Cara Nulis di Blog yang Sering Diabaikan Pemula

Cara Nulis di Blog yang Sering Diabaikan Pemula

menulis konten blog

Tips menulis di media online & posting blog yang “ramah pengguna” (user friendly).

BLOG atau situs web itu media online, termasuk media baru (new media). Cara menulis di blog atau media online pada umumnya pun baru, beda dengan cara nulis di media cetak (koran/majalah), juga jauh berbeda dengan cara nulis makalah atau karya ilmiah.

Cara menulis di blog atau media online dikenal dengan istilah Online Writing Style, gaya menulis online. Istilah lainnya: write for the web, menulis untuk situs web.

Rujukan terpopuler cara menulis di blog adalah hasil studi NN Group yang dirilis dalam pedoman penulisan di website Writing for the Web.

Banyak blogger pemula (newbie), juga blogger “senior”, sering mengabaikan cara menulis di blognya. Banyak pula Web Content Editor atau praktisi humas yang “tidak tahu” cara menyajikan tulisan yang baik dan benar di website.

Rata Kiri vs Rata Kiri-Kanan

Kesalahan paling umum dalam penulisan naskah (teks) di blog adalah menggunakan text-alignment “justify” –rata kiri-kanan. Alasannya, biar rapi!

Padahal, format “rata kiri kanan” itu menyalahi Standar Penulisan di Website versi World Wide Web Consortion (W3C).

Dalam Aligning text on only one side disebutkan:

Many people with cognitive disabilities have a great deal of trouble with blocks of text that are justified (aligned to both the left and the right margins). The spaces between words create “rivers of white” running down the page, which can make the text difficult for some people to read. This failure describes situations where this confusing text layout occurs. The best way to avoid this problem is not to create text layout that is fully justified.

Yang benar –menurut standar penulisan di website– adalah rata kiri (align-left). Itulah cara terbaik menulis di blog atau website agar “ramah pengguna” (user friendly) –mudah dipindai, mudah dibaca, enak di mata, mudah dipahami.

Tidak usah berdebat soal rata kiri ini. Silakan rasakan sendiri perbedaannya. Coba, misalnya, baca salah satu berita di situs JPNN yang menggunakan “justify”, lalu bandingkan dengan format sajian naskah berita di BBC Indonesia yang menggunakan “align-left”.

Lihat pula format penulisan atau “display” teks berita-berita di situs-situs berita terkemuka —CNN, BBC, Detik, Republika Online, Daily Mail, Huffington Post, dan banyak lagi. SEMUA menggunakan “rata kiri” karena itulah standar penulisan di media online sekaligus “ramah pengguna” alias enak dibaca.

Soal “rata kiri” inilah antara lain yang saya maksud dengan cara nulis di blog yang sering diabaikan pemula, kayanya sih karena tidak atau belum tahu.

Banyak pula blogger pemula, termasuk kalangan mahasiswa dan dosen, yang menulis atau posting tulisan di blognya dengan cara “Copy Paste” langsung dari file MS Word, bruk weh dipindahin ke blog. Jadinya? Ya…gitu deh… !

Lalu, bagaimana cara nulis di blog yang baik, sesuai dengan standar penulisan di website? Apa cuma masalah “rata kiri”?  Selengkapnya, saya sudah posting soal itu di blog lain. Silakan ke TKP: Teknik Menulis di Media Online.

Baca juga referensi di bawah ini biar tidak “gagal paham” 🙂 Seputar tips ngeblog ada di kategori Blogging. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Referensi:

  1. http://www.nngroup.com/topic/writing-web/
  2. http://webstyleguide.com/wsg3/9-editorial-style/3-online-style.html
  3. http://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/writing-for-the-web.html
  4. http://dmjcomputerservices.com/blog/why-you-shouldnt-align-html-justify/
  5. http://www.w3.org/TR/WCAG20-TECHS/G169.html

Related Post

Media Online Bentuk Serikat dan Asosiasi Media Sib... Media Online di Indonesia merapatkan barisan. Namun, para pengelola situs berita ini "terkotak-kotak" dalam beberapa organisasi atau forum. Media-m...
Cara Membuat Website dengan Domain & Hosting ... CARA Membuat Website (Blog) dengan Domain & Hosting Gratis sangat mudah. Blog dengan domain dan hosting gratis ini bisa Anda gunakan sebagai sa...
Judul Tulisan Mengelabui Pembaca Banyak trik orang melakukan bisnis online alias "nyari duit di internet". Banyak cara dilakukan agar iklannya diklik atau postingnya dibaca. Selain me...
Materi Kuliah Jurnalistik Online (RPS, SAP, Silabu... Jurnalistik Online - Rencana Pembelajaran/Perkualiahan Semester (RPS), Silabus, alias Satuan Acara Perkuliahan (SAP) SAYA dipercaya "melatih" para...

COMMENTS