Sepuluh Tugas Pokok MC

Sepuluh Tugas Pokok MC

kiat_mcMaster of Ceremony (MC, Emcee, atau Emsi) memiliki 10 tugas pokok. Anda yang minat jadi MC bisa menjadikan sepuluh tugas pokok MC ini sebagai bahan latihan dan rujukan.

  1. Signal to Start. Mohon perhatian, acara akan segera dimulai.
  2. Salam. Assalamu’alaikum, selamat pagi.
  3. Sapa audiens. Hadirin yang kami hormati. [Sapa tamu khusus jika ada. Bapak Direktur Utama dan hadirin yang kami hormati].
  4. Kenalkan diri. Saya Romel tea, akan menjadi pemandu acara …
  5. Ingatkan acara. Family Gathering karyawan PT Romeltea Mediautama untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kekeluargaan antar-karyawan.
  6. Sampaikan susunan acara. Sunan acara yang akan kita ikuti adalah sebagai berikut, pertama, pembukaan; kedua, sambutan; dst.
  7. Kenalkan pembicara. Sambutan pertama dari ketua panitia acara –Asep. Hadirin, Pak Asep ini menjadi karyawan PT Romeltea Mediautama sejak perusahaan ini berdiri. Mengaku punya hobi mancing, Pak Asep tinggal di …. dst. Kepada Pak Asep, kami persilakan untuk menyampaikan sambutan singkatnya!
  8. Bridging. Menjembatani antar-pengisi acara, merangkaikan, menyambungkan.
  9. Thanks to audience, committee, and sponsors.
  10. Closing, menutup acara. (www.romeltea.com).

Lebih detail tentang MC dapat dibaca di buku Kiat Memancu Acara: Teknik MC dan Moderator. See Page “My Books”!

Related Post

Buku-Buku Komunikasi Praktis: Jurnalistik, Penyiar... Berikut ini daftar buku komunikasi praktis --jurnalistik, penyiaran, public speaking, mc, moderator, dan media online-- yang sudah saya tulis. Alamat ...
Latihan Olah Vokal untuk Penyiar & MC Latihan Olah Vokal maksudnya melatih pengucapan alat pelafalan kata, kekuatan suara, dan kekuatan serta kendali napas. Hal ini agar saat bertugas, pen...
Pelatihan MC dan Protokoler Jadwal Pelatihan MC dan Protokoler: Selasa – Rabu, 28 – 29 Mei 2013 Tempat: Hotel Gino Feruci, Jln.  Braga No. 67 Bandung Kesuksesan sebuah ...
Teknik Vokal untuk MC By ASM. Romli Teknik vokal merupakan hal penting bagi seorang MC (Master of Ceremony). Dengan teknik vokal seorang MC mampu mengeluarkan suara terb...

COMMENTS (9)

  • comment-avatar

    Isinya bagus pak…..sangat membantu saya yang baru belajar2 untuk menjadi public speaker dalam suatu event2 keluarga saja…..terima kasih. Pak Romeltea…..berharap ada artikel2 lainnya yg lebih menarik utk kemajuan skill saya….

  • comment-avatar

    thenks udah lama praktekan namun baru tahu kalau ternayta ada panduanya

  • comment-avatar

    matur nuwun sanget, infonipun…bermanfaat sekali

  • comment-avatar

    Halo, kang
    Boleh minta copy dari artikel ini, bagus isinya
    Terima kasih

  • comment-avatar

    makasih banyak gan, infonya.. beda bener sama website lain yang ngalar-ngidul ngasih infonya tapi hasilnya NIHIL 😀

  • comment-avatar

    Gak bisa dicopast

  • comment-avatar

    kereeeeenn,nuhun kang..