Mata Kuliah Dasar-Dasar Siaran Radio

Mata Kuliah Dasar-Dasar Siaran Radio

Aktivitas mengajar segera dimulai di UIN SGD Bandung. Seakan berkesinambungan, mata kuliah yang dipercayakan kepada saya kali ini tentang Dasar-Dasar Siaran Radio. Tentu, masih hangat materi itu, karena saya baru saja menyelesaikan tugas menjadi pemateri Diklat Penyiar Radio RPI (Radio Perantau Indonesia) Hong Kong, 5-29 Agustus lalu.

Menurut SAP (Satuan Acara Perkuliahan) yang saya susun sendiri, mata kuliah Dasar-Dasar Siaran Radio atau Basic Announcing ini memberikan pemahaman dan keterampilan (ilmu dan teknik-praktis) dasar penyiaran radio, sebagai bekal dasar bagi mahasiswa KPI untuk mampu mensyi’arkan dakwah di media radio, baik sebagai penyiar dakwah, narasumber (penceramah radio), penulis naskah (script writer), maupun programer dan produser siaran radio dakwah.

Perkuliahan ditekankan pada praktek langsung (70%) dan teori (30%). Mata kuliah ini menjadi prasyarat bagi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan Teknik Produksi Siaran Radio.

Mata kuliah ini juga hadir untuk membuka jalan bagi tersedianya SDM yang andal di bidang radio siaran dakwah sehingga menjadi “ujung tombak” lahirnya SDM penyiar dakwah. Penyelenggaraan perkuliahan ini juga dapat merespon dinamika “pasar” radio, pasar wacana komunikasi, dan radio sebagai salah satu medium dakwah Islamiyah.

Kompetensi mahasiswa yang dibentuk melalui perkuliahan ini berorientasi lebih dari sekadar transfer ilmu dan keterampilan siaran radio kepada mahasiswa, menuju penggalian “talenta” (skill, kreativitas) siaran radio dakwah dalam diri mereka.

Mata kuliah ini berisi kajian, pemahaman, sekaligus pemberian keterampilan siaran radio, meliputi konsep siaran radio yang auditif, bahasa tutur (spoken language), penguasaan alat-alat siaran, perekaman, pemahaman media radio sebagai media massa dan karakteristik khasnya, pengenalan pendengar radio dan organisasi stasiun radio, pemahaman teknik siaran dan pembacaan naskah siaran, dan pemahaman serta penguasaan hal lain yang berkaitan dengan konsep dan praktik siaran radio.

Mata kuliah ini sebagai prasyarat bagi mahasiswa untuk mengikuti mata kuliah yang sudah ada sebelumnya, yakni Teknik Produksi Siaran Radio Dakwah.

Tujuan Perkuliahan

  1. Memberikan pemahaman tentang siaran radio secara teoritis dan melatih keterampilan (skill) siaran radio secara praktis.
  2. Membentuk SDM broadcasting yang berkualitas, mempunyai kemampuan yang memadai untuk terjun ke dunia industri siaran radio khususnya siaran dakwah.
  3. Memberi inspirasi dan peluang bagi penciptaan hubungan yang harmonis antara kampus dan industri siaran radio, yakni menyiapkan SDM yang “siap pakai” (ready to work).
  4. Mahasiswa paham dunia radio siaran dari berbagai aspeknya.
  5. Mahasiswa menguasai dasar-dasar penyiaran radio (teknik siaran).<

Nah, buat mahasiswa KPI UIN Bandung Semester III yang ambil mata kuliah ini, silakan meluncur ke Menu ONLINE CLASS untuk mendownload SAP selengkapnya. Wasalam.*

Related Post

Latihan Pernapasan untuk Penyiar & MC ROMELTEA.COM -- Latihan pernapasan di bawah ini dimaksudkan agar penyiar & MC memiliki teknik pernapasan yang baik, kuat berbicara atau menyuaraka...
Kiat Menjadi Penyiar Radio Profesional Buku "Dasar-Dasar Siaran Radio". Penebit Nuansa. Order: www.nuansa.co Teknik Siaran Radio - Tips Menjadi Penyiar Radio Profesional. PENYIAR Rad...
Ironi Dunia Radio Siaran RADIO merupakan media hiburan dan informasi paling murah dan mudah didapat. Dengan adanya radio streaming, jangkauan siaran radio tidak lagi lokal-reg...
Teknik Siaran Radio TEKNIK siaran radio hakikatnya adalah “seni berbicara” (art of talking) di depan mikrofon ruang siaran radio. Disebut juga ”Teknik DJ” (DJ’s technique...

COMMENTS (1)

  • comment-avatar

    ass..pak saya nena dari kpi b.