Cara Menguji SEO Website atau Blog

Cara menguji SEO website atau blog sangat mudah. Banyak situs atau provider yang menyediakan secara gratis untuk menguji SEO website atau blog kita plus rekomendasi perbaikannya.

Romeltea Magazine ganti tampilan (theme) lagi. Entah untuk yang keberapa kali.  Gonta-ganti theme jadi “hobi” saya. Manfaatnya, keterampilan dan pengetahuan tentang desain website jadi terus bertambah karena dibimbing juga oleh Mbah Google. Begitu ada kesulitan, tanya deh ke Mbah Google.

Kelemahan gonta-ganti tampilan ini bagi saya utamanya waktu jadi tersita. Seharian “ngoprek” we terus. Akibatnya, “kerjaan lain” diabaikan. Ada berita masuk, diabaikan sementara. Ada inbox, diabaikan sementara. Sesekali dijawab “ok, gpp” dan sebagainya.

Koleksi WP Theme saya banyak bangedh! Kalo Anda mau, silakan sebutkan nama  theme-nya, nanti saya kasih via email (biar aman). Semoga ada di “bank wp theme” saya. Kontak saja: romeltea@yahoo.com.

Ehh… saya teh mau nulis soal menguji ke-SEO-an website ini teh. Begini. Setidaknya ada dua tahap untuk menguji apakah blog selfhosting WordPress kita SEO Friendly atau tidak. Dua tahap ini sudah saya lakukan, makanya Romeltea Magazine ganti tema, soalnya yang sebelumnya termasuk kategori “tidak SEO Friendly”.

Ini dia dua tahap mengetes ke-SEO-an website kita

1. Uji template –> http://www.themegrade.com/.

Silakan ke TKP. Di sana ada statistik tentang ke-SEO-an ribuan tema wordpress. Tampak di sana yang menjadi juara provider tema WP adalah Elegant Themes. Kita bisa mencari catatan tentang tema yang kita gunakan di “search” situs tersebut.

2. Uji website –> http://www.seositecheckup.com/.

Silakan ke TKP. Ketikkan nama domain website/blog kita, nanti si dia (situs itu) akan menganalisis dan hasilnya langsung disajikan, ada nilai juga, plus rekomendari perbaikan.

Yang tersaji tergantung pilihan kita, apakah “All factors” ataukah tertentu saja, misalnya hanya menganalisis meta tag, description, back link, atau… terserah kita maunya apa. Saya sih “All factors” saja lah. Meski begitu hasilnya disajikan, banyak yang tak ngerti juga ^_^.

3. Tes SEO blog bisa dilakukan di chkme.comhttp://www.rankingtoday.com/http://www.metachecker.net, dan masih banyak lagi.

Di RankingToday, romeltea.com dapat nilai “very good” (Date: 24/02/2013, 4:59 am
General rating:   Very good. Saya lakukan perbaikan, lalu dapat nilai “Excellent” (Date: 24/02/2013, 6:24 pm
General rating:   Excellent). Di MetaChecker juga dapat nilai “excellent”. Coba deh, uji juga ke-SEO-an Website atau Blog Anda. (www.romeltea.com).*

Page URL: http://romeltea.com
Page title: Komunikasi Jurnalistik & Media
Date: 11/03/2014, 10:18 am
General rating:   Excellent

Related Post

Cara Menambahkan Breadcrumbs di Blog WordPress Cara Memasang atau Menambahkan Breadcrumbs di Blog WordPress Breadcrumbs adalah sebuah navigasi pada blog yang biasa ada di atas judul artikel. Bre...
Mengatasi Website Busy Resource Limit Reached   SELAMA sekitar 2-3 bulan terakhir ROMELTEA.COM error, sulit dibuka, karena "Website Busy" dan "Resource Limit Reached" alias Over Quota. Sew...
Tips Menulis Posting Blog SEO Friendly Menulis posting blog SEO Friendly adalah kunci sukses blog, termasuk "blog for business" atau "toko online". Yang dimaksud posting blog SEO Friendly a...
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Cara mendapatkan atau menghasilkan uang dari internet --bisnis online, make money online-- yang paling umum adalah melalui blogging dengan ikut progra...

COMMENTS (3)

  • comment-avatar

    Benar pak,
    Yang paling mudah mungkin menulis sesuai keahlian kita agar kontennya bermutu

  • comment-avatar

    Lumayan bagus hasil dari seositechekup dan bisa mengintip seo website dari kompetitor mas,tapi kalau di rangkingtoday,mungkin hasilnya sama semua ya..?

    • comment-avatar

      ya, sama, sekadar cek bahwa blog/website kita memenuhi standar SEO… SEO sebenarnya tetap: content is the king!