Radio Personality adalah Penyiar Radio

Radio Personality adalah Penyiar Radio

192
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

dasar-dasar siaran radioISTILAH Radio Personality tidak sepopuler istilah lain untuk merujuk pada seorang penyiar radio, seperti Radio Host, Radio DJ, Radio Presenter, atau –terpopuler– Radio Announcer (Penyiar Radio).

Bahkan, mungkin juga banyak penyiar radio yang “unfamiliar” dan tidak tahu istilah Radio Personality. Padahal, Radio Personality = Penyiar Radio. Pemahaman tentang istilah dunia keradioan ini merupakan bagian dari dasar-dasar siaran radio (basic announcing).

Pengertian Radio Personality

Kita buka dulu deh apa kata “kamus istilah online terpopuler sejagat raya” , Wikipedia. Katanya, radio personality (harfiyah = “kepribadian radio”) –juga dikenal sebagai “radio host” atau “radio presenter”– adalah orang yang mengudara (on-air position) di radio siaran.

Radio Personality bisa merupakan seseorang yang mengenalkan dan mendiskusikan beragam genre musik, memandu perbincangan di radio (radio talk show) yang mengajak keterlibatan pendengar, atau seseorang yang secara khusus memiliki tanggung jawab utama menyiarkan berita, info cuaca, berita olahraga, atau informasi lalu-lintas. Siarannya bisa langsung (live) atau rekaman.

A radio personality (also known as a radio host or a radio presenter) is a person with an on-air position in radio broadcasting. A radio personality can be someone who introduces and discusses various genres of music, hosts a talk radio show that may take calls from listeners, or someone whose primary responsibility is to give news, weather, sports, or traffic information. The radio personality may broadcast live or use voice-tracking techniques. (Wikipedia).

On Air Personality

Istilah Radio Personality mirip dengan istilah lainnya, yaitu On Air Personality.

On Air Personality artinya kepribadian yang “ditunjukkan” oleh seorang penyiar selama siaran di radio. Bisa juga dipahami sebagai sikap (attitude) penyiar selama ia membawakan acara.

On Air Personality penyiar ditentukan dan “dibentuk” oleh format radio dan format program siaran.

Secara umum, On Air Personality penyiar adalah ramah, hangat, bersahabat (friendly), mudah akrab, dan “menjaga ucapan” selama siaran.

Mengapa Disebut Radio Personality?

Penyiar disebut Radio Personality karena penyiar adalah ujung tombak sebuah statiun radio. Dialah yang langsung berhubungan dengan pendengar, bahkan dengan klien (pemasang iklan), di udara.

Suara, kata-kata, dan sikap penyiar di udara mencerminkan atau merefleksikan identitas radio. Penyiar adalah “komunikator melembaga” (institutionalized communicator), yaitu berkomunikasi atas nama lembaga radionya, bukan atas nama dirinya pribadi.

Nama baik atau citra sebuah stasiun radio ditentukan juga oleh nama baik atau citra dan kepribadian penyiarnya. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY