SEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

SEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

SEOSEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog. Update Tips SEO Blog 2018.

Para blogger dan web developer biasanya “sibuk” mencari plugin, script, atau tools, an tips/trik/teknik Search Engine Optimization (SEO) agar situs/blognya terindeks oleh mesin pencari, utamanya Google.

Indeks Mesin Telusur menjadi andalan para blogger untuk mendatangankan pengunjung, pembaca, atau trafik.

Google juga memberikan panduan tentang cara membantu orang menemukan blog Anda.

Pengertian & Fungsi SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (pengoptimalan mesin telusur) atau Search Engine Optimizer.

Teknik SEO intinya mencari cara untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu. (Wikipedia).

Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Banyak teknik, tips, dan trik ditawarkan para pakar dan pemerhati SEO. Namun, yang utama adalah “buatlah blog/website yang bagus dengan isi yang bagus pula”. Buatlah konten berkualitas atau tulisan yang baru, asli, tulisan sendiri, unik, dan berguna bagi orang banyak.

Jadi, SEO terbaik sebenarnya cuma satu: buatlah konten berkualitas yang disukasi mesin pencari dan pengguna.

Itu pula yang disarankan Google dalam Bantuan Blogger dengan sebutan Konten yang Bermanfaat.

“Kunci dalam membuat situs web yang hebat adalah menciptakan pengalaman sebaik mungkin bagi pemirsa dengan konten asli dan berkualitas tinggi. Jika orang merasa situs Anda berguna dan unik, mereka mungkin akan kembali lagi atau menautkan konten Anda di situs web mereka. Hal ini dapat membantu menarik lebih banyak orang ke situs Anda seiring waktu,” tulis Google Blogger.

Disebutkan, saat mulai membuat konten atau postingan (tulisan/artikel) di blog, pastikan:

  • Berguna dan informatif: Jika meluncurkan situs untuk restoran, Anda dapat menyertakan lokasi, jam buka, informasi kontak, menu, dan blog untuk berbagi acara yang akan datang.
  • Lebih bernilai dan berguna daripada situs lain: Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing.
  • Dapat dipercaya: Tampilkan kredibilitas situs Anda dengan menggunakan sumber daya, kutipan, tautan, ulasan, dan testimoni asli. Biografi penulis atau testimoni dari pelanggan nyata dapat membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan situs Anda.
  • Kualitas tinggi: Sebaiknya situs Anda memiliki konten yang unik, spesifik, dan berkualitas tinggi. Konten sebaiknya tidak diproduksi secara massal atau dialihdayakan ke sejumlah besar situs lain. Perlu diingat bahwa konten Anda sebaiknya dibuat dengan tujuan utama memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung, bukan untuk memiliki peringkat tinggi di mesin telusur.
  • Menarik: Buat situs Anda berwarna dan terasa hidup dengan menambahkan gambar produk, tim, atau diri Anda sendiri. Pastikan pengunjung tidak terganggu dengan kesalahan ejaan, gaya, dan fakta. Iklan yang terlalu banyak juga dapat mengganggu pengunjung. Libatkan pengunjung dengan berinteraksi dengan mereka melalui pembaruan rutin, kotak komentar, atau widget media sosial.

​Content is King (Isi adalah Raja) sudah dikenal di dunia blogging. Itu terus berlaku. Kontenlah yang menjadi pembeda antara satu blog dengan blog lain.

Desain template atau tampilan blog bisa sama. Kecepatan loading blog bisa sama. Teknik SEO juga bisa sama. Pembeda utamanya adalah kualitas konten.

Google terus mengupdate algoritmanya. Fakta menunjukkan, postingan blog yang ada di peringkat teratas halaman depan hasil pencarian (SERP) umumnya adalah tulisan yang:

  1. Baru. Update. Fresh. Mesin telusur, khususnya Google, sangat menyukai tulisan yang baru. Blog yang jarang diupdate lama-kelamaan akan “tenggelam” atau menghilang di hasil pencarian.
  2. Lengkap. Istilahnya: Long Form Content. Umumnya konten yang ada di halaman satu Google adalah artikel yang detail, panjang lebar, dilengkapi foto, video, grafis.

Survei dan data menunjukkan, konten panjang (lengkap) lebih disukai mesin pencari dan pengguna.

konten lengkap

Tips SEO Dasar

Jangan lupakan tips seo dasar blog sebagaimana Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur untuk memastikan blog kita mudah terindeks atau dikenali mesin pencari.

Dua langkah terpenting adalah Submit URL dan Submit Sitemap, sebagaimana dikemukakan Google:

Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google. Hati-hati terhadap SEO yang mengklaim dapat menjamin peringkat, menyatakan memiliki “hubungan khusus” dengan Google, atau mengiklankan “pengiriman prioritas” ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Kenyataannya, satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah melalui laman Tambah URL kami atau dengan mengirimkan Peta Situs dan Anda dapat melakukannya tanpa biaya sedikit pun.

  1. Buka Submit URL. Masukkan alamat blog Anda.
  2. Lanjutkan dengan klik “Continue” dan seterusnya hingga menemukan link/menu Submit Sitemap.

Tips SEO dasar lainnya antara lain:

  1. Gunakan template yang ringan dan cepat (fast loading). Cek: Template Blog SEO Friendly.
  2. Pastikan kata kunci ada di permalink (URL), judul tulisan, awal kalimat, tengah tulisan, dan di akhir artikel.
  3. Sertakan minimal satu foto yang dioptimalkan pula SEO-nya dengan mengisi “Image Properties” (Alt Text & Title Text).
  4. Pastikan pula nama file gambar mengandung kata kunci, misalnya tips-seo.jpg.

 

Mengubah Title Tags

Jika Anda menggunakan platform blog Blogger dan menggunakan template bawaan blogger, ubah meta title tags menjadi SEO Friendly dengan cara sebagai berikut:

1. Tema > Edit HTML
2. Temukan kode ini di bagian atas template:

<title><data:blog.pageTitle/></title>

3. Hapus dan ganti dengan kode berikut ini:

<b:if cond=’data:blog.pageType == “item”‘>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title></b:if>

4. Save!

Jika Anda menggunakan blog selfhosted dengan CMS WordPress, jangan lupa gunakan Plugin Yoast SEO dan Plugin Wajib Pasang di WP lainnya.

Demikian dulu ulasan ringkas tentang SEO Terbaru dan Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog. Next time barangkali dilanjutkan. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Jurnalistik Online: 5 Kaidah Menulis di Media Onli... * Jurnalistik Online: Cara Menulis atau Menampilkan Tulisan di Media Online (Online Writing Style) * Berlaku juga buat Nulis Status Panjang di Face...
Inilah Tempat Membuat Aplikasi Android Gratis HP Android disebut-sebut menjadi trend baru bagi para pengguna ponsel. Pasalnya, Android merupakan sistem operasi Smartphone yang "mengerti" kemauan p...
Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang... Tips Menjadi Blogpreneur - Menghasilkan Uang melalui Blog. MOTIVASI awal ngeblog (blogging) sekadar menyalurkan hobi menulis, berbagi pengetahuan a...
Cara Memasang Kotak Twitter di Blog WordPress SEKADAR menyimpan catatan soal cara memasang kotak twitter di blog. Suka lupa euy tiap kali ganti template. Haruskah memasang kotak twitter di blog...

COMMENTS (1)