Manajemen Media Online

Manajemen Media Online

Jurnalistik Manajemen Media OnlineManajemen Media Online. Pengertian dan Elemen. Pendekatan Praktis.

SAYA sudah share tentang Manajemen Media Massa secara umum di postingan Struktur Organisasi Media.

Kali ini saya coba menggambarkan manajemen media online atau situs berita, sekaligus menjawab pertanyaan seorang Facebook Friend.

Manajemen Media Online secara praktis artinya mengelola situs web berita atau website instansi/perusahaan.

Yang dimaksud media Online dalam postingan ini adalah media massa yang tersaji di internet (situs berita, majalah online, koran online).

Elemen Manajemen Media Online

Di berbagai pelatihan tentang media online, termasuk pelatihan mengelola situs web instansi/perusahaan, saya biasa mengklasifikasi manajemen media online dalam tiga bagian:

  1. Konten
  2. Desain
  3. Pemasaran

Bagian Konten mengurus atau mengelola isi. Di media konvensional disebut bagian redaksi (editorial department).

Struktur organisasinya mulai dari Pemimpin Redaksi, Redaktur/Editor, Reporter/Fotografer, hingga Koresponden dan Kontributor.

Bagian Desain bertanggung jawab atas tampilan website. Desain media online hendaknya ringan (fast loading), bersih (clean), ramah pengguna (user friendly), ramah seluler (mobile friendly) atau responsive, dan ramah mesin pencari (SEO Friendly).

Bagian desain ini bisa hanya satu orang, yakni seorang web desainer atau web developer.

Bagian desain ini pula bertanggung jawab atas SEO Website.

Di media konvensional (cetak), bagian desain ini adalah divisi penerbitan atau percetakan (publishing department) yang menangani desain layout media hingga percetakan.

Di media elektornik, bagian desain ini adalah bagian teknik yang mengurusi peralatan siaran (broadcasting tools) mulai dari pemancar, antena, hingga mikrofon.

Bagian Pemasaran (Marketing) bertanggung jawab mempromosikan media secara online dan offline.

Pemasaran secara online disebut Online Marketing, termasuk Social Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization (SMO).

Bagian pemasaran atau promosi ini bertugas mempromosikan dan menyebarkan konten media ke berbagai akun media sosial, terutama Facebook dan Twitter.

Di era media sosial, bagian marketing dituntut piawai mengelola media sosial (social media strategy)  untuk meraih jumlah pengunjung (trafik) atau jumlah kunjungan halaman (page views).

Tentu saja, bagian marketing ini pula yang mencari sponsor, iklan, atau menangani AdSense.

Demikian ulasan ringkas mengenai Manajemen Media Online. Selengkapnya bisa Anda simak di buku saya, Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Kriteria Situs Berita Terpercaya dan Media Abal-Ab... Jangan sembarangan share berita! Kenali dulu kriteria media atau situs berita terpercaya dan media abal-abal. ERA Internet memunculkan banyak situs...
Kode Etik Jurnalistik Media Online: Pedoman Pembe... Etika Profesi Wartawan Media Online - Pedoman Pemberitaan Media Siber. PADA dasarnya kode etik jurnalistik wartawan media online (media siber, cybe...
Manajemen Media Cetak Pengertian Manajenen Encyclopedia Americana: "The art of coordinating the ele-ments of factors of production towards the achievement of the purposes ...
Cara Menulis di Website Agar Enak Dibaca dan Mudah... Cara Menulis di Website (Blog) Agar Enak Dibaca dan Mudah Dipahami - User Friendly & Scannable Content. TULISAN di website (situs web) atau b...

COMMENTS