Pengertian, Jenis, Peluang, dan Cara Menjalankan Bisnis Online

251 views

bisnis onlineBisnis Online adalah usaha yang dijalankan secara online menggunakan jaringan internet.

Pengertian Bisnis Online secara praktis adalah menjalankan usaha dengan memanfaatkan internet atau mendapatkan penghasilan dari internet.

Jenis-jenis bisnis online antara lain membuka toko online, promosi dan berjualan di media sosial, menjadi publisher Google AdSense, dan mengikuti program afiliasi (affiliate marketing).

Syarat utama untuk menjalankan bisnis online adalah komputer atau gadget, akun email, website atau blog atau media sosial, dan koneksi internet.

Peluang Bisnis Online

Bisnis Online bisa dan biasa dijalankan di rumah, tanpa kantor. Laman Kompas menyebutkan 6 Jenis Peluang Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal.

Bisnis online rumahan tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Berikut ini adalah enam jenis peluang bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah.

1. Ads Publisher: Pengiklan Website

Cara menjalankan bisnis online jenis ini adalah dengan membuat website dan mengisinya dengan konten yang menarik. Jumlah pengunjung yang banyak akan membuat web Anda populer. Popularitas itulah yang membuka pintu datangnya uang, misalnya ada yang beriklan dan menjadi publisher Google AdSense.

2. List Building: Sebagai Pembangun List

Untuk menjalankan bisnis ini Anda membutuhkan sebuah ketelitian yang benar-benar baik. Dalam bisnis ini Anda akan bermain dengan data. Umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan. Data yang diambil juga bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomor WhatsApp, BBM, dan list tersebut juga bisa dikelompokan berdasarkan usia, gender, dan sebagainya.

3. Affiliate Marketer: Memasarkan Produk 

Dikenal juga dengan sebutan bisnis affiliate marketing. Anda harus bisa menemukan target market yang jelas dan sistem pendapatan pada bisnis ini adalah sistem komisi. Anda akan memasarkan dan menjual produk, misalnya harga dari produk tersebut sekitar Rp10.000 dan bisa dijual hingga Rp50.000 artinya Rp40.000 akan menjadi milik Anda.

4. Online Shop.

Toko Online adalah jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak modal. Toko online tidak membutuhkan toko fisik atau sebuah bangunan toko. Anda hanya memerlukan gadget dan pandai dalam berbicara. Pastikan jika spesifikasi barang yang dijual sesuai dengan aslinya.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online

5. Pay Per Post/Content Writer/Penulis

Menjadi seorang penulis atau content writer juga termasuk bisnis online. Anda membutuhkan keterampilan menulis dan pengetahuan luas.

Banyak pemilik website yang membutuhkan penulis konten. Banyak juga situs yang membuka peluang menjadi penulis lepas.

6. Menjual/Menawarkan Jasa

Peluang bisnis online lainnya adalah menjual jasa. Anda bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan sebagainya. Dalam bisnis ini, Anda membutuhkan sebuah komputer dan koneksi internet.

Demikian ulasan ringkas seputar pengertian bisnis online, peluang, dan cara menjalankannya. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Bisnis Online internet

Related Post

Leave a reply