Manfaat Google Alert bagi Humas (Media Monitoring)

Manfaat Google Alert bagi Humas (Media Monitoring)

188
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

google-alertsSalah satu tugas Humas (Public Relation) adalah Media Monitoring, yakni memantau pemberitaan media yang berkaitan dengan lembaganya. Google Alert merupakan salah satu perangkat Humas Online atau Online PR Tools.

Jika ada berita yang menguntungkan medianya, humas (PR Officer) mesti berterima kasih. Bila ada berita yang merugikan citra lembaganya, humas harus bertindak, mulai dengan Hak Jawab hingga “menggungat” media tersebut.

Media monitoring is the activity of monitoring the output of the print, online and broadcast media. It can be conducted for a variety of reasons, including political, commercial, scientific, and so on. (wikipedia)

Salah satu cara melaksanakan tugas humas bidang media monitoring adalah dengan memanfaatkan fasilitas Google Alert.

Tentu saja, Anda yang bukan staf humas pun bebas menggunakan Google Alert untuk mengikuti pemberitaan tentang, misalnya, tim sepakbola favorit Anda, artis idola, atau apa pun.

Apa itu Google Alert?

Google Alert adalah fasilitas lansiran Google untuk berita terkini dengan topik, tag, atau kata kunci tertentu. Misalnya, kita ingin membaca berita terkini tentang “Persib”, maka Google akan mengirimkan link berita-berita terkini soal Persib ke email yang kita daftarkan di Google Alert. Google menyebutnya “Memantau web untuk konten baru yang menarik”.

Humas PT Telkom, misalnya, tentu harus “berlangganan” Google Alert di emailnya dengan kata kunci Telkom. Nanti berita terbaru tentang telkom yang terindeks oleh Google otomatis akan “disetorkan” via email.

Menurut Google, Google Alert adalah email pemberitahu ada hasil baru dari layanan Google (web, berita, dll.) yang relevan dengan kueri yang kita pilih.

Cara berlangganan gratis link berita favorit kita adalah dengan masukkan kueri penelusuran yang ingin kita baca.

Manfaat Google Alerts

Beberapa manfaat penggunaan Google Alerts mencakup:

  • memantau berita hangat
  • mengikuti perkembangan pesaing atau industri
  • mendapatkan berita terhangat seputar selebriti atau acara
  • mengikuti kabar tim olahraga favorit

Menurut Wikipedia, Google Alerts merupakan layanan pemberitahuan surel (surat elektronik) atau email yang akan mengirim pemberitahuan tentang halaman web dan berita terbaru sesuai pilihan mereka.

Ada enam tipe layanan Alerts yaitu:

  1. News,
  2. Web,
  3. Blog,
  4. Comprehensive,
  5. Video
  6. Group.

News Alerts adalah surel pemberitahuan kepada pengguna jika ada artikel baru yang masuk 10 besar hasil pencarian Google News yang mereka lakukan.

Web Alerts memberi tahu pengguna jika ada halaman web baru muncul dalam 20 besar hasil pencarian Google Web yang mereka lakukan. Layanan ini beralamat dihttp://www.google.com/alerts

Kebanyakan orang pada umumnya menggunakan layanan Google Alerts untuk:

  1. Mencari tahu apa yang dikatakan tentang perusahaan atau produk mereka.
  2. Memantau perkembangan berita terkini.
  3. Tetap memantau perkembangan terbaru para pesaing atau industri.
  4. Mendapatkan berita terbaru tentang selebriti atau tim olahraga.
  5. Mencari tahu apa yang dikatakan tentang diri mereka sendiri.

Kalangan Humas “wajib” memanfaatkan fasilitas ini sebagai pelaksanaan fungsi humas dalam hal Media Monitoring –memantau berita-berita atau informasi tentang lembaga/perusahaannya atau hal-hal yang berkaitan dengan lembaga/perusahaannya. (www.romeltea.com).*

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY