Platform Blog Terbaik: WordPress vs Blogger

Platform Blog Terbaik: WordPress vs Blogger

Blogger-VS-WordPressBagus Mana: Blogger atau WordPress? Blogspot.com atau WordPress.com?

ADA dua platform atau situs tempat membuat blog gratis terpopuler di dunia saat ini, yaitu WordPress dan Blogger.

Kedua platform blog ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kesamaannya: dua-duanya gratis!

Bagi blogger pemula, dianjurkan menggunakan WordPress karena lebih simple, praktis, dan tidak harus dipusingkan soal desain dan SEO.

Perbandingan Blogger vs WordPress

Perbedaan utama platfom Blogger dan WordPress adalah soal KEPEMILIKAN & ADSENSE. Blogger milik Google. Ini kelebihan utama Blogger.

Blogger milik Google dan bisa menjadi Publisher Google AdSense. WordPress bukan milik Google dan tidak bisa dipasang Google AdSense, kecuali WP Selfhosting (WordPress.org).

Kelebihan WordPress adalah lebih mudah dan pemilik blog tidak usah lagi memikirkan SEO karena 90% SEO Blog WP sudah disetting oleh WP sendiri. Ini keunggulan WP.

Jadi, Blogger dan WordPress sama-sama unggul, sama-sama bagus. Maka, buat saja blog gratis di kedua platform itu. Beres ‘kan?

Berbagai statistik menunjukkan, WP lebih banyak digunakan daripada Blogger. Namun, itu karena WP ada dua versi:

  1. WordPress.com — gratis, dengan subdomain www.namablog.wordpress.com
  2. WordPress.Org –gratis, namun ini CMS atau Website Builder dengan Nama domain dan hosting sendiri (sewa/bayar). Contohnya adalah Blog Romeltea atau Romeltea ini.

Blogger (blogspot.com) juga bisa diubah menjadi www.namablog.com atau www.namablog.net dan Top Level Domain (TDL) lainnya, dengan cara membeli nama domain dan setting Custom Domain.

Contoh blog Custom Domain adalah Romeltea Media. Tadinya www.romelteamedia.blogspot.com, di-custom domain menjadi www.romelteamedia.com.

Lalu, sebaiknya ngeblog di mana? Blogger atau WordPress?

Saran saya, dua-duanya. Di Blogger bikin, di WP juga buat. Nanti saling tautkan dan saling dukung.

Postingannya nanti, di Blogger dulu, baru Copas ke WP. Biar nanti kalo daftar AdSense konten di Blogger tidak dianggap konten salinan (copy paste).

Jadi, Platform Blog Terbaik, WordPress atau Blogger? Yang sudah asyik di WP, akan bilang WP yang terbaik. Yang sudah merasakan indahnya kebersamaan bersama Blogger, akan mengatakan Blogger yang terbaik. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Blog Takkan Terkalahkan Facebook dan Twitter Facebook dan Twitter “membunuh” blog. Dunia Blogging pun “sekarat” (blog is dying). Banyak (kebanyakan?) blogger kini lebih memilih facebookan dan/ata...
Cara Membuat Password pada Halaman Blogspot Buat blogger blogspot, jika Anda ingin membuat halaman khusus yang akan di-private atau hanya bisa diakses oleh user tertentu, misalnya member atau te...
SEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunj... SEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog Para blogger dan web developer biasanya "sibuk" mencari plugin, script, atau tools, an t...
10 Alasan Blog Lebih Baik dari Facebook Blogging (ngeblog, punya blog) lebih baik daripada Facebook. Anda boleh saja "Facebook-mania", aktif banget di Facebook, tapi... "but if you’re not bl...

COMMENTS