Kata Baku: Andal, Bukan Handal!

bahasa_mediaPernah denger ‘gak kalimat begini: David Beckham adalah “pemain handalan” LA Galaxy? Wayne Rooney itu “striker handalan” MU! CR7 sekarang mah ‘kan jadi “pemain handalan” Real Madrid? Nah… kalo Barcelona “menghandalkan” Messi jadi mesin gol. Ah… kamu mah, tidak bisa “dihandalkan” euy ah!

Janggal? La iya lah… karena yang bener tu “andal”, bukan “handal”. Lalu kenapa harus menulis kayak gini… “jaringan handal” atau “penulis handal”? Kalo saya emang pernah tuh “hilang handal jepit” di masjid….!

Sodara-sodara yang berbahagia….! My point is…. Betapa sering orang menulis kata “handal”, pak dahlan, eh… padahal, yang baik dan benar sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku berdasarkan Pancasila dan UUD ’45 itu “ANDAL”, tanpa “H”; “andal”, tanpa “h”. Coba aja buka Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘gak ada tuh kata “handal”!

Andal, menurut KBBI, artinya  (1) dapat dipercaya; (2) memberikan hasil yang sama pada ujian atau percobaan yang berulang; meng·an·dal·kan = menaruh kepercayaan kepada; menjamin akan kesanggupan, kekuatan, atau kemampuannya.

Selain andal, kata yang seraing “dizhalimi” dalam penulisannya dengan penambahan huruf “h” antara lain embus (hembus) dan utang (hutang). Yang baku, “embus”, bukan “hembus” dan “utang” bukan “hutang” apalagi “k*tang” (sensor!).

Jadi, ia “mengembuskan” nafasnya ketika “utangnya” lunas, bukan ia “menghembuskan” nafasnya ketika “hutangnya” lunas. Clear? Clear…….!

O iya, satu lagi, yang benar tu “imbau”, bukan “himbau”. Jadi, yang benar itu: “kami mengimbau…”, bukan “kami menghimbau”. Yang benar, “imbauan”, bukan “himbauan”!

Btw, dipikir-pikir gw d4pt 4pa ya dari Pusat Bahasa atau dari pihak berwenang soal bahasa Indonesia, capek-capek bahas ginian! Wkwkwkwk….. Xixixixi…..! Biarin deh, ikhlaskan…. Mau dihapus juga ni tulisan sayang, udah hasil mikir. Nikmati aja…. mangga! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Partikel “Pun”, Tulis Terpisah! MENULIS kata/kalimat dengan tata bahasa yang baik itu membutuhkan “kebiasaan” selain pemahaman dan kecermatan. Demikian halnya soal penulisan part...
Kata Baku: Imbau dan Andal, Bukan Himbau dan Handa... Kata Baku: Imbau dan Andal, Bukan Himbau dan Handal! SAYA bukan ahli bahasa, juga bukan orang yang digaji pemerintah, rakyat, atau APBN/APBD untuk ...
Kata Baku: Sumatra, Bukan Sumatera! SEBENARNYA sudah sejak lama saya ingin memposting tulisan ini, tepatnya sejak gencarnya pemberitaan tentang gempa bumi di Sumatra Barat (Sumbar). Saya...
Daftar 100 Kata Yang Sering Salah Eja Daftar ini disusun menurut urutan abjad. Kata pertama adalah kata baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kecuali ada keterangan lain, dan d...

COMMENTS