Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi: Pendekatan Praktis

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi: Pendekatan Praktis

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi: Pendekatan Praktis

komputer-internetTULISAN tentang Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) ini tidak dimaksudkan sebagai ulasan lengkap dan ilmiah (akademis) tentang TIK.

Makanya, judul posting ini ditambah “Pendekatan Praktis”, maksudnya “untuk diterapkan” atau “untuk diamalkan” khususnya bagi mereka yang masih awam dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, khususnya TIK Internet.

Istilah TI (baca: te-i) sering juga disebutkan dalam bahasa Inggrisnya, IT (baca: ai-ti), singkatan dari Information Technology.

TI juga sering disebut dengan istilah TIK, yaitu singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bahasa Inggrisnya: ICT, Information and Communication Technology.

Penyebutan TI dan TIK tidak keliru karena TI juga mencakup Teknologi Komunikasi, sebagaimana disebutkan dalam pengertian atau definisi TI oleh para ahli di bawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Banyak pengertian Teknologi Informasi yang disampaikan para ahli.

Saya memilih yang paling “praktis” dan mudah dipahami, yaitu dari Martin dan William & Sawyer.

Martin: Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

(Martin, E. 1999. Managing Information Technology What Managers Need to Know (3rd ed.). New Jersey: Pearson Education International).

William & Sawyer: Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video

(Williams & Sawyer. 2003. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. London: Career Education).

Dari dua pengertian TI di atas, jelas, TI termasuk alat produksi informasi, seperti komputer, dan teknologi atau media penyebarluasan, penyampaian, atau publikasi informasi yang menggunakan teknologi juga, seperti internet.

Saya tambahkan definisi ICTs dari Prof. Priya Kale:

“ICT stand for information and communication technologies and is defined, as a “diverse set of technological tools and resources used to communicate, and to create, disseminate, store, and manage information.” (Sumber).

“TIK singkatan dari teknologi informasi dan komunikasi dan didefinisikan, sebagai “seperangkat alat dan sumber teknologi yang beragam yang digunakan untuk berkomunikasi, dan untuk menciptakan, menyebarkan, menyimpan, dan mengelola informasi. “

Meski demikian, ada juga yang membedakan pengertian TI dan TK sebagaimana tercantum di laman Wikipedia berikut ini:

Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Ringkasnya: teknologi yang memproses atau memproduksi informasi.

Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Ringkasnya: teknologi penyebarluasan atau penyampaian informasi.

Ruang Lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dari pengertian TI dan TIK di atas dapat disimpulkan, TI/TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Ruang lingkup TI atau TIK itu luas, meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)

  1. Hardware: Komputer, HandPhone/SmartPhone, Modem.
  2. Software: Microsoft Office, MS Word, MS Excel, Power Point, Web Browser, CorelDraw, PhotoShop, Anti-Virus, dll.

Demikian Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan perluasan dari TI dengan menggabungkan konsep Teknologi Komunikasi dalam Teknologi Informasi. Hal ini disebabkan begitu kuatnya keterikatan antara Teknologi Informasi dengan Teknologi Komunikasi. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Baca Juga: Pengertian dan Dasar-Dasar Internet

COMMENTS