Cara Memilih Nama Domain

nama domainJIKA kita akan membuat blog atau website, langkah pertama adalah memilih nama domain. Apa itu domain? Singkatnya, domain itu nama website/blog. Secara harfiyah, arti domain itu “daerah/bidang kekuasaan”, “wewenang”, atau “ranah”.

Dalam dunia internet, domain –biasa disebut nama domain (domain name)—adalah nama yang menjadi alamat situs yang diikuti dengan “akhiran” (extension) seperti .com (baca: dot kom), .net, .org, .info, co.id, or.id, dan sebagainya.

Bagaimana memilih nama domain “yang baik dan benar”? Ini tipsnya:

  1. Pendek. Nama domain jangan panjang, pendek aja, antara empat-enam huruf.
  2. Mudah Diingat. Nama domain harus mudah diingat.
  3. Mudah Diucapkan. Nama domain harus mudah diucapkan atau mudah dieja. Jangan gunakan kata asing dan kombinasi huruf yang “aneh”. Ini penting karena sering kali kita harus memberi tahu nama domain dengan mengucapkannya.
  4. Gunakan Ekstensi Dot Com. Ekstensi .com termasuk “top level domain” yang sudah sangat pupuler dan familiar di dunia internet. Kalau .com sudah dipunyai orang lain, cari ekstensi dot net (.net) yang masih masuk kategori “top level domain”.
  5. Gunakan Nama. Gunakan nama instansi/perusahaan (untuk web instansi/perusahaan) dan nama Anda (untuk personal branding).
  6. Gunakan Nama Deskriptif. Jika website Anda akan berisi soal tips kesehatan, maka gunakan nama atau mengandung nama “kesehatan”.
  7. Jangan Gunakan Tanda Pengubung atau Angka. Ini akan menyulitkan pengucapan dan sulit diingat. Pengujung hanya akan ingat nama, bukan tanda atau angka.
  8. Sesuai dengan Konten. Sesuaikan nama domain dengan konten website, jika pilihannya bukan nama orang atau nama lembaga.

Daftar Extension Domain

.comCommercial. Tapi ekstensi ini tidak selalu digunakan untuk website komersial atau perusahaan, namun lazim juga digunakan untun website pribadi atau blog. Ini ekstensi terpopuler di dunia.
.netNetwork (jaringan). Lazim juga digunakan untuk website yang bukan jaringan.
.orgOrganization. Biasa digunakan untuk website organisasi.
.infoInformation. Lazim digunakan untuk website berisi informasi khusus.
.name — Biasanya digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal, tapi jarang dipakai. Orang lebih suka pake .com atau .net.

.eduEducation (pendidikan). Biasa digunakan untuk website lembaga pendidikan.
.biz – Kependekkan dari “Business” (bisnis). Biasa digunakan untuk website bisnis atau toko online.
.or.id – “Organisasi Indonesia”. Untuk website organisasi di Indonesia.
.co.id —  “Company indonesia”. Untuk website komersial/perusahaan Indonesia.

.go.id – “Government Indonesia”. Digunakan untuk website lembaga pemerintahan Indonesia.
.ac.id – “Academy Indonesia”. Untuk perguruan tinggi (kampus) Indonesia.
.sch.id – “School Indonesia”. Untuk website sekolah di Indonesia.
.web.id – “Website Indonesia”. Biasanya digunakan untuk umum, tapi lebih condong ke blog atau website pribadi. (www.romeltea.com).*

Referensi:

  1. http://moz.com/blog/how-to-choose-the-right-domain-name/
  2. http://www.motocms.com/blog/marketing/10-tips-choosing-domain-name/
  3. http://www.wikihow.com/Pick-a-Good-Domain-Name-for-Your-Website/

Related Post

Top 3 Template Blog SEO Terbaik Inilah Top 3 Template Blog SEO Terbaik. Alasannya sederhana saja, karena saya memakainya! He he... Saya modifikasi lagi sesuai dengan selera saya. Sil...
Tips Menulis untuk Website Menulis untuk website (blog) atau media online hakikatnya sama dengan menulis untuk media cetak. Namun, ada beberapa hal yang mesti “diperhatikan lebi...
Plugin WP Wajib Pasang di Blog WordPress Plugin WP Wajib Pasang di Blog WordPress. Plugin menjadi salah satu kelebihan blog selfhosted CMS WordPress. Kita mau pasang elemen "apa saja" suda...
Sejarah Blog, Blogging, Blogger Sejarah blog dimulai 1994 berupa online diary. Kini berkembang menjadi blog bisnis, toko online, bahkan situs berita. PARA blogger, termasuk sa...

COMMENTS