Contoh Berita Tidak Akurat alias Ngawur di Media Online

Contoh Berita Tidak Akurat alias Ngawur di Media Online

240
1
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Mobile media devicesKREDIBILITAS media online diragukan karena sering menyajikan berita tidak akurat. Akurasi merupakan salah satu kaidah jurnalistik. Akurasi dan disiplin verifikasi merupakah ruh jurnalisme dan etika profesionalisme wartawan.

Berita tidak akurat adalah informasi yang tidak sesuai dengan fakta. Situs berita kerap membuat judul berita yang berbeda dengan isinya, demi trafik. Judul dibuat sebombastis dan sesensasional mungkin demi klik dan kunjungan ke situsnya.

Berikut ini salah satu contoh berita tidak akurat yang dimuat Tribunnews, situs berita yang terkesan menganut “ideologi” jurnalisme umpan klik (clickbait journalism) yang kerap menjebak pembacanya dengan judul yang sensasional layaknya koran kuning.

Beritanya saya kutip lengkap sebagai berikut:

13 Pemain Cedera, Manchester United Bakal Absen Selama 2 bulan

Kamis, 18 Februari 2016 05:29

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, MANCHESTER – Manchester United bakal absen selama 2 bulan lantaran pemainnya mengalami cedera lutut. Hal ini sudah dikonfirmasi langsung oleh manajer Louis van Gaal.

Rabu (17/2/2016), pihak Manchester United telah menyatakan bahwa Rooney tidak masuk daftar pemain yang akan diberangkatkan ke Denmark guna menghadapi Midtjylland pada babak 32 besar Liga Europa.

Pihak Setan Merah tidak langsung memberi tahu alasan ketiadaan Rooney dalam tim. Namun, Van Gaal mengonfirmasi bahwa sang kapten mengalami cedera lutut.

“Kami punya 13 pemain cedera dan Rooney merupakan salah satu di antaranya,” kata Van Gaal kepada MUTV.

“Dia mengalami masalah pada lututnya, jadi kami hanya bisa menunggu dan melihat (berapa lama dia absen). Dia pemain penting, tetapi kami harus bisa mengatasi (ketergantungan) hal itu,” tutur manajer asal Belanda ini.

Berdasar BBC, Rooney akan absen selama 6 pekan. Namun, The Guardian memberitakan bahwa kapten Setan Merah itu baru akan bisa sepenuhnya kembali ke tim dalam tempo 2 bulan.

Menghadapi Midtjylland, Van Gaal juga tak bisa memainkan Matteo Darmian. Dia kemungkinan akan digantikan bek berusia 21 tahun, Donald Love, yang melakoni debut saat melawan Sunderland.

Sejumlah pemain muda, Will Keane (23), Regan Poole (17), Joe Riley (19), dan James Weir (21), juga diikutsertakan Van Gaal ke Denmark.(*/kcm)

Jelas, isi berita menunjukkan yang diprediksi bakal absen selama dua bulan itu Wayne Rooney karena cedera. Tapi kenapa jadi “Manchester United bakal absen selama 2 bulan lantaran pemainnya mengalami cedera lutut”?

Yang akurat adalah “Kapten Manchester United Wayne Rooney bakal absen selama dua bulan lantaran cedera lutut.”

Judulnya jelas sangat tidak akurat dan menjebak, bahkan irasional, tidak masuk akal, alias NGAWUR! Masa’ MU bakal absen selama dua bulan? Gak main selama dua bulan? What a ngawur news!

Saya sudah sering menyatakan keprihatinan atas fenomena kengawuran berita media online. Salah satunya dalam posting Disorientasi Wartawan Media Online.

Dewan Pers sebagai pengawal kebebasan pers dan pengawas etika profesi jurnalis mestinya tidak tinggal diam atas fenome media online yang kerap membuat judul tidak akurat alias ngawur. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY