Perbedaan Hard News dan Soft News

Perbedaan Hard News dan Soft News

Pertanyaan: Mas romli, saya ada pertanyaan, apa perbedaan berita hard news dan soft news? Bedanya terletak di mana mas? Terima kasih byk. 🙂

Jawaban: Ringkasnya, hard news itu berita keras, hangat, heboh, kadang menegangkan, mengerikan, mengagetkan, seperti berita politik atau bencana.

Soft News itu berita ringan, seperti berita selebritas, artis, dunia hiburan, wisata, peluncuran produk baru, atau berita pendukung Hard News.

Hard News Soft News

Hard News dan Soft News itu sama-sama berita kategori Straight News, yaitu berita lempang, to the point, lugas, seperti berita-berita yang biasa disajikan di halaman depan suratkabar/koran atau berita-berita di awal program berita radio dan televisi.

Berikut ini ulasan tentang perbedaan antara Hard News dan Soft News.

Penghertian Hard News

Hard News secara bahasa artinya berita keras. Hard News adalah berita-berita yang biasa menjadi berita utama (headline) yang sifatnya aktual, lugas, singkat, langsung ke pokok persoalan, yang segera dipublikasikan/secepatnya harus diketahui khalayak.

Umumnya hard news berupa berita politik, ekonomi, bencana, kerusuhan, dll.

Penulisan Hard News mengikuti struktur piramida terbalik (inverted pyramid) dengan bagian yang terpenting pada pembukaan berita.

Lead (teras) Hard News biasanya menggunakan struktur WHO WHAT WHEN WHERE WHY HOW — Siapa melakukan Apa Kapan Di Mana Kenapa dan Bagaimana.

Misalnya: Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala richter mengguncang Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Jumat (5/1). Pusat gempa berada di posisi 78 kilometer arah Timur Laut dan kedalaman 190 km serta tidak berpotensi menyebabkan tsunami. (ROL)

Pengertian Soft News

Soft News (berita lembut) adalah berita ringan, cencerung menghibur, dan laporan peristiwa yang “humanis” (manusiawi).

Prinsip penulisan Soft News tidak terikat pada struktur piramida terbalik. Yang akan ditonjolkan dalam berita lunak ini bukan unsur pentingnya, tetapi unsur yang bisa “menyentuh perasaan” khalayak (human touch) atau unsur “menghiburanya”.

Salah satu literatur jurnalistik menegaskan:

“Hard news generally refers to up-to-the-minute news and events that are reported immediately, while soft news is background information or human-interest stories.” 

“Politics, war, economics and crime used to be considered hard news, while arts, entertainment, and lifestyles were considered soft news”.

Hard News secara umum merujuk pada berita atau kejadian terbaru yang dilaporkan segera sedangkan Soft News adalah informasi latar belakang atau cerita bernuansa human interest.

Politik, perang, ekonomi, dan kejahatan biasa diberitakan dalam bentuk berita Hard News, sedangkan hiburan dan gaya hidup biasanya masuk kategori berita Soft News.

hard news vs soft news

Baca juga: Hardnews vs Softnews

Demikian pengertian sekaligus perbedaan Hard News dan Soft News. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Jurnalistik Syariah, Ada Gitu? Istilah "syariah" lagi "trend". Ada ekonomi syariah, keuangan syariah, bank syariah, asuransi syariah, dan... entah apa lagi. Lalu, adakah jurnalistik...
Jurnalistik Cetak Lebih Kredibel Mata kuliah yang aneh… Itu kesan pertama saya tentang Mata Kuliah Jurnalistik Cetak. Disikapi dengan “bijak”, terbukalah tabir mata kuliah ini untuk m...
Buku-Buku Komunikasi Praktis: Jurnalistik, Penyiar... Berikut ini daftar buku komunikasi praktis --jurnalistik, penyiaran, public speaking, mc, moderator, dan media online-- yang sudah saya tulis. Alamat ...
Pengertian Berita (Konsep Dasar Jurnalistik) Pengertian berita (news). Berita yaitu laporan atau informasi terkini tentang sebuah peristiwa. Ada peristiwa, lalu dilaporkan atau diinformasikan kep...

COMMENTS