Fungsi Pers dan Peran Media

Fungsi Pers dan Peran Media

260
4
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Media massa (singkatan dari Media Komunikasi Massa) atau Pers (dari kata persen [Belanda] atau press [Inggris] yang berarti  “menekan” –merujuk pada alat cetak kuno yang digunakan dengan menekan secara keras untuk menghasilkan  karya cetak pada lembaran kertas) adalah sarana komunikasi kepada publik atau media penyebarluasan infomasi kepada khalayak. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah media massa sering disingkat menjadi media saja.

Berdasarkan Pasal 33 UU. No. 40 tahun 1999 tentang Pers, fungsi pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial, serta menjadi lembaga ekonomi (bisnis).

  1. Fungsi Informasi.  Menyajikan informasi karena masyarakat memerlukan informasi tentang berbagai hal yang terjadi di masyarakat dan negara.
  2. Fungsi Pendidikan. Pers sebagi sarana pendidikan massa (mass education) memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat bertambah pengetahuan dan wawasannya.
  3. Fungsi Hiburan. Pers juga memuat hal-hal yang bersifat hiburan untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot. Berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, dan karikatur.
  4. Fungsi Kontrol Sosial. Fungsi ini terkandung makna demokratis yang di dalamnya terdapat unsur-unsur: Social Participation (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan); Social Responsibility (pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat); Social Support (dukungan rakyat terhadap pemerintah); Social Control (pengawasan terhadap tindakan-tindakan pemerintah dan masyarakat).
  5. Sebagai Lembaga Ekonomi. Pers adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan.  Pers memiliki bahan baku yang diolah sehingga menghasilkan produk yang namanya  “berita” yang diminati masyarakat dengan nilai jual tinggi.  Semakin berkualitas beritanya, maka semakin tinggi nilai jualnya.  Pers juga menyediakan kolom untuk iklan. Pers membutuhkan biaya untuk kelangsungan hidupnya..

Peran Pers

Dalam Pasal 6 UU No. 40/1999 tentang Pers disebutkan, pers nasional melaksanakan peranan sebagai berikut:

  1. Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan informasi.
  2. Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan.
  3. Melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
  4. Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar.Memperjuangkan keadilan dan kebenaran. (www.romeltea.com).*

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

4 COMMENTS

      • bang tolong info, dimana saya bisa dapat buku yang membahas khusus masalah “media sebagai alat kontrol sosial”. untuk menyelesaikan skripsi saya. disamarinda gak ada bang. 082153255123

        • Ada di buku-buku tentang KOMUNIKASI MASSA dan tentang MEDIA. Silakan kontak (biar cepet telepon aja):
          1. Penerbit Rosdakarya Jln. Ibu Inggit Garnasih No. 40 Ciateul Bandung 40252 Tlp. (022) 5200287 e-mail: rosda@indosat.net.id
          2. Penerbit Nuansa, Kompleks Sukup Baru 23 Ujungberung Bandung – 40619 Tlp. 022-76883000, 022-92293000, Telefax.: 022-7801410 Layanan SMS: 0818638038 dan 085722918777.
          3. Penerbit Simbiosa, Jln. Ibu Inggit Garnasih 31 Ciateul Bandung 40252 Tlp. (022) 5208370, e-mail: siramedia@yahoo.com, website: http://www.simbiosa-online.com

LEAVE A REPLY