DNS Google: Agar Internet Lebih Cepat!

DNS Google: Agar Internet Lebih Cepat!

Public DNS Google

DNS Google sendiri adalah DNS publik yang disediakan oleh raksasa mesin pencari tersebut sebagai alternatif DNS yang telah disediakan oleh operator.

Banyak pengguna internet di Indonesia menggunakan DNS Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 karena diklaim lebih cepat dan tidak banyak situs yang diblokir.

Orang-orang menggunakan DNS Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) agar internetan lebih cepat.

Lebih cepat? Ya, lebih cepat! Setidaknya, itulah yang dikatakan oleh Google sendiri. Anda bisa mencobanya. Kalau ternyata tidak cepat, tinggal ganti lagi aja.

Soal DNS Google bisa mempercepat koneksi internet, simak deh kata situs resmi DNS Google:

Why should you try Google Public DNS?

By using Google Public DNS you can:

Dengan menggunakan Public DNS Google, Anda bisa mempercepat browsing, meningkatkan keamanan, dan “Get the results you expect with absolutely no redirection” (terjemahin sendiri deh ya ^_^).

Public DNS Google  ini gratis, free! DNS singkatan dari Domain Name System.

CARA MENGGUNAKAN DNS GOOGLE

Cara settingnya atau cara menggunakan DNS Google sebagai berikut:

  • Atur network settings denggan memasukkan IP Addresses 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 di kolom DNS Servers atau
  • Baca deh configuration instructions (mendukung IPv6 Addresses juga).

If you decide to try Google Public DNS, your client programs will perform all DNS lookups using Google Public DNS.

dns-google-setting

UPDATE !!!

Saat ini beberapa ISP besar di Tanah Air telah melakukan blokade terhadap DNS publik milik Google, antara lain adalah Biznet dan Telkom Speedy.

Kemenkominfo dikabarkan mulai menggandeng penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) untuk melarang penggunaan DNS (Domain Name System) Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

Hal ini adalah bagian dari kesepakatan dari program Trust+ dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

# Untuk setting DNS Speedy tercepat, saya sudah posting juga “DNS Speedy Tercepat“. Silakan dicoba…!

Related Post

Online Marketing: Pemasaran via Internet Online Marketing atau pemasaran online –disebut juga internet marketing (pemasaran internet), web marketing (pemasaran website), webvertising (perikla...
Pengertian, Jenis, dan Cara Menjalankan Bisnis Onl... Bisnis Online adalah usaha yang dijalankan secara online menggunakan jaringan internet. Pengertian Bisnis Online secara praktis adalah menjalankan us...
Manfaat Google Alert bagi Humas (Media Monitoring) Salah satu tugas Humas (Public Relation) adalah Media Monitoring, yakni memantau pemberitaan media yang berkaitan dengan lembaganya. Google Alert meru...
Internet Manifesto: Panduan Memahami Internet Internet Manifesto: Panduan Memahami Internet Internet Manifesto (Manifesto Internet) merupakan panduan ringkas dan praktis untuk memahami dunia in...

COMMENTS