Daftar Istilah Blogging – Kamus Blogger

148 views

Daftar istilah blogging (blogging terms glossary) ini bisa disebut kamus blogging (blogging dictionary) yang harus dipahami para blogger.

Daftar istilah blogging ini sekadar pengetahuan dasar seputar dunia blog khususnya bagi blogger yang akan atau baru membuat blog.

cara membuat blog

Dasar-Dasar Blogging

Blog – Singkatan dari website log (web blog). Istilah “blog” sudah diserap kedalam bahasa Indonesia dengan arti “catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja” (KBBI).

Blogger – Orang yang membuat dan mengelola blog. Istilah blogger sudah diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi bloger dengan pengertian “sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog” (KBBI).

Blogger juga berarti platform blog terpopuler yaitu Blogger dengan nama domain blogspot.com

Blogging – Aktivitas ngeblog, yaitu membuat dan mengisi blog (menulis posting atau konten). Blogging sering juga termasuk mendesain tema atau template blog.

Blogpreneur — Gabungan “blog” dan “entrepreneur”. Secara bahasa artinya “pengusaha blog”. Orang yang menghasilkan uang atau berbisnis melalui blogging.  (Baca: Blogpreneur Menghasilkan Uang dengan Blog)

Weblog – Website Log, log website. Weblog artinya ” jurnal online bersama di mana orang dapat memposting entri buku harian tentang pengalaman pribadi dan hobi mereka. Posting di blog biasanya dalam urutan kronologis.

Blogosphere – Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan komunitas yang diciptakan oleh jaringan Blog. Pengertian aslinya “personal websites and blogs collectively”.

Blogroll – Salah satu fitur atau widget Blogger yang menampilkan daftar link, misalnya blog teman, blog favorit, atau situs berita yang sering dikunjungi.

PostBlog post, Entry. Sebutan bagi isi atau konten blog berupa tulisan (artikel), gambar, ataupun video. Diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi posting atau postingan.

Photoblog (Phlog) – Photo Log. Blog dengan konten utama foto atau gambar; galeri foto. Bloggernya disebut photoblogger (blogger foto).

Video Log (Vlog) – Disebut juga video blogging. Blog dengan konten utama video. Populer disebut vlogging. Bloggernya disebut vlogger.

Komponen Blog

Judul BlogBlog Title, Nama Blog. Misalnya: Ahmad Fulan.

Alamat BlogBlog Address.  Misalnya: ahmadfulanbdg.blogspot.com

Judul dan alamat blog dibuat saat pertama kali membuat blog seperti dalam gambar di bawah ini.

Cara Membuat Blog

TemaTheme. Dulu disebut Template, yaitu desain tampilan blog, baik yang disediakan oleh Blogger (seperti dalam gambar di atas) maupun yang didesain oleh para desainer blogger, seperti Template Blog SEO Friendly.

Meski blogger sudah mengubahnya dengan nama Tema, tapi para blogger masih menyebutnya template. Bahasa Inggrisnya: blog presentation design.

Header – bagian paling atas template blog; berisi nama blog dan deskripsi. Bisa juga header berisi logo, menu, kotak pencarian, seperti desain blog yang sedang Anda kunjungi ini.

Body – Bagian utama blog yang menampilkan postingan atau isi blog utama.

Footer – bagian bawah blog, biasanya berisi navigasi dan pernyataan hak cipta (copyright statements).

Sidebar – Kolom kecil di bagian kanan atau kiri, atau kiri dan kanan, untuk menampilkan iklan, daftarposting terbaru (recent post), posting terpopuler (popular post), daftar label/kategori (label widget), dll.

elemen desain template blog

Label – kategori posting atau nama rubrik jika di media cetak. Di WordPress namanya kategori (categories). Daftar label bisanya muncul di menu, sidebar, breadcrumbs, atau di bawan tulisan.

Breadcrumbs – navigasi atau link yang menunjukkan posisi halaman yang sedang dibuka; biasanya terdiri dari link ke halaman depan (home/beranda), nama label, dan judul postingan.

breadcrumb-

Avatar – gambar kecil, bisanya berukuran 32×32 pixel, yang tampil di kolom komentar. Untuk blogger, gambar otomatis diambil dari profil blogger. Untuk blog wordpress, avatar bisa dibuat profil user (pengguna) atau di Gravatar.

Captcha – singkatan dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart”. Fitur challenge respons untuk memastikan bahwa respons yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer atau robot.

Ping – singkatan dari “Packet Internet Grouper”. Dalam blogging, ping adalah mendaftarkan blog ke sebuah situs yang akan meneruskannya ke mesin pencari. Situs tempat ping blog misalnya Pingomatic.

Permalink – singkatan dari “Permanent Link”, yaitu tautan (link) atau alamat artikel atau postingan blog. Permalink tulisan yang sedang Anda baca ini: http://romeltea.com/daftar-istilah-blogging-kamus-blogger/

Tags – pelabelan yang akan menampilkan halaman berisi postingan dengan label yang sama. Di Blogger namanya Label.

Widgets – Disebut juga Gadget; elemen blog untuk yang biasa ditampilkan di sidebar, seperti daftar posting baru (recent post).

Dashboard – halaman admin blog yang terbuka saat login (masuk) ke Blogger.

Favicon – singkatan dari “favorit icon”, yaitu gambar kecil yang tampil di depan judul halaman. Favicon bisa dibuat di Favicon Generator.

Hyperlink – Disebut juga link atau tautan, yaitu alamat web atau permalinkn yang menghubungkan suatu bagian di dalam postingan atau pada halaman web dengan bagian yang lainnya.

RSS – singkatan dari “Really Simple Syndication” atau “Rich Site Summary”, yaitu daftar judul posting dengan atau tanpa ringkasan isi.

CMS – singkatan dari Content Management Systems; sistem manajemen konten, yaitu perangkat, program, atau aplikasi untuk membuat website, seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll.

CMS-Content-Management-System

Jenis-Jenis Blog

Group blog – blog yang dikelola dan diisi oleh kelompok/komunitas.

Event blog – blog yang fokus berisi acara (event)

Celeblog – blog yang fokus posting seputar selebritas.

Celebriblog – blog yang dikelola oleh selebritas.

Metablog – blog tentang blogging; berisi tips ngeblog

Edu-blog – education blog, blog pendidikan

Blogopotamus – posting blog yang sangat panjang

Blogoholic – keanduan ngeblog (addicted to blogging)

Linkbaiting – membangun link/backlink

Problogger – professional blogger

Google AdSense – Program periklanan Google yang memberikan kesempatan kepada para blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan di blog mereka.

Google Ads – Program periklanan Google yang memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa, atau situs.

Affiliate Marketing – Disebut juga program pemasaran afiliasi; memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.

Traffic – Trafik; lalu-lintas atau tingkat kunjungan ke blog.

Anchor Text – Teks yang digunakan di dalam tautan (link).

Backlink – Disebut juga inbound link; tautan blog yang ada di blog lain.

CSS – singkatan dari “Cascading Style Sheets”; bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web.

HTML – singkatan dari “Hyper Text Markup Language”; bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

JavaScript – bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.

Kode yang membentuk template (desain blog) terdiri dari CSS, HTML, dan JavasScipt tersebut.

Niche – topik atau subjek yang menjadi tema utama konten blog.

SERP – singkatan dari “Search Engine Results Page” atau halaman hasil pencarian mesin telusur. Mencari data tentang “kamus jurnalistik”, misalnya, akan muncul SERP berikut ini:

serp-halaman-hasil-pencarian

Keyword – kata kunci; kata atau frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine). Contohnya, kamus jurnalistik dalam gambar di atas. Kata kunci juga sebutan bagi topik atau tema posting blog yang biasa disebutkan dalam judul dan nama label.

Subscriber – pengunjung yang berlangganan posting untuk mengikuti update konten blog melalui email.

Pengoptimalan Blog (SEO)

SEO – SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer” agar blog mudah dan cepat dikenali, dirambah, dan diindeks Google sehingga muncul di halaman hasil pencarian dan mendatangkan/meningkatkan peringkat dan pengunjung blog.

Google menyediakan Panduan Dasar SEO bagi para blogger dan web desainer.

SEO Friendly – ramah mesin pencari; ramah mesin telusur; mudah dirambah dan diindeks mesin pencari seperti Google dan Bing.

User Friendly – ramah pengguna; mudah diakses, enak dibaca, mudah dipahami, enak dilihat, enak dipandang.

Mobile Friendly – ramah seluler; ramah mobile; ramah ponsel; muda diakses, dibaca, dibuka melalui smartphone atau HP.

User Experience – UX; pengalaman pengguna; cara seseorang merasakan ketika membuka situs web; pengalaman pengguna internet mengakses website.

SEM – Search Engine Marketing; pengoptimalan blog melalui pemasangan iklan di mesin pencari Google atau Bing.

Sandbox – Istilah yang merujuk pada blog yang tidak tampil pada hasil pencarian karena melanggar kebijakan Google atau berlebihan dalam SEO.

Keyword Density – kepadatan kata kunci; banyaknya kata kunci yang diulang dalam postingan. Maksimal 3% dari jumlah kata dalam naskah.

Keyword Stuffing –  berlebihan dalam mengulang kata kunci dalam postingan.

Sumber:
https://www.quickonlinetips.com/archives/2006/06/the-giant-blogging-terms-glossary/
https://www.bloggingbasics101.com/blogging-glossary-defining-basic-blogging-terms/
https://www.mostlyblogging.com/better-blogger-blogging-terms/

 

Blogger Blogging Daftar Istilah Blog Kamus Blog

Related Post

Leave a reply