Inhouse Training: Pengertian dan Fungsi

Inhouse Training: Pengertian dan Fungsi

Inhouse Training: Pengertian dan Fungsi

inhouse-training-Posting tentang Pengertian dan Fungsi Inhouse Training (IHT) ini saya tulis setelah menerim pesan WA berisi undangan menjadi pemateri.

EO membujuk saya agar mau menjadi pemateri inhouse training di sebuah instansi dengan honor 50% dari biasanya.

Saya mau saja. Bagi saya, yang penting bisa silaturahmi dengan banyak orang untuk berbagi (share). Materinya tentang Media Relations dan Web Content Writing.

Pengertian Inhouse Training

Inhouse Training –kadang juga ditulis In House Traning sehingga disingkatnya IHT– adalah pelatihan yang diselenggarakan sebuah instansi atau perusahaan untuk karyawannya.

Kata “In House” merujuk pada tempat pelatihan yang biasanya dilakukan di lingkungan kantor sendiri, misalnya Aula atau ruangan khusus untuk pelatihan (Training Room).

Kata “in house” juga merujuk pada target peserta, yakni “orang dalam” –karyawan sendiri.

Fungsi Inhouse Training

Secara umum, fungsi sekaligus tujuan dan manfaat inhouse training adalah meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan karyawan guna menunjang kinerja dan kesuksesan program kerja instansi/perusahaan.

Dalam bahasa “klise”, fungsi inhouse training adalah untuk “meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)” demi tercapainya visi dan misi organisasi instansi/perusahaan.

Selain untuk peningkatan kualitas SDM, inhouse training juga bisa mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar-karyawan.

Fungsi Inhouse Training sekaligus keuntungannya bisa disimak di laman Optimus Learning, antara lain:

  • Training cost savings. Hemat biaya pelatihan.
  • Travel cost savings. Hemat biaya perjalanan.
  • More focused training. Lebih fokus.
  • Can use current work examples. Bisa gunakan contoh terkini.
  • Team building.

Materi Inhouse Training

Materi atau tema Inhouse Training biasanya berkaitan dengan keterampilan atau keahlian khusus yang dibutuhkan perusahaan/instansi dari karyawannya.

Namun, materi Inhouse Training tidak selalu harus terkiat langsung dengan niche atau bidang khusus yang ditangani instansi/perusahaan.

 

Saya kira, karyawan instansi/perusahaan apa pun dan mana pun saat ini perlu updrage wawasan dan bahkan keterampilan tentang seputar komunikasi (communication skills):

  • Jurnalistik, Writing Skills, termasuk Corporate Journalism.
  • Media, terutama Media Online/Media Sosial
  • Blogging, termasuk Corporate Blogging atau Business Blogging.
  • Public Speaking, Speaking Skills
  • Humas Online (Cyber PR)
  • Web Content Writing, Online Writing
  • Teknik Presentasi, Presentation Skills
  • Radio Broadcasting –Teknik Siaran dan Manajemen Program

Saya siap menjadi pemateri inhouse training di instansi/perusahaan Anda dengan tema-tema tersebut, seperti yang selama ini saya lakukan.

Saat posting ini ditulis, saya punya dua jadwal mengisi inhouse training. Satu di Bogor tentang Media Relations dan Web Content. Satu lagi di Kalimantan tentang Radio Broadcasting (Siaran Radio).

Demikian ulasan ringkas tentang pengertian dan fungsi inhouse traning. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Pelatihan Komunikasi – Ramadhan DD Hong Kong... Pelatihan Komunikasi - Ramadhan DD Hong Kong 2012 Organized by Dompet Dhuafa Hong Kong & DDHK News (www.ddhongkong.org) Pelatihan Komunikasi...
Materi “3 in 1” Jurnalistik, Public Sp... SAYA diminta jadi pemateri sebuah workshop jurnalistik. Uniknya, materinya tiga sekaligus: Jurnalistik, Public Speaking, dan Media Online! Benar, "3 i...
BATIC Gelar Pelatihan Jurnalistik Angkatan 27 # Mulai pelatihan dijadwalkan Sabtu, 14 September 2013, pk. 13.00 WIB. BALAI Jurnalistik ICMI Jabar (BATIC) menerima anggota baru Angkatan 27 untu...
Pelatihan Web Content Management and Social Media ... Pelatihan Manajemen Website dan Media Sosial Website atau blog instansi/perusahaan tentunya harus dikelola dengan baik agar benar-benar menjadi “ka...

COMMENTS