Dasar-Dasar Jurnalistik: Pengertian News Peg, News Hook, dan News Angle

Dasar-Dasar Jurnalistik: Pengertian News Peg, News Hook, dan News Angle

Dasar-Dasar Jurnalistik: Pengertian News Peg, News Hook, dan News Angle

berita-jurnalistik-newsBerita (News) adalah laporan peristiwa aktual, faktual, penting, dan menarik.

Dalam sebuah peristiwa ada yang namanya News Peg —disebut juga News Hook dan Story Hook.

News Peg adalah pasak berita, pelatuk berita, momentum berita, cantelan berita, pokok berita, topik atau peristiwa aktual, atau situasi yang menjadi nilai berita (news value).

News Peg menjadi pertimbangan utama media/wartawan untuk menuliskan dan mempublikasikan suatu berita.

The Oxford Pocket Dictionary (2009) mengartikan News Peg sebagai an aspect or angle of a story that makes it newsworthy”  –aspek atau sudut pandang (angle, perspektif) sebuah peristiwa yang membuatnya bernilai berita atau patut dijadikan berita.

Namun, ada juga yang membedakan News Peg dengan Angle.

  • Banjir adalah Angle.
  • News Peg-nya adalah korban banjir atau warga yang mengungsi.

Ada juga yang membedakan antara News Peg dan News Hook. “People always get confused between a news peg and a hook,” katanya (understandingmarketing.com) .

Orang-orang selalu bingung antara pasak berita dan kail . Contoh: reformasi perawatan kesehatan merupakan News Peg. Aksi demo di pusat kota untuk memprotes rencana perawatan kesehatan tersebut adalah Hook.

Reporter yang meliput sebuah peristiwa biasanya sudah tahu atau ditugaskan untuk fokus pada News Peg yang diangkatnya dalam berita.

Penerbit buku juga biasanya mengacu pada News Peg. Buku bertema puasa tentu akan pas diterbitkan menjelang bulan Ramadhan.

Demikian pengertian Pengertian News Peg, News Hook, dan News Angle. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Contoh Berita Tidak Akurat alias Ngawur di Media O... KREDIBILITAS media online diragukan karena sering menyajikan berita tidak akurat. Akurasi merupakan salah satu kaidah jurnalistik. Akurasi dan disipli...
Menjadikan Facebook sebagai Sumber Berita DI Facebook memang banyak "sampah" --keluh kesah, sumpah serapah, dan ratapan-ratapan layaknya di Dinding Ratapan Yahudi di Jerusalem. Namun, jika kit...
Judul Berita ‘Centil’ ala Republika “Sstt...Facebook Islami Tak Hanya 'Jualan' Sarana Pertemanan Saja Lho”, “Alhamdulillah, Komunitas Muslim British Columbia Bangun Masjid Pertama”, “Gaw...
Contoh Berita Tidak Berimbang (Kode Etik Jurnalist... BERITA harus berimbang (balance). Wartawan harus menulis berita secara berimbang. Ini kode etik jurnalistik. Bahkan, keharusan berita berimbang ini di...

COMMENTS (1)

  • comment-avatar
    Hasyim Arya Damar May 7, 2013

    mau copy ini dong buat materi kuliah, thanks