Media Sosial Jadi Ancaman Serius Media Online

Media Sosial Jadi Ancaman Serius Media Online

media sosial vs media online beritaMedia Sosial Jadi Ancaman Serius Media Online. Demikian diberitakan Suara.

Pasalnya, media sosial sering menjadi platform pertama yang menginformasikan sebuah peristiwa.

Twitter, misalnya, sering menjadi media pertama yang menyebarkan sebuah peristiwa secara real time. Demikian pula Facebook, Youtube, atau Instagram.

Menurut survei, para pengguna internet lebih banyak mengakses atau mencari berita terbaru di media sosial.

Bahkan, media sosial sering memberikan informasi yang lebih jujur, lengkap, dan langsung, meskipun media sosial juga yang menjadi penyebar utama informasi palsu (hoax).

Menurut Statista, jumlah pengguna Twitter di Indonesia pada 2016 mencapai 24 juta.

Menurut sumber yang sama, jumlah pengguna Facebook di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 100 juta.

Kepopuleran media sosial di kalangan masyarakat Indonesia, menimbulkan anggapan media sosial mengancam media online (media massa online/situs berita).

Namun, pengamat media sosial Enda Nasution mengatakan, media sosial dan media online telah membentuk suatu ekosistem yang stabil.

“Media Online dan Media Sosial sekarang membentuk sebuah ekosistem media, karena informasinya berputar-putar dan masing-masing mendapat manfaat. Media sosial ini porsi lebih banyak nya justru bersifat sebagai pipa/distributor,” jelas Enda.

Senada dengan Enda, pengamat teknologi Heru Sutadi menjelaskan, di lapangan banyak akun media sosial yang mengambil (share) informasi dari media online.

“Yang menarik meski pakai media sosial, ini juga dalam prakteknya menyebarkan informasi dari media online,” jelasnya.

Bahkan, ia yakin kedua platform ini akan terus mengambil manfaat untuk penyebaran informasi.

“Dan saya meyakini media online masih akan bertahan meski ada media sosial karena media sosial miliki keterbatasan juga dalam hal elaborasi informasi dibanding media online,” tutupnya.

SELAIN ancaman dari media sosial, media massa online juga digempur para blogger yang “menyulap” blognya menjadi layaknya situs berita.

Situs berita bebasis blog, dengan hosting Blogger atau dengan CMS WordPress, terus bermunculan. Pengguna media sosial juga kerap share postingan berita dari situs berita bebasis blog ini.

Image Credit: Beta News

 

Related Post

Pengertian Hoax dan Ciri-Cirinya Pengertian Hoax dan Ciri-Cirinya HOAX (baca: hōks) lagi trending. Seingat saya, hoax trending dalam lima tahun belakangan ini di media sosial Indon...
Tips Menulis di Media Online dari Kaplitz By ASM. Romli Menulis di media online berbeda dengan menulis di media cetak dan elektronik (radio/TV). Seorang konsultan “Audience Research & D...
Pelatihan Web Content Management and Social Media ... Pelatihan Manajemen Website dan Media Sosial Website atau blog instansi/perusahaan tentunya harus dikelola dengan baik agar benar-benar menjadi “ka...
Masa Depan Media Online Mulai Redup LAMAN Deutsche Welle (DW) menyajikan tulisan tentang jenuhnya pasar media online. Dalam tulisan menarik itu disebutkan, masa depan media online masih ...

COMMENTS