Penulisan Kata Terima Kasih yang Benar

terima kasihKata “terima kasih” (syukron -Arab, thank you -Inggris) termasuk salah satu “magic words” (kata sakti) yang dapat mengeratkan hubungan baik dengan sesama manusia, termasuk hubungan atasan-bawahan, orangtua-anak, kakak-adik, majikan-pekerja, dan sebagainya.

Entah berapa juta kali per hari kata terima kasih diucapkan oleh manusia di dunia ini dengan berbagai bahasa.

Kita terbiasa mengucapkan kata “terima kasih”. Namun, sudah terbiasa pulakan kita menuliskan kata “terima kasih” dengan benar? Emang penulisan kata terima kasih yang benar atau baku gimana sih? Dipisah! Penulisan kata “terima kasih” yang benar dipisah antara “terima” dan “kasih” jadi “terima kasih”, bukan disatukan –terimakasih.

Sok aja buktiin. Buka deh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan cari kata “terimakasih“, maka yang muncul “Tidak menemukan kata yang sesuai dengan kriteria pencarian!!!” Nah loh, tanda serunya tiga pula!

Coba sekali lagi. Kali ini penulisan kata terima kasihnya dipisah deh, terima kasih, maka akan keluar:

te·ri·ma ka·sih n rasa syukur;
ber·te·ri·ma ka·sih v mengucap syukur; melahirkan rasa syukur atau membalas budi setelah menerima kebaikan dsb

Posting ini “sekadar” menjawab pertanyaan kawan yang konsultasi via inbox Facebook tentang penulisan kata terima kasih yang benar.

Jadi, jelas ya, penulisan terima kasih yang benar itu dipisah, terima kasih, tidak disatukan —terimakasih.

Bagaimana kalo dalam suasana informal? Ya… kalo komunikasi informal, misalnya antarpersonal, maka bebas sajalah menuliskan kata terima kasihnya. Yang penting bisa dimengerti, misalnya trims, thanks, thx, makasih, atau… maacih eaaa… (gaya alay ^_^).

Demikianlah “episode” penulisan kata terima kasih yang benar. Romeltea undur diri. Terima kasih…! Wasalam. (www.romeltea.com).

Next: Yang benar “nasihat”, “penasihat”, BUKAN “nasehat”, “penasehat”.

Related Post

Kata Baku: Sekadar, Bukan Sekedar! Kata Baku: Sekadar, Bukan Sekedar! Penggunaan kata baku masih menjadi hal langka. Salah satu contoh, kata "sekadar" sering ditulis dan diucapkan "s...
Penulisan Kata ‘Wali Kota’ yang Benar,... Penulisan kata wali kota yang benar itu dipisah, "wali kota", tidak disatukan jadi "walikota". Jadi, yang benar atau baku itu Wali Kota Bandung, bukan...
Transliterasi Arab-Indonesia, Bikin Pusing Aja! transliterasi arab-indonesia Transliterasi artinya "alih aksara". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), transliterasi artinya "penyalinan den...
Kata “Menghaturkan” Terima Kasih (Kata... U69QZKCSF9YP. Kita sering mendengar dan menggunakan ungkapan seperti ini: "Kami menghaturkan terima kasih atas kehadiran..." atau "Kami haturkan selam...

COMMENTS