Cara Menulis di Media Online – Website, Blog, Media Sosial

Cara Menulis di Media Online – Website, Blog, Media Sosial

media-online-typesSEBELUM membahas Cara Menulis di Media Online (Website, Blog, Media Sosial) atau Online Writing, sekilas kita ulas dulu pengertian dan karakteristik media online.

Pengertian umum, media online (online media) adalah semua jenis media yang tersaji secara online di internet, mulai dari situs web (website), blog, media sosial, hingga aplikasi pesan seperti WhatsApp (WA).

Dalam bahasa Indonesia, media online disebut media daring (dalam jaringan).

Pengertian khusus media online adalah media massa (mass media), pers, atau media berita yang tersaji secara online di internet yang disebut media siber (cyber media), situs berita (news site), atau portal berita (news portal).

Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email, dengan konten multimedia –teks, visual/gambar, audio, dan audio-visual (video).

Karakteristik Media Online antara lain berkapasitas luas nyaris tanpa batas, publikasi konten  (isi) bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama ada koneksi internet, jadwal terbit (tayang, publikasi) juga bisa kapan saja, menjangkau seluruh dunia.

Karakteristik media online lainnya adalah diakses atau dibaca melalui layar (screen), yakni layar gadget (komputer, laptop, tablet, handphone, smartphone).

Dalam konteks teknis menulis di media online (online writing), karakterik yang terakhir itulah yang menentukan format teks atau format tulisan.

Karena karakteristik itualah format tulisan/teks di media online berbeda dengan tulisan di media cetak.

Ada format dan teknik tersendiri dalam menulis untuk media online sesuai dengan karakter media online sekaligus kerakteristik pembaca online (online reader).

Menuruta hasil studi NN Group, kebanyakan membaca media online (online reading) sebenarnya bukan membaca seperti membaca suratkabar atau media cetak lainnya. Online reading lebih berupa “skimming and scanning”, penelusuran dan pemindaian.

“They don’t. People rarely read Web pages word by word; instead, they scan the page, picking out individual words and sentences.” (How Users Read on the Web)

Cara Menulis di Media Online – Website, Blog, Media Sosial

Berikut ini tips menulis untuk media online agar tulisan kita “ramah pengguna” (user friendly) –mudah dipindai (scannable) mudah dibaca (readable), dan mudah diapahami.

Tips ini berlaku untuk menulis konten website, posting blog, status panjang di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll.), juga menulis pesan panjang di aplikasi pesan WhatsApp (WA).

1. Rata Kiri 

Gunakan rata kiri (align left). Hindari rata kiri-kanan (justify) karena teks align left lebih mudah dipiandai, dibaca, dan dipahami ketimbang justified.

rata kiri scannable text

Selengkapnya: Gunakan Rata Kiri

2. Alinea Pendek.

Gunakan paragraf pendek (short paragraph) dan kalimt pendek. Pembaca akan sulit memahahami alinea dan kalimat panjang di layar.

Patokannya: tampilkan 2-3 kalaimat per alinea dan maksimal lima baris per alinea. (Lihat: Paragraph Length for the Web).

Penggunan alinea/kalimat pendek juga menunjang tips menulis di Media Online yang ketiga di bawah ini.

3. Jarak Antar-Alinea

Berikan “ruang putih” (white space) Gunakan jarak antar-alinea. Perhatikan gambar di tips no. 1 di atas. Teks yang mudah dipindai memberi ruang atau jarak antar alinea.

Perhatikan pula format teks berita BBC Indonesia berikut ini yang enak dipindai, dibaca, dan mudah dipahami.

teks mudah dipindai bbc indonesia

4. Gunakan List

Tuliskan poin-poin penting dalam daftar bullet atau nomor (numbered list). Dalama staudi NN Group bullted & numbered list memiliki skor tingkat keterbacaan hingga 124 persen.

bulleted-list-text

5. Highlights

Beri penanda khusus (highlights) untuk kata kunci artau frasa penting, misalnya dengan warna, huruf tebal (bold), miring (italic), selain bullet & number list.

SEO Writing

Kelima Cara Menulis di Media Online di atas untuk kepentingan pembaca, yakni agar tulisan menjadi user fiendly.

Teknik lain yang harus diterapkana dalam menulis online adalah pengoptimalan mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization). Google memberikan panduan dasar SEO di laman khusus Pengoptimalan Mesin Telusur SEO Starter Guide.

Anda bisa mendapatkan tips & trik SEO di Tips SEO, antara lain penggunaan Heading Tags, Internal & External Link, dan Keywords Density.

Demikian ulasan ringkas tentang Cara Menulis di Media Online – Website, Blog, Media Sosial. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Materi “3 in 1” Jurnalistik, Public Sp... SAYA diminta jadi pemateri sebuah workshop jurnalistik. Uniknya, materinya tiga sekaligus: Jurnalistik, Public Speaking, dan Media Online! Benar, "3 i...
Koleksi Tema WP Terbaik untuk Blog Berita POSTING Tema WP Terbaik untuk Blog Berita ini merupakan update postingan "zaman old". Secara, tema (wordpress theme) terus bertambah dengan desain ...
Media Sosial Jadi Andalan Mendapatkan Berita Sebanyak 62% warga Amerika  Serikat mendapatkan berita melalui media sosial. Media tradisional harus mengalihkan fokus ke platform media sosial aga...
Contoh Berita Tidak Akurat alias Ngawur di Media O... KREDIBILITAS media online diragukan karena sering menyajikan berita tidak akurat. Akurasi merupakan salah satu kaidah jurnalistik. Akurasi dan disipli...

COMMENTS