Jumlah Penghasilan Blogger Indonesia dari Google AdSense

Jumlah Penghasilan Blogger Indonesia dari Google AdSense

Berapa jumlah penghasilan Blogger Indonesia dari Google AdSense per bulan? Jawabannya: relatif. Namun, diperkirakan antara Rp1-5 juta per bulan, tergantung pada trafik blognya.

Sebagai gambaran, menurut Ceksite, blog romeltea.com ini bisa menghasilkan Rp1,8 juta per bulan dari AdSense. Ini datanya:

penghasilan blogger

Katanya, blog ini dikunjungi 509 pengunjung unik per hari dan 15.029 pengunjung unik per bulan dengan pageviews 2.036 per hari dan 60.123 per bulan.

Dengan jumlah kunjungan tersebut, diperkirakan blog ini menghasilkan pendapatan Rp61.080 per hari dan Rp1.803.692 per bulan.

Benarkah?

Namanya perkiraan, bisa tepat, bisa juga tidak. Saya cek data penghasilan AdSense, penghasilan blog ini … gak nyampe segitu!

Bagaimana dengan rata-rata penghasilan blogger Indonesia per bulan? Untuk menemukan jawabannya, saya coba Googling dengan kata kunci “Penghasilan Blogger Indonesia”.

Banyak blogger yang membahasnya. Ada juga data dari Tirto. Data ini menunjukkan penghasilan blogger antara Rp2-5 juta, tergantung jumlah update posting.

penghasilan blogger indonesia

Itu pun bukan hanya dari AdSense, tapi ditambah penghasilan dari sponsored post atau conten placement, buzzer, lomba blog, dan media sosial.

Jika disimpulkan, rata-rata penghasilan blogger Indonesia mencapai Rp5 juta per bulan. Kalau blognya berbahasa Inggris, penghasilan AdSense bisa dua hingga tiga kali lipatnya.

Penghasilan Blogger Indonesia dari Google AdSense

Perkiraan penghasilan penghasilan blogger Indonesia dari Google AdSense sebagai berikut:

  • 1000 visitor = 1 dolar
  • 100.000 visitor/bulan = Rp 1 juta per bulan
  • 1 juta visitor/bulan = Rp5 – 10 juta per bulan

Kian banyak visitor, kian banyak penghasian. Bisa juga sedikit visitor, namun yang klik iklannya banyak, maka banyak pula penghasilannya.

Sistem Komisi AdSense bukan hanya klik, tapi juga tampilan. Berikut ini sistem penghitungan komisi Google AdSense:

1. CPC = Cost Per Click, Dibayar per Klik. Komisi yang dibayarkan Google didasarkan kepada jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung blog.

2. CTR = Click Through Rate atau Jumlah Klik Dibagi jumlah Tayangan Iklan. Misalnya, jumlah iklan yang tayang adalah 1000 kali, diklik sebanyak 20 kali oleh pengunjung, maka CTR yang didapatkan 20 : 1000 = 0.02%.

3. CPM = Cost Per Mile atau Biaya Per Seribu (BPS). Penayang (blogger) akan dibayar jika iklan tayang di halaman 1000 kali. Makin banyak pengunjung atau trafik, kian banyak pula tayangan iklan, dan kian besar penghasilan AdSense.

4. RPM = Revenue Per Thoushand Impression atau penghasilan per 1000 impresi. Seperti CPM, komisi akan didapat jika iklan ditayangkan sebanyak 1000 kali.

Rata-rata nilai iklan yang menggunakan sistem RPM berada di antara U$1 hingga US$5.

Saya sendiri tidak mau dipusingan dengan  sistem penghitungan komisi Google AdSense. Lieur! Pokoknya, rajin aja update dan posting. Jika menghasilkan, syukur alhamdulillah, jika tidak… ya harus lah, hehe…!

Ngeblog itu sedekah ilmu, berbagi. “The more you give, the more you get in return,” kata Dave Thomas. Baca deh: Kekuatan Memberi.

The More You Give, The More You Get in Return

 

“Jangan niatkan dapat uang ketika mulai ngeblog,” kata Daily Blog Tips. “Don’t just start a blog because you want to make money. There are no shortcuts to success.”

Btw, saya sudah menulis buku tentang cara menghasilkan uang dari blog bertajuk Blogpreneur.

Cover Buku Blogpreneur

Buku Blogpreneur. Order? Kunjungi www.nuansa.co

Berapa penghasilan AdSense Anda per bulan? Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Blog sebagai Sarana Bisnis Online Blog sebagai Sarana Bisnis Online - Blogging for Business Jika kita punya blog atau website, maka kita tidak saja berpeluang mendapatkan pahala keb...
Cara Mengatasi Virus Deloton di Blog WordPress BLOG romeltea.com ini cukup lama  terinfeksi adware, malware, atau virus deloton. Ketika klik salah satu postingan atau tulisan, maka link otomatis...
Cara Memilih Nama Blog Memilih nama blog atau judul blog (blog title) merupakan bagian penting dalam ngeblog (blogging). Cara memilih nama blog seperti memilih merek,...
SEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunj... SEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog. Update Tips SEO Blog 2018. Para blogger dan web developer biasanya "sibuk" mencari plug...

COMMENTS