Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

website blog trafficBagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung blog?

Bagaimana agar website/blog ramai pengunjung, banyak pembaca, trafik meningkat?

Bagaimana agar jumlah pengunjung web usaha atau toko online meningkat, sehingga jualan online pun laris manis?

Pertanyaan yang banyak dikemukakan blogger seperti saya. Anda juga datang ke postingan ini via Google dengan kata kunci “cara meningkatkan jumlah pengunjung blog” kan?

Jika blog kita sepi pengunjung, bisa menurunkan semangat ngeblog! Betul ‘kan? Capek-capek nulis posting gak ada yang baca. Sedih ‘kan?

Sepi komentar tak terlalu masalah, asalkan banyak pengunjung. Apalagi jika kita bermain AdSense, trafik identik dengan penghasilan.

Jalur Kedatangan Pengunjung Blog

Pengunjung datang ke blog kita itu dengan tiga cara:

  1. Mesin Pencari, utamanya Google. User mencari informasi yang mereka butuhkan, lalu  hasil pencarian menyajikan tulisan kita di halaman depan. Diklik. Datanglah pengunjung membuka blog kita.
  2. Media Sosial.  Kita share link posting di Twitter atau Facebook, lalu pengguna mengklik tautan yang kita bagikan.
  3. Langsung ke Home Page. Ini jarang. Hanya pengunjung yang sudah akrab dengan nama dan alamat blog kita yang membuka blog kita dari jalur ini.

Karena mayoritas atau hampir semua pengunjung datang melalui mesin pencari, maka yang harus kita lakukan adalah Pengoptimalan Mesin Telusur yang dikenal dengan nama SEO (Search Engine Optimization).

Google juga sudah memberi panduannya di Pengoptimalan Mesin Telusur atau  di laman Bantuan Search Console.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Banyak sekali tips, trik SEO, atau cara agar blog kita dikunjungi banyak pengguna internet. Salah satunya dari Wordstream berikut ini.

Ada 25 cara Cara Meningkatkan Pengunjung Website/Blog. Banyak banget ya? Saya sendiri gak paham semuanya. Saya share dulu aja deh.

1. Advertise – Pasang Iklan

Ini cara meningkatkan pengunjung blog dengan cara memaasang iklan, khususnya di Google dan Facebook. Pasang iklan di Google disebut Search Engine Marketing (SEM). Pasang iklan di Facebook atau media sosial lainnya disebut Social Media Marketing (SMM).

Beriklan di Google kita pasang di Google AdWords. Iklan di Facebook kita pasang di Facebook Business.

2. Get Social – Promosikan di Media Sosial.

Share atau bagikan tautan web/blog dan postingan Anda di media sosial. Pastikan Anda punya akun Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan media sosial lainnya.

Kita bisa share otomatis postingan terbaru via Google Feedburner. Daftarkan blog Anda di sana. Cari menu/link Socialize untuk menautkan RSS Feed postingan blog ke akun Twitter secara otomatis. Nanti Twitternya tautkan dengan Facebook di menu Apps.

3. Mix It Up.

Buatlah postingan dengan memadukan teks, gambar, video, grafis. Tulis artikel sedetail dan selengkap mungkin. Bikin konten yang kaya informasi.

Dijamin, postingan blog Anda disukai msin telusur dan didatangi banyak pengunjung.

4. Write Irresistible Headlines.

Bikin judul yang menarik dan dicari banyak orang, misalnya diawali dengan kata “Cara Mangatasi” (How to) , “Pengertian” (Definisi), dan “Tips”.

5. Pay Attention to On-Page SEO.

Jangan lupakan teknik SEO On-Page, yaitu di bagian desain (tema) dan postingan. Gunakan Template Blog SEO Friendly dengan ciri utama ringan, cepat (fast loading), bersih, ramah seluler (mobile-friendly, responsive).

Silakan cek: Koleksi Tempate Blog SEO Friendly

6. Target Long-Tail Keywords.

Bidik kata kunci dua-tiga kata. Kata kunci pendek, misalnya Jurnalistik, menjadi milik Wikipedia atau Situs-Situs Besar. Gunakan kata kunci lebih panjang, misalnya “pengertian jurnalistik” atau “pengertian jurnalistik menurut bahasa dan ahli”.

7. Start Guest Blogging.

Nulis di blog orang lain. Ini akan menjadi backlink berkualitas jika Anda berhasil menulis di blog populer.

8. Invite Others to Guest Blog on Your Site. 

Undang blogger lain nulis di blog Anda. Buka peluang bagi blogger lain untuk menulis posting di blog Anda. Ini kebalikan dari Guest Blogging.

9. Go After Referral Traffic.

Rather than trying to persuade other sites to link back to you (a tedious and time-intensive process), create content that just begs to be linked to.

10. Post Content to LinkedIn.

Bikin akun d LinkedIn dan share postingan blog Anda. Linkedin situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional.

Jangan lupa, koneksikan akun Linkedin Anda dengan punya saya: Linkedin Romeltea.

11. Implement Schema Microdata.

Terapkan Schema Microdata di template blog Anda. Template-template SEO terbaru biasanya sudah dilengkapi schema ini.

Schema Microdata tidak menaikkan traffik pengunjung secara langsung, tapi akan membuat blog kita lebih cepat dan mudah diindeks Google, sehingga bisa tampil di halaman depan, bahkan peringkat #1 Google, lalu pengunjung datang.

12. Link Internally.

Jangan lupa bikin tautan internal, yaitu link ke postingan lain. Di blog WordPress bisa gunakan Plugin SEO Internal Link.

Membuat link unternal di postngan Blogger bisa gunakan SEO Smart Link, namun sebaiknya manual saja.

13. Interview Industry Thought Leaders.

Lakukan wawancara. Buat postingannya juga tentang hasil wawancara. Misalnya, wawancara blogger profesional via email.

14. Don’t Neglect Email Marketing

Jangan abaikan email marketing. Pemasaran via Email adalah salah satu metode pemasaran yang sejak dulu hingga saat ini banyak digunakan oleh para internet marketer.

15. Make Sure Your Site is Responsive.

Pastikan Blog Anda ramah seluler, mobile-friendly, mudah diakses di HP. Gunakan Template Blog Responsive yang sudah banyak sekarang ini. Ketik aja “Free Responsive Blogger Templates” di Google dan pilih yang terbaik menurut Anda.

16. Make Sure Your Site is Fast.

Pastikan blog atau situs web Anda tampil cepat, ringan, fast loading, gak berat. Cari saja template blog ringan dengan cara Googling: “Fastest Loading Blogger Templates”.

Sampai no. 16 saja dulu ulasan tentang meningkatkan jumlah pengunjung blog. Berikutnya adalah:

17. Foster a Sense of Community
18. Make Yourself Heard in Comment Sections
19. Examine Your Analytics Data
20. Get Active on Social Media

21. Submit Your Content to Aggregator Sites
22. Incorporate Video into Your Content Strategy
23. Research the Competition
24. Host Webinars
25. Attend Conferences

Nah itu dia cara meningkatkan jumlah pengunjung blog atau situs web instansi, perusahaan, atau situs berita Anda. Selengkapnya silakan ke TKP, link sumber yang saya sebutkan di atas.

Mendapatkan trafik pengunjung blog yang banyak menang perlu kerja keras dan ketekunan. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Cara Menguji SEO Website atau Blog Cara menguji SEO website atau blog sangat mudah. Banyak situs atau provider yang menyediakan secara gratis untuk menguji SEO website atau blog kita pl...
Blog Takkan Terkalahkan Facebook dan Twitter Facebook dan Twitter “membunuh” blog. Dunia Blogging pun “sekarat” (blog is dying). Banyak (kebanyakan?) blogger kini lebih memilih facebookan dan/ata...
Top 10 Tema WP Terbaik untuk Situs Berita Top 10 Best WP Theme for News Site. Top 10 Tema WP Terbaik untuk Situs Berita. Fast Loading, SEO Optimized, Mobile Friendly - Responsive. SITUS ber...
Sejarah Blog dan Dinamikanya (1) Mengapa harus “blog” namanya? ‘Kan jadi gak enak untuk bahasa Indonesia, tinggal ditambah “go” di depannya, jadinya…? Tentu, pemberi nama “blog” ti...

COMMENTS