Kekuatan Memberi (Sedekah): The More You Give, The More You Get

Kekuatan Memberi (Sedekah): The More You Give, The More You Get

the more you give the more you getKekuatan Memberi, Berbagi, atau Sedekah: The More You Give, The More You Get.

“The More You Give, The More You Get!” (makin banyak Anda memberi, maka kian banyak pula Anda menerima).

Demikian dikemyukakan Dave Thomas, adalah pengusaha Amerika pendiri Wendy’s.

Ungkapan senada dikemukakan Michael Buble dalam lagu The More You Give The More You Have.

Bagi umat Islam, ungkapan Dave Thomas dan Michael Buble bukan hal baru. Pasalnya, beratus abad silam, Nabi Muhammad Saw menyatakan, sedekah –memberi– merupakan ibadah sosial yang penuh berkah.

Sedekah, dalam Islam, bukan saja membuat harta jadi berkah, namun juga mengundang kebaikan, harta bertambah, dan bahkan menjadi penolak bahaya.

Rasulullah Saw menegaskan:

“Harta tidak akan berkurang karena sedekah…” (HR Muslim). 

“Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya ada yang berinfak kepadamu” (HR. Muttafaq ‘alaih).

Hadits “harta tidak akan berkurang karena sedekah” dikutip Anne Frank dengan ungkapan populernya: “No-one has ever become poor by giving”.

power-of-giving

Dalam bahasa Dave Thomas, setiap orang punya tanggung jawab untuk memberi atau menolong siapa pun yang tidak bisa menolong dirinya sendiri.

Memberi tidak harus selalu dengan uang, tapi juga meluangkan waktu atau berbagi ilmu.

“Giving back doesn’t simply mean giving money to charities. It also means giving your time or sharing your special skills,” kata Dave.

Hadits Nabi Saw di atas dan ungkapan The More You Give The More You Get (The More You Have) adalah motivasi sedekah, uang, ataupun ilmu.

Kian banyak memberi, makin banyak menerima. Jangan berharap pada manusia, senantiasalah berharap kepada Allah SWT saja untuk balasannya.

Sedekah, dalam Islam, adalah salah satu jenis ibadah harta. Berbahagialah orang kaya yang bisa berbuat kebaikan dengan hartanya dengan sedekah, selain zakat, infak, dan wakaf.

Memberi atau sedekah tidak selalu dalam bentuk harta. Bisa juga dengan tenaga, pemikiran, atau berbagai ilmu.

Salah satu cara sedekah ilmu adalah dengan ngeblog (blogging). Kian rajin ngeblog (posting), makin bertambah ilmu Anda. Percayalah! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Tips Sukses Bisnis Online: Memberi Lalu Menerima Tips Sukses Bisnis Online: Give and Get! MODEL bisnis online tampaknya mengadopsi konsep sedekah dalam Islam: memberi maka engkau akan menerima...

COMMENTS