Cara Termudah Menulis Berita (untuk Pemula)

menulis beritaMenulis berita itu mudah, asal tahu caranya. Lha, iyalah… kalo tau caranya pasti mudah! Berikut ini saya akan share cara termudah menulis berita, supaya Anda tidak lagi mengatakan “sulit ya menulis berita!”.

Tips cara termudah menulis berita ini khusus untuk pemula atau yang lagi belajar menulis berita.

Menulis berita yang sulit itu di bagian pembuka, dikenal dengan istilah teras berita (news lead). Teras adalah paragraf atau alinea pertama setelah judul (head). Nah, soal menulis judul berita, cara tergampang adalah menyingkat lead.

Standar penulisan lead berita itu mengedepankan salah satu unsur 5W+1H, utamanya unsur “Who” (Siapa), “What” (Apa), dan “Why” (Kenapa). Unsur “Who” dan “What” biasanya merupakan fakta terpenting dalam berita, makanya didahulukan.

Contoh Lead Berita dengan Unsur Who:

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah mobil milik mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

Dalam contoh di atas, unsur “Who” yaitu “KPK”.

Contoh Lead Berita dengan Unsur What:

Sejumlah mobil milik mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

Dalam contoh di atas, unsur “What” yaitu “sejumlah mobil…”.

Contoh Lead Berita dengan Unsur Why:

Diduga merupakan upaya pencucian uang terkait kasus impor daging sapi, sejumlah mobil milik mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

Dalam contoh di atas, unsur “Why” yaitu “diduga merupakan upaya…”

Contoh lainnya:

  • WHO — Polisi membubarkan pengunjuk rasa di depan DPR dengan menggunakan gas air mata dan water canon.
  • WHAT — Aksi unjuk rasa di depan DPR dibubarkan polisi dengan menggunakan gas air mata dan water canon.
  • WHY — Karena melebihi  batas waktu yang diberikan oleh kepolisian, massa pengunjuk rasa di depan DPR dibubarkan polisi dengan menggunakan gas air mata dan water canon.

Untuk latihan menulis berita, coba Anda bikin berita yang diawali dengan unsur WHO dengan rumus: WHO does WHAT = SIAPA melakukan APA. Unsur WHO di sini bisa orang, sekelompok orang, pejabat, artis, lembaga, organisasi, dan lainnya yang menjadi SUBJEK (pelaku) sebuah peristiwa.

Contoh:

  • Artis Venna Melinda meminta nafkah Rp40 juta per bulan kepada suaminya, Ivan Fadilla, sebagai syarat rujuk
  • Artis Luna Maya mengantarkan Raffi Ahmad pulang.
  • Juara Bundesliga Jerman Bayern Munchen berencana membangun masjid di Stadion Allianz Arena.
  • Pemerintah berencana menaikkan harga BBM.
  • PT Wakil Rakyat Doang Yang Sejahtera (WRDYS) membuka perwakilan kantorn di Bandung, Jawa Barat.

Selamat berlatih! Jangan lupa, pelajari struktur berita yang dibuat para wartawan profesional di media-media nasional. Pelajari struktur judul, teras, dan isi (news body), lalu ATM! Amati, Tiru, dan Modifikasi! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Bagi Anda yang sedang medalami penulisan berita, saya rekomendasikan untuk baca ini:

Related Post

10 Nilai Berita (News Values) Berita adalah laporan peristiwa. Namun, tidak semua peristiwa layak dilaporkan (diberitakan).  Ada 10 nilai berita (news values) yang menjadi param...
Kriteria Berita Bagus ADA yang bertanya, berita bagus itu yang kayak gimana? Pertanyaan ringkas, namun mendasar dan butuh jawaban panjang. Sedikit bingung saya menerangka...
Media Sosial Jadi Andalan Mendapatkan Berita Sebanyak 62% warga Amerika  Serikat mendapatkan berita melalui media sosial. Media tradisional harus mengalihkan fokus ke platform media sosial aga...
Judul Berita ‘Centil’ ala Republika “Sstt...Facebook Islami Tak Hanya 'Jualan' Sarana Pertemanan Saja Lho”, “Alhamdulillah, Komunitas Muslim British Columbia Bangun Masjid Pertama”, “Gaw...

COMMENTS (1)

  • comment-avatar
    Danile O. Eng Suek May 31, 2013

    Ini sangat bagus untuki dijadikan materi pelajaran disekolah. karna saya seorang guru Bindo. saya ingin memperolehnya sebagai perbendaharaan .