Materi “3 in 1” Jurnalistik, Public Speaking, Media Online

Materi “3 in 1” Jurnalistik, Public Speaking, Media Online

195
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

lincah menulis pandai bicaraSAYA diminta jadi pemateri sebuah workshop jurnalistik. Uniknya, materinya tiga sekaligus: Jurnalistik, Public Speaking, dan Media Online! Benar, “3 in 1” (Three in One). Saya tanya panitia, sendirian? Jawabnya, ya, sendiri. Maksudnya, saya sendiri yang menyampaikan ketiga materi tersebut. “Dibantu panitia,” katanya.

Ini “kebiasaan buruk” panitia sebuah pelatihan. Bukan kali ini saja saya diminta menyampaikan materi “3 in 1” seperti itu. Rupanya panitia ingin “mengeksplor” saya agar peserta bisa “Lincah Menulis Pandai Bicara” seperti judul salah satu buku saya.

Saya sanggupi saja, namun risikonya, karena waktu terbatas, pelatihan atau workshop jadi tidak/kurang optimal. Lha… wong di kampus saja materi dasar-dasar jurnalstik minimal 14 kali pertemuan @100 menit, demikian juga materi teknik publik speaking dan manajemen media online.

Ini pokok meteri yang saya siapkan buat workshop tersebut:

  1. Teknik Jurnalistik
  2. Teknik Public Speaking
  3. Media Online

Teknik Jurnalistik
Saya akan awali dengan “cerita” tentang pengertian jurnalistik secara etimologis dan terminologis. Secara etimologis, seperti biasa, saya bawa audiens ke zaman Romawi Kuno masa kekuasaan Julius Caesar, sang “Bapak Pers Dunia”.

Setelah itu saya ajak peserta memahami arti jurnalistik secara istilah: sebagai ilmu (bidang studi), aktivitas (proses), dan teknik (skill). Saya ajak juga audiens untuk memahami istilah kunci (key terms) dalam dunia jurnalistik: wartawan, editor, 5W+1H, kode etik jurnalistik, menis-jenis media, teknik reportase, dan produk utama jurnalistik: berita (news).

Nah, setelah saya sampaikan “dengan cepat” dan “ringkas” materi-materi tersebut, saya ajak audiens untuk “work”. Namanya juga “workshop”! Yaitu, praktik menulis berita!

Teknik Public Speaking
Saya akan awali dengan meminta dua-tiga orang audiens tampil ke depan. Pidato! Bicara apa saja, misalnya lagu yang mereka sukai, kenapa, dan apa isi lagunya. Saya akan lihat penampilannya: cara bicara, kontak mata, gesture, bahasa tubuh, dan… posisi tangan! Nanti saya koreksi.

Setelah itu, saya mulai dengan “teori” dulu. Sama seperti materi pertama, “supercepat” dan “superringkas”! Pengertian public speaking, jenis-jenisnya, elemen public speaking, dan teknik membuka serta teknik menutup pidato. Itu saja, ‘kan waktunya terbatas banget…!

Jika masih ada waktu, simulasi lagi, praktik lagi! Secukupnya…. karena masih ada satu materi lagi: media online.

Media Online
Di materi terakhir ini, saya akan minta semua peserta menyalakan laptop/netbook (bagi yang bawa) dan menyalakan internetnya… eh, maksudnya, koneksi ke internet!Saya akan minta semuanya membuka email dan membuatnya bagi yang belum punya (masak sih hari geeneeee gak punya email…?).

Lalu saya akan minta peserta membuka salah satu media online yang mereka suka atau sering kunjungi. Saya akan minya peserta mencermati tampilan (desain web), judul, gambar, teks, paragraf, fasilitas social share, hyperlink, dan kolom komentar.

Setelah itu, saya mulai dulu dengan pengertian media online, sejarah media online, karakteristik media online, serta gaya menulis di media online. Sampai situ aja. Waktu terbatas!

Finally, kembali “workshop”, peserta “work”, praktik blogging! Minimal upload/posting berita yang sudah dibuat di materi pertama (teknik jurnalistik). Beresssss….!!!

Ada yang kurang? Pastinya, secara gitu lho… waktu workshop cuma beberapa jam: 13.30-17.00 WIB. Berapa jam tuh? Blok kepotong break Shalat Ashar.

Semoga lancar. Amin…! Wasalam. (Blog Romeltea)*

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY