.com tentang Meta Tags dan tips SEO untuk blog WordPress.com.

1. Blog WordPress.com sudah SEO Friendly (WordPress.com blogs are as SEO-friendly as it gets). Tiap kali Anda posting,  WordPress.com otomatis “ping” posting Anda ke semua mesin pencari. Karenanya, yang harus Anda lakukan bukan ngurusin SEO atau Meta Tags, tapi “keep posting”, update terus, just write!

2. WordPress.com sudah didesain sedemikian rupa sehingga SEO Friendly. Anda tidak perlu melakukan optimisasi lagi dan memang tidak bisa melakukannya di WordPress.com. Yang harus Anda lakukan adalah menulis artikel yang baik, posting secara reguler, dan jangan lupa masukkan dalam Kategori dan isi kolom Tags.

3. Cara terbaik untuk menambahkan kata kunci (keywords) ke dalam blog WordPress.com adalah di konten (dalam posting). Gunakan kata kunci itu dalam: judul, nama file gambar/foto/image, dan dalam “Alt text”.

4. Google tidak lagi menggunakan metadata karena kami khawatir dimanipulasi. (Currently we don’t trust metadata because we are afraid of being manipulated, The Director of Research at Google, Monika Henziger).

5. “Kami (Google) tidak menggunakan kata kunci (keywords meta tag) dalm ranking pencarian kami… kami benar-benar tidak lagi menggunakan informasi keyword ini sama sekali” (Google Admin).

META TAGS WORDPRESS SELF HOSTING

Meta Tags bisa dipasang di WordPress selfhosting, yaitu blog yang menggunakan CMS WordPress. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan Plugin, SEO Plugin, atau gunakan saja WP Themes yang sudah menyediakan SEO Setting di dalamnya.

Jadi, masih perlukah Meta Tags? In my mind, masih, setidaknya sebagai “tanda pengenal” ke mesin pencari dan “manusia pencari” yang ingin segera tahu apa saja isi blog kita. Lagi pula, Siapa tahu Google “bohong” soal tidak lagi menggunakan Meta Tags ^_^.

Syaratnya, susun Meta Tags secara wajar, relevan dengan nama dan konten (posting) blog, dan jangan berlebihan. Title Tags maksimum 60 karakter, Description Tags maksimum 150 karakter, dan Meta Keywords maksimum 10 kata saja. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Kelebihan-Kekurangan Template Blog AMP Kelebihan-Kekurangan Template Blog AMP TEMA atau Template Blog AMP ( Accelerated Mobile Pages) adalah desain tampilan blog menggunakan kode-kode da...
Jenis Huruf Terbaik untuk Blog: Helvetica, Roboto,... Jenis Huruf Terbaik untuk Blog: Helvetica, Roboto, Arial, Open Sans, Georgia. JENIS huruf (font) adalah salah satu elemen penting dalam desain tamp...
Berpikirlah seperti seorang wartawan! Think like a journalist (berpikirlah seperti seorang wartawan) merupakan salah satu tips menulis di blog. Tentu, blogger yang bukan wartawan. Maksud s...
Tersedia, Aplikasi Android romeltea.com Romeltea Magazine dengan URL http://romeltea.com atau www.romeltea.com sejak awal memang sudah bisa diakses via handphone. Saya setting khusus buat...

COMMENTS (2)

  • comment-avatar

    Hi,
    Additional piece of info (just added it to my post as well):
    “WP automatically solves a ton of SEO issues”; “WP takes care of 80-90% of the mechanics of SEO”;
    – Matt Cutts, Google
    http://s0.videopress.com/player.swf?guid=lAZUouJF