Cara Mengatasi Grogi (Gugup) Saat Public Speaking (Pidato)

4638 views

Gugup Public SpeakingCara mengatasi grogi, gugup, nervous, takut saat Public Speaking alias pidato atau berbicara di depan orang banyak.

Grogi atau gugup sering dialami orang yang akan berpidato (public speaking), baik sekadar menyampaikan sambutan “sepatah dua patah kata” maupun saat hendak presentasi, khotbah, atau aktvitas berbicara di depan umum lainnya.

Akibat grogi –sekaligus ciri-cirinya– antara lain napas jadi tidak teratur, deg-degan, nge-blank atau materi yang mau disampaikan jadi lupa, gemeteran, dan keluar keringat dingin –sebagaimana dalam gambar ilustrasi di atas.

Akibat gugup pula, biasanya tatapan mata (eye contact) tidak mengarah kepada hadirin dan posisi kedua tangan tidak benar (Baca: Posisi Tangan dalam Public Speaking).

Pengertian Gugup/Grogi

Grogi adalah merasa canggung atau takut berhadapan dengan orang banyak. Gugup adalah berbuat atau berkata dalam keadaan tidak tenang; gagap; sangat tergesa-gesa; bingung: riuh tidak keruan bunyinya. (KBBI).

Grogi, gugup, atau nerveous dalam bahasa Inggris menjadi perhatian tersendiri dalam dunia public speaking. Istilahnya pun banyak yang mengindikasikan banyaknya orang yang takut public speaking.

  • Demam Panggung (Stage Frigth)
  • Kecemasan Bicara (Speech Anxiety)
  • Stres Penampilan (Performance Stress)
  • Gugup (Nervousness)
  • Panik (Platform Panic).
  • Glossphobia

Banyak atau bahkan kebanyakan orang merasa grogi saat public speaking, terutama bagi yang tidak terbiasa bicara di depan umum.

Suvei The People’s Almanac Book of List tentang yang paling ditakuti bahkan menunjukkan, orang Amerika Serikat mayoritas menyebutkan takut public speaking di urutan pertama, diikuti takut ketinggian, hama, bangkrut, air dalam, sakit, mati, terbang, dan kesepian.

takut public speaking

 

Jadi, jika Anda gugup, grogi, atau takut public speaking, maka Anda tidak sendirian. Banyak temen. Nah, mestinya sih, kalo sudah banyak temen, jadi nggak takut ‘kan? 🙂

Baiklah, kita bahas bagaimana Cara Mengatasi Gugup Saat Public Speaking. Kita diagnosis dulu dari faktor penyebabnya. Penyebab inilah yang harus diatasi sekaligus mengatasi grogi saat berpidato.

Penyebab Gugup

Yang sudah terbiasa pidato atau berbicara di depan orang banyak juga bisa gugup lho! Kok bisa? Ya… bisa lah…!

Pasalnya, penyebab utama munculnya grogi/gugup adalah rasa tidak percaya diri (self confident). Tidak “PD” itu akibat adanya perasaan takut:

  • Takut salah
  • Takut tidak menarik
  • Takut memalukan diri sendiri
  • Takut kelihatan bodoh
  • Takut tidak bisa berbicara apa-apa alias ngeblank

Ketakutan itu disebabkan beberapa hal:

  1. Tidak melakukan persiapan.
  2. Tidak menguasai topik atau tak tau harus ngomong apa.
  3. Tidak tahu apa yang harus dilakukan di podium.
  4. Menyadari akan dinilai orang banyak.
  5. Menghadapi situasi asing atau tidak familiar dengan kita.
  6. Tidak yakin pembicaraanya akan menarik/berhasil.

Cara Mengatasi Gugup

Dari hasil diagnosis di atas, maka kita menemukan cara mengatasi gugup dengan cara:

  1. Menumbuhkan kepercayaan diri
  2. Menghilangkan rasa takut.

Cara yang dapat kita lakukan untuk untuk menumbuhkan kepercayaan diri, menghilangkan rasa takut, sekaligus mengatasi gugup di antaranya sebagai berikut:

#1. Persiapan & Latihan

Lakukan persiapan. Siapa yang tidak melakukan persiapan, maka ia sedang siap-siap untuk gagal (who doesn’t prepares, he prepares to fail).

Kata Benjamin Franklin: “By failing to prepare, you are preparing to fail”. Jika Anda gagal melakukan persiapan, maka Anda bersiap-siap gagal.

Nih, kata Hillary Clinton: “If you’re not comfortable with public speaking – and nobody starts out comfortable; you have to learn how to be comfortable – practice. I cannot overstate the importance of practicing. Get some close friends or family members to help evaluate you, or somebody at work that you trust.”

Terjemahan Google Translate: “Jika Anda tidak nyaman berbicara di depan umum – dan tidak ada yang memulai dengan nyaman; Anda harus belajar bagaimana menjadi nyaman – berlatih. Saya tidak bisa melebih-lebihkan pentingnya berlatih. Dapatkan beberapa teman dekat atau anggota keluarga untuk membantu mengevaluasi Anda, atau seseorang di tempat kerja yang Anda percayai.”

#2. Kuasai Materi

Selama masa persiapan ini, sesingkat apa pun, siapkan topik pembicaraan yang sangat dikuasai. Jangan pernah berbicara tentang tema yang tidak dikuasai.

Dalam pelatihan public speaking, biasanya saya memulai dengan meminta peserta, satu per satu, maju dan berbicara di depan peserta lain, menggunakan stand microphone, dan berbicara tentang nama, asal, dan hobi (mengenalkan diri). Semuanya lancar kok, wong materina tentang perkenalan yang pasti dikuasai setiap peserta.

Pelajari bahan atau materi presentasi Anda dengan baik. Pastikan Anda menguasai materi yang akan disampaikan. Jika perlu, siapkan “contekan”.

Ada empat cara agar kita menguasai materi. Setelah banyak baca sumber tentang topik, memahaminya dengan baik, agar tidak lupa alias tidak nge-blank, maka siapkan materi itu dalam:

  1. Hafalan (memorizing)
  2. Catatan sebagai “contekan “(using notes)
  3. Menggunakan alat bantu visual seperti projector (using visual aids as notes)
  4. Naskah lengkap dan “membacanya” (reading complete text).

Nomor 2 dan 3 cara terbaik menguasai materi saat public speaking. Pilih nomor urut 02 karena itu yang terbaik. Nomor 3 terutamma untuk presentasi.

Nomor urut 01 jangan dipilih :). Nomor 4 disarankan untuk sambutan atau pidato di acara formal seremonial.

Kesimpulan

Kesimpulannya, gak banyak “teori” lah, ini cara mengatasi gugup dalam public speaking:

  1. Persiapan
  2. Latihan
  3. Kuasa Materi

Karena penyebab gugup itu kurang persiapan, maka… lakukan persiapan!
Karena penyebab gugup itu tidak terbiasa, maka… perbanyak latihan!
Karena penyebab gugup itu tidak menguasa materi, maka… kuasai materi!

Bonus Tips:

1. Kontak Mata

Jika “tak kuasa memandang hadirin”, maka Jangan Lihat Mata Audience, Tapi Lihatlah Atas Kepala mereka!

Kebanyakan orang yang grogi panggung disebabkan karena pengaruh terlalu banyak sorot mata yang memperhatikan. Kalau Anda “tidak kuat” melihat sekian ribu pasang mata yang menyoroti , maka tak perlu “membalas” dengan melihat mata mereka! Tapi, lihatlah atas kepala mereka!

2. Tarik Napas

Ini cara instant mengatasi gugup: TARIK NAPAS dalam-dalam, berulang kali.

Sudah. Itu saja cara jitu mengatasi grogi atau gugup dalam publc speaking atau berbicara di depan umum. Jika tips di atas Anda lakukan, maka grogi atau gugup akan teratasi!

Good luck! Wasalam. (www.romeltea.com).

Teknik Public Speaking sudah saya tulis dalam buku Lincah Menulis Pandai Bicara (www.nuansa.co).

lincah_menulis

 

grogi gugup Mengatasi Grogi Mengatasi Gugup Publc Speaking tips pidato

Related Post

Leave a reply