Penulisan Kata Respons dan Audiens

Penulisan Kata Respons dan Audiens

KATA “respons” (response) dan “audiens” (audience) tampaknya masih belum tergantikan dengan terjemahan bahasa Indonesianya. Dalam percakapan sehari-hari, public speaking, presentasi, dan dalam tulisan akademik dan tulisan populer di media, kedua kata tersebut masih digunakan dalam “aslinya”, namun dengan penulisan “Indonesia”.

Kata respons dan audiens banyak digunakan dalam pembicaraan dan kajian tentang komunikasi. Respons adalah reaksi, tanggapan, atau umpan balik (feedback). Audiens adalah hadirin, publik, penonton, pemirsa, pendengar.

Penulisan kata respons yang benar (baku)
Penulisan kata respons yang benar (baku) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu respons (menggunakan “s”), bukan respon.

res·pons /réspons/ n tanggapan; reaksi; jawaban: — masyarakat thd rencana perbaikan kampung sangat baik; me·res·pons v memberikan respons; menanggapi. (KBBI)

Penulisan kata audiens yang benar (baku) 
Kata audiens berasal dari bahasa Inggris: audience. Menurut kamua bahsa Inggris, audienceartinya (1) (para) hadirin, penonton, pendengar.

Penulisan kata audiens yang benar (baku) belum kita temukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Yang ada hanya baru kata “audiensi”, berasal dari kata “audiency” dalam bahasa Inggris.

au·di·en·si /audiénsi/ n 1 kunjungan kehormatan; 2 pengunjung atau pendengar suatu ceramah dsb;  ber·au·di·en·si v melakukan audiensi: gubernur ~ dng para ulama

Kita tidak tahu mengapa KBBI hanya mencantumkan kata audiensi, namun “lupa” memasukkan kata “audiens” yang tidak kalah penting dan populer, khususnya dalam konteks pembicaraan tentang komunikasi –terutama komunikasi massa atau komunikasi media.

Mengacu pada kata baku audiendsi, maka penulisan kata audiens yang benar tampaknyaaudiens (menggunakan “s”), bukan audien.

Dalam literatur komunikasi, secara harfiyah audiens identik dengan khalayak atau publik. Audiens adalah sekumpulan orang yang menjadi pembaca, pendengar, dan pemirsa berbagai media atau komponen beserta isinya, seperti pendengar radio dan atau penonton televisi.

Kata audiens menjadi mengemuka ketika diidentikan dengan “receivers” dalam model proses komunikasi massa (source, channel, message, receiver, effect) yang dikemukakan oleh Wilbur Schramm (1955).

Dalam media, audiens dapat diartikan sebagai pasar dan program yang disajikan merupakan produk yang ditawarkan. Pada dasarnya audiens merupakan sekumpulan orang yang membaca, mendengar, menonton berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Dalam konteks media online (internet), audiens disebut “pembaca” (reader), “pengguna” (user), dan “pengunjung” (visitor). Wasalam.

* Posting ini juga bisa dibaca di Blogger

Related Post

Penulisan Kata “Amin” yang Benar Penulisan Kata "Amin" yang Benar: Amin, Amien, Amiin, Aamin, atau Aamiin? DI banyak forum, terutama Facebook, sering muncul “protes” atas penulisan...
Penulisan Hari Ulang Tahun (HUT) yang Benar KITA sering membaca tulisan Hari Ulang Tahun (HUT) seperti ini: " HUT Kemerdekaan RI ke-68", "Merayakan HUT Organisasi ANU yang ke-10," atau "Peringat...
Penulisan HUT Kemerdekaan RI 2015 yang Benar SEKADAR update posting lama tentang Penulisan Hari Ulang Tahun (HUT) yang Benar, mengingat 17 Agustus 2015 bangsa Indonesia merayakan atau memperingat...
Gunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami "Kalau pembaca tidak bisa mengerti apa yang Anda tulis, lalu buat apa menulis? Kalau pembaca tidak bisa memahami apa yang ada dalam berita Anda, maka ...

COMMENTS