Hati-Hati Menggunakan Tips SEO

Hati-Hati Menggunakan Tips SEO

Hati-hati menggunakan Tips SEO. Content is always the King!

Link posting tentang Tips SEO (Search Engine Optimization) bertebaran di  Google. Posting itu ada yang asli tulisan sendiri, terjemahan, dan banyak (kebanyakan?) Copy Paste dari blog lain.

Ada pula blogger yang “anti-SEO”. Katanya, Teknik atau Tips SEO itu sesat dan menyesatkan! Katanya, jangan percaya pada teknik-teknik SEO. Jangan turuti begitu aja trik dan tips SEO yang sering disebarkan banyak blogger. Alasannya, nyatanya banyak blogger yang berhasil selalu berada pada posisi puncak Google tanpa melakukan optimasi apa pun! Yang mereka lakukan hanyalah nulis, nulis, dan nulis. Update rutin dan menulis saja (just write) tanpa peduli soal SEO.

Saya sepakat 95% dengan pendapat tersebut. Jangan terlalu pusing dan ribet soal SEO blog. Just write! Tulis sajalah, sedekah ilmu, berbagi. Bagi saya, tips SEO terbaik itu soal konten, isi, tulisan, atau posting: makin bagus kualitas konten blog, maka kian banyak  pengunjung yang datang, dan secara otomatis trafik dan popularitas blog naik!

Google lebih memilih tulisan atau posting yang unik, asli, dan banyak dicari orang ketimbang tulisan yang “direkayasa” agar SEO Friendly.

Sebentar! Kok saya setujunya 95%? Ya, tidak 100% setuju bahwa kita bisa mengabaikan teknik dan tips SEO, karena lima persennya ada benarnya juga. Misalnya soal Meta Tags. Benar, katanya Google sudah mengabaikan pencarian posting melalui Meta Tag, baik itu Meta Keyword maupun Meta Description.

Tapi, meski dicuekin Google atau mesin pencari lainnya, setidaknya Meta Tags yang disusun dengan baik, proporsional, alias wajar akan menjadi “identitas blog/website” kita di mesin pencari dan di kalangan pengunjung. Misalnya, Romeltea Magazina dengan alamat www.romeltea.com, kalau tidak pake Meta Tags, sulit dikenali: blog apaan ini? Apa isi blognya?

Ketika saya kasih Meta Tags “Jurnalistik”, misalnya, mesin pencari dan pengunjung bakal mengenali www.romeltea.com sebagai blog jurnalistik atau isinya tentang masalah jurnalistik.

Tips SEO: Bohong?

Kembali ke soal tips SEO. Dari hasil “studi” saya ke sejumlah posting tips SEO, nyatanya memang sering tips SEO yang mereka tulis justru tidak dilaksanakan oleh mereka sendiri! Misalnya, mereka katakan “gunakan H1 untuk judul posting”. Nyatanya, mereka sendiri menggunakan H2 atau H3 sebagai judul postingnya!

Jebakan? Bisa jadi. Sesama blogger ‘kan bersaing untuk nongkrong di peringkat satu Google. Logikanya, yang bertanding saling berbagi tips untuk saling mengalahkan. Irasional ah!

Jadi, bagaimana dong…? Ya, berhati-hati saja menggunakannya. Hati-hati pula menggunakan jasa SEO, apalagai kalau websitenya sendiri tidak ada di halaman pertama Google dengan kata kunci “Tips SEO” atau “Jasa SEO”.

Yang jelas, tips SEO terbaik yaitu “menulis posting yang unik dan asli karangan sendiri” tidak terbantahkan! Buktinya, saat sata menulis posting “Daftar Kata Baku-Tidak Baku” dan “Medi Massa: Pengertian, Jenis, dan Fungsi” dulu, tanpa SEO sama sekali! Nulis begitu saja. Nyatanya, jadi posting terpopuler di blog ini, banyak dikunjungi!

Jadi, abaikan saja tips SEO? Tidak juga, gunakan secara hati-hati. Sebaiknya cari tips SEO di blog “top domain” (.com, .net, .org) –bukan di blog gratisan (blogspot.com, wordpress.com)– dan di website berbahasa Inggris. Tips SEO di blog bahasa Indonesia mah banyak yang “copas”.

Tips SEO yang baik dan “bisa dipercaya”, menurut saya, misalnya Google SEO Tips 2013. Dia di posisi teratas ketika saya ketik kata kunci “best seo tips” di Google. Coba saja….! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Cara Mengubah Tampilan Blog Cara mengubah tampilan blog, mengganti template blog, atau mengubah tampilan halaman depan blog di blogspot.com (blogger.com) sangat mudah. Langkah...
Web Hosting Paling Aman: Blogger! BLOG romeltea.com ini berkali-kali terpaksa offline (maintenance mode) gara-gara serangan pishing. Berkali-kali sang malware menginjeksi "dapur" blog ...
Blog Takkan Terkalahkan Facebook dan Twitter Facebook dan Twitter “membunuh” blog. Dunia Blogging pun “sekarat” (blog is dying). Banyak (kebanyakan?) blogger kini lebih memilih facebookan dan/ata...
Waspadai Penipuan Bisnis Online! Saya mendapat 30 juta per bulan hanya dengan kerja online dari rumah. Mau tau apa yang saya kerjakan?? Klik di sini! Sudahkah rekening Anda dialiri ru...

COMMENTS