Dasar-Dasar MC (Master of Ceremony)

Dasar-Dasar MC (Master of Ceremony)

219
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

teknik mc dan moderatorMC (baca: emsi atau emcee [Inggris]) singkatan dari Master of Ceremony. Secara harfiyah, MC artinya orang yang menguasai upacara atau acara.

Berikut ini pengertian Master dan Ceremony menurut Kamus Bahasa Inggris:

master kb. 1 tuan rumah. 2 nakhoda (of a ship). 3 pemilik. 4 jagoan (at a skill, sport). 5 pelukis ulung (seperti Rembrandt). 6 tuan, ndoro (anak laki-laki yang belum dewasa), orang yang mempunyai kekuasaan. -kkt. menguasai (a subject, o’s temper).

ceremony kb. (j. -nies) 1 upacara. 2 formalitas, cara tata tertib. to stand on c. formil-formilan, berpegang teguh pada tatacara, resmi-resmian.

Kata “master” menunjukkan yang bersangkutan piawai atau sangat menguasai hal tertentu. Kata “ceremony” merujuk pada acara, upacara, perhelatan, atau penyelenggaraan acara. Dengan demikian, MC adalah orang yang paling menguasai visi, misi, proses, dan detail sebuah acara dan ia bertindak sebagai pemandu jalannya acara tersebut.

MC harus mampu menciptakan suasana akrab, tertib, dan meriah, selain bertanggung jawab atas lancarnya acara.

Dasar-Dasar MC

  1. Seorang MC hendaknya lancar berbicara, komunikatif, berwawasan luas, good looking, dan mampu beradaptasi dengan situasi.
  2. Seorang MC hendaknya pandai bergaul, mudah akrab dengan orang lain, rendah hati, ramah, dan humoris.
  3. Tugas pokok MC antara lain membuka acara (salam, sambut hadirin, menyebutkan aturan acara), menjaga kelancaran acara dari awal hingga akhir, dan menutup acara (menyampaikan terima kasih kepada hadirin, panitia, pengisi acara, dan minta maaf, jika perlu “menyimpulkan” acara).
  4. Seorang MC harus mengetahui secara pasti bentuk acara yang akan dipandunya, mengetahui gambaran lokasi, profil hadirin, profil pembicara atau pengisi acara, dan hal-hal apa saja yang harus ada dalam acara tersebut –dibicarakan dengan panitia/seksi acara atau pihak berwenang.
  5. Melakukan
    check and re-check terhadap
    susunan acara, kalimat yang akan diucapkan, daftar tamu kehormatan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan acara yang akan dipandunya.
  6. Mengenakan busana dan tata rias yang sesuai dengan jenis acara yang akan dipandunya.
  7. Datang di lokasi paling tidak satu  jam sebelum pelaksanaan acara guna persiapan fisik, mental, dan teknis –seperti pengecekan mikrofon (voice check, mike-test) dan posisi MC dan pembicara.
  8. Mempersiapkan cue-card (kartu MC), kira-kira setengah halaman kertas kuarto, untuk pedoman acara yang akan dipandu, berisi susunan acara, profil pengisi acara, dan kertas kosong untuk “corat-coret” sebagai bahan improvisasi dan menghidupkan acara.
  9. Seorang MC tetap “tunduk” terhadap seorang stage manager sehingga segala perubahan susunan acara harus dikonsultasikan lebih dahulu dengannya.
  10. Selalu menjaga sikap yang tenang, tidak gundah, stabil dalam menguasai situasi dan kondisi.
  11. Sebaiknya melakukan “senam mulut“ untuk relaksasi sebelum memulai acara.
  12. Senantiasa berusaha kerasa memulai dan mengakhiri acara “on time”, juga memastikan semua pengisi acara tampil sesuai dengan alokasi waktu yang diberikan (One of your roles as the MC is to watch and control the timing).
  13. Jangan lupa, Introduce yourself, even if you think everyone should know who you are. Kenalkan diri Anda –kecuali dalam acara formal. 

Bridging

MC harus mempu merangkai acara demi acara menjadi sebuah satu-kesatuan, menjembatani pembicara ke pembicara lain atau pengisi acara ke pengisi acara yang lain. An essential skill of an MC is the ability to make comments which “bridge” between segments of the meeting. 

Teknik Vokal

  1. MC harus berbicara jelas, ringkas, dan memperhatikan artikulasi dan pelafalan dengan tepat, seperti “Saudara” (bukan “Sodara”).
  2. Melatih dan memperhatikan intonasi, meliputi tekanan, keras-lembutnya suara, nada tinggi-rendahnya suara, tempo cepat-lambatnya bicara, dan jeda atau penghentian.
  3. Gunakan bahasa Indonesiayang baik dan benar, terutama dalam acara resmi dan semiresmi. (www.romeltea.com, dari berbagai sumber. Tips dan Teknik MC selengkapnya klik kategori “Teknik MC” di navigasi menu di atas).*

TERSEDIA Buku Kiat Memandu Acara: Teknik MC dan Moderator, Penerbit: Nuansa, Bandung. Klik menu “MyBooks” for more information.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY