Pengertian Mengangkang

281 views

KBBI OnlineLarangan wanita duduk mengangkang di sepeda motor sedang menjadi “hot issue” di media. Pemkot Lhokseumawe, Aceh, mengeluarkan/mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan duduk “mengangkang” bagi wanita di sepeda motor.

Para pelanggar akan dikenai sanksi. Seperti diberitakan media, alasan larangan itu agar agar marwah dan martabat wanita tetap terhormat di jalan raya; jika duduk mengangkang seakan-akan wanita itu seperti laki-laki; dan agar wanita  terhindar dari duduk peluk-pelukan dengan laki-laki yang bukan muhrimnya di atas sepeda motor.

Penasaran, saya coba cari arti mengangkang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Saya tulis “mengangkang”. Tidak ada! Ketik “ngangkang”, kagak ada juga! Saya tulis “angkang”, ora ono!

Saya berpikir, kamus bahasa Indonesia belum melegalkan (mengakui) istilah mengangkang yang sedang populer ini. Oooh…. ternyata eh ternyata, kata dasarnya “kangkang”. Maka, ketika saya ketik “kangkang”, muncullah asal-usul kata mengangkang itu dalam KBBI sebagai berikut:

  • kang·kang n 1 celah di antara pangkal kedua paha; 2 jarak antara kaki kanan dan kaki kiri (tt kaki yg terbuka); 3 kelangkang; 4 bagian celana (seluar) di bawah pantat atau bagian depan celana (tempat kancing); pesak;
  • me·ngang·kang v berdiri (duduk, tidur, berjalan) dng kaki terbuka lebar: duduklah yg baik, jangan ~ spt itu; 
  • me·ngang·kangi v 1 berdiri mengangkang di atas sesuatu; 2 ki mengambil kepunyaan orang lain dng tidak sah; hendak menguasai sendiri: dia ~ harta peninggalan orang tuanya sehingga adik-adiknya terlantar; 3 menzinahi; menggagahi: betapa terkutuknya orang itu krn ~ anaknya sendiri;
  • me·ngang·kang·kan v membuka kaki lebar-lebar;
  • ter·kang·kang v terbuka lebar (tt kaki): dng kaki ~ ia melompati parit itu

Download KBBI V.1.3

 

arti mengangkang duduk mengangkang kangkang pengertian mengangkang

Related Post

Leave a reply