Pelatihan Menulis Konten Website dan Media Sosial

Pelatihan Menulis Konten Website dan Media Sosial

Pelatihan Web Content Writing dan Manajemen Media Sosial 

website-content-writing

Penulisan Konten Website (Web Content Writing) adalah menulis artikel atau membuat materi untuk mengisi website.

Website atau blog instansi/perusahaan tentunya harus dikelola dengan baik agar benar-benar menjadi “kantor virtual yang buka 24 jam” guna melayani pelanggan, klien, calon konsumen, atau tetap berkomunikasi dengan mitra kerja dan publik.

Di era digital sekarang, website instansi/perusahaan merupakan pintu masuk utama bagi siapa pun dan di mana pun untuk “berkunjung” tanpa harus melalui pemeriksaan satpam atau ruang tamu.

Website instansi/perusahaan harus tampil menarik, mencitrakan visi-misi instansi/perusahaan, terkesan profesional alias tidak asal-asalan, SEO Friendly dan User Friendly, dan tetap update.

Demikian pula media sosial (social media) instansi/perusahaan, harus dikelola dengan baik, mendukung polaritas website sebagai “landing page” atau “central hub”.

Website dan media sosial merupakan sarana “kampanye digital” (digital campaign, online campaign) yaitu kampanye secara online di internet yang dalam dunia bisnis dikenal sebagai “pemasaran online” (online marketing)

Setiap instansi/perusahaan harus mampu memanfaatkan website, email, dan jejaring sosial dengan baik untuk promosi dan penjualan produk/jasa atau publikasi kebijakan.

Untuk itu, diperlukan SDM atau tenaga-tenaga yang ahli, minimal paham, bagaimana mendesain website yang baik, mengelola konten (content editor), dan menjadi admin media sosial.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Meredesain atau memperbaiki tampilan website instansi/perusahaan agar sesuai dengan visi, misi, dan citra instansi/perusahaan.
  2. Mengusai teknik SEO untuk mendongkrak popularitas website di mesin pencari dan di kalangan user/pengunjung.
  3. Mampu menulis konten (posting) website yang baik sehingga SEO Friendly dan User Friendly
  4. Mampu memanfaatkan media sosial guna mendukung popularitas website.
  5. Mampu mengelola media sosial dengan baik sebagai sarana “humas online” atau “marketing online”.

KISI-KISI MATERI

1.    Desain Website redesain website sehingga tampil elegan, mencitrakan visi-misi perusahaan/instansi, fast loading, dan user friendly.

2.    Teknik SEO –optimalisasi website sehingga mudah terindeks mesin pencari, terutama Google, dan menaikkan trafik pengunjung (popularitas website).

3.    Content Writing –mengelola isi (posting) website dengan konten yang khas online (online writing) sehingga mudah dipindai (scanned), SEO Friendly, dan User Friendly, termasuk cara menulis berita/artikel online dan promosi online, dan tidak melupakan “konten/menu wajib” sebuah website instansi/perusahaan.

4.  Manajemen Media Sosial – teknik mengelola media sosial (terutama facebook, twitter, instagram, dan youtube) sehingga mendukung popularitas website.

TARGET PESERTA

Workshop ini terbuka untuk umum, dari berbagai latar belakang profesi dan disiplin ilmu, lebih khususnya kalangan Humas/Public Relations, Corporate Communications, Corporate Secretary, Bagian Komunikasi & Informasi, atau yang bertugas mengelola website instansi dan media sosial (media online).

PERALATAN YANG DIBAWA PESERTA

Setiap peserta wajib membawa laptop/netbook/ipad untuk kepentingan praktik langsung selama pelatihan.

JADWAL  PELATIHAN

Pelatihan Pelatihan Menulis Konten Website dan Media Sosial ini membutuhkan waktu dua hari, namun bisa saja dipadatkan menjadi sehari saja, dibagi dua sesi — penulisan konten website dan manajemen media sosial.

Jika Instansi/Perusahaan Anda ingin menyelenggarakan Inhouse Training dengan tema manajemen konten website dan media sosial, dan butuh pemateri, silakan kontak saya di laman Kontak.

Note: Posting ini update posting sebelumnya berupa promosi pelatihan menajamen website dan media sosial instansi/perusahaan yang diselenggarakan sebuah EO Pelatihan di Bandung.

 

 

Related Post

Tips Menulis di Media Online dari Kaplitz By ASM. Romli Menulis di media online berbeda dengan menulis di media cetak dan elektronik (radio/TV). Seorang konsultan “Audience Research & D...
Jurnalistik Online – Sejarah, Prinsip, dan Keunggu... Pengertian Jurnalistik Online Jurnalistik Online adalah aktivitas jurnalistik yang memanfaatkan internet sebagai medianya sehingga dapat diakses seca...
Inhouse Training: Pengertian dan Fungsi Inhouse Training: Pengertian dan Fungsi Posting tentang Pengertian dan Fungsi Inhouse Training (IHT) ini saya tulis setelah menerim pesan WA berisi...
Karakteristik Jurnalistik Online Jurnalistik Online. Penerbit Nuansa Bandung. Order: www.nuansa.co Pengertian dan Karakteristik Jurnalistik Online. JURNALISTIK online (online j...

COMMENTS