Pengertian Komunikasi Manajemen, Bukan Manajemen Komunikasi (Mankom)

Pengertian Komunikasi Manajemen, Bukan Manajemen Komunikasi (Mankom)

komunikasi manajemenISTILAH Komunikasi Manajemen (management communication) adalah istilah yang baru saya dengar dari seorang kolega.

Katanya, ia diberi amanah mengampu mata kuliah baru itu.

Ingat ya, namanya Komunikasi Manajemen, bukan Manajemen Komunikasi yang sudah populer.

Dari berbagai literatur, kita mendapati pengertian Komunikasi Manajemen (Mankom) adalah manajemen yang diterapkan dalam kegiatan komunikasi. Manajemen Komunikasi merupakan perpaduan konsep komunikasi dengan teori manajemen untuk diaplikasikan dalam berbagai setting komunikasi.

Pengertian Komunikasi Manajemen

Ketika saya diminta pandangan tentang istilah Komunikasi Manajemen, saya bilang, pengertian Komunikasi Manajemen tergantung pada maksud atau makna kata manajemen dalam istilah tersebut.

IMHO, pengertian manajemen dalam istilah komunikasi manajemen ada dua:

  1. Komunikator (aktor, pelaku, subjek)
  2. Konsep (ilmu, teknik, keahlian)

Jika yang dimaksud “komunikator”,  maka komunikasi manajemen adalah proses dan teknik komunikasi yang dilakukan para pemimpin (leaders), manajer, atau bos yang ada di level manajemen.

Jika yang dimaksud “konsep”, maka komunikasi manajemen adalah proses dan teknik komunikasi yang berisi pesan (message) atau informasi terkait perencanaan, rapat, eksekusi program, pengendalian, evaluasi, dan lainnya sebagaimana terangkum dalam prinsip, fungsi, atau unsur POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).

Sebagai perbandingan, pengertian komunikasi manajemen yang kedua seperti halnya pengertian komunikasi politik, komunikasi dakwah, atau komunikasi pembangunan.

Komunikasi Manajemen = Komunikasi Manajer (Pimpinan)

Istilah Komunikasi Manajemen (Managemen Comunications) antara lain saya temukan di laman Universitas Virginia.

Dari uraian di laman tersebut, saya menyimpulkan, komunikasi manajemen artinya adalah proses dan teknik komunikasi yang dilakukan para pemimpin (leaders), manajer, atau bos yang ada di level manajemen.

Leaders who make a difference in the world of practical affairs depend on excellence in communication. Communication is central to both the daily lives of managers as well as the differentiator that makes for exceptional leaders.

Dengan demikian, manajeman dalam istilah komunikasi manajemen memiliki pengertian sebagai “aktor” (pelaku, subjek, komunikator) sehingga disebut juga dengan istilah komunikasi manajerial (managerial communications).

Istilah Komunikasi Manajemen juga saya temukan di laman Chron dalam “Effectif Communication Important Management “.

Disebutkan, seorang manajer atau pimpinan harus memiliki kemampuan komunikasi  (communication skills) yang baik agar menjadi problem solver, motivator, memiliki hubungan baik dengan bawahan atau tim yang dipimpinnya, meningkatkan produktivitas, dan lain-lain.

Di situs yang sama, kita juga bisa menemukan artikel berjudul “Effective Management Communication” yang berisi teknik komunikasi efektif seorang manajer atau pimpinan melalui:

  1. Komunikasi Email
  2. Komunikasi Tatap Muka (One-on-One Communication, Face to Face)
  3. Presentasi
  4. Pemanfaatan Spreadsheets
  5. Laporan Tertulis (Written Reports)

Managers must be able to effective write about their progress, challenges, budgets, operations, human resource issues, legal matters. Clear, professional, well worded and concise writing are assets. When reading a report, readers usually want clear, easy-to-understand and brief, to the point writing.”

Demikian Pengertian Komunikasi Manajemen (Management Communications), bukan Manajemen Komunikasi (Communication Management, Mankom) ya.

Intinya, komunikasi manajemen adalah proses atau teknik komunikasi pimpinan dalam sebuah instansi, perusahaan, lembaga. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Referensi
https://www.darden.virginia.edu/faculty-research/academic-areas/communication/
https://smallbusiness.chron.com/effective-management-communication-3186.html
https://work.chron.com/effective-communication-important-management-27001.html

Related Post

Pengertian dan Teknik Menulis Esai Pengertian dan Teknik Menulis Esai ESSAY (esai) secara lughawi atau bahasa (Inggris) artinya (1) karangan, esei (sastra) dan (2) skripsi. Menuru...
Pelatihan Komunikasi – Ramadhan DD Hong Kong... Pelatihan Komunikasi - Ramadhan DD Hong Kong 2012 Organized by Dompet Dhuafa Hong Kong & DDHK News (www.ddhongkong.org) Pelatihan Komunikasi...
Komunikasi Dakwah: Komunikasi Persuasif Dakwah sudah pasti sebuah komunikasi, tepatnya komunikasi persuasif, karena hakikat dakwah adalah mengajak (da’a, yad’u, da’watan). Namun, komunikasi ...
Pengertian Komunikasi – Ragam Definisi Komun... Komunikasi memiliki banyak arti. Pengertian komunikasi dikemukakan oleh banyak ahli. Definisi Komunikasi pun beragam. Kata atau istilah komunikasi ...

COMMENTS