Silabus & Materi Kuliah Pengantar Jurnalistik

Silabus & Materi Kuliah Pengantar Jurnalistik

jurnalistik-terapan-bukuSilabus (RPS) & Materi Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik (Introduction to Journalism).

POSTING ini saya buat karena ada kampus di Bandung yang minta saya mengampu Mata Kuliah (MK) Pengantar Jurnalistik.

Selama menjadi dosen luar biasa alias dosen honorer (2000-2017), seingat saya baru sekali mengampu MK ini dengan nama MK Pengantar Ilmu Jurnalistik. Materi pokoknya sudah saya share di Dasar-Dasar Jurnalistik.

Selama ini MK yang sering saya ampu adalah Jurnalistik Radio dan Jurnalistik Online. Pernah juga MK Teknik Produksi Siaran Radio, Komunikasi Politik, Manajemen Program Siaran Radio, Manajemen Pers, dan Bahasa Jurnalistik.

Urgensi, Tujuan, dan Materi Kuliah Pengantar Jurnalistik

IMHO, Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik idealnya diberikan di semua jurusan. Pasalnya, profesi apa pun di masa kini dan masa depan akan berhubungan dengan dunia jurnalistik atau media massa.

Karena sifatnya pengantar (introduction), materi kuliah Pengantar Jurnalistik tidak harus mendalam. Mahasiswa pun tidak dituntut menguasai ilmu jurnalistik secara teknis (skills) sebagamana jurusan jurnalistik.

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengenal (knowing), memahami (understanding), atau memiliki pengetahuan dasar (basic knowledge) seputar dunia jurnalistik, khususnya mengenal cara kerja wartawan, lembaga pers (media), hukum dan etika jurnalistik, serta produk jurnalistik.

Mengacu pada silabus jurnalistik Univesity of Canberra, Learning Outcomes mata kuliah Introduction to Journalism adalah sebagai berikut:

1.Write a simple news story for the print media;
2.Complete basic research for a news story;
3.Be familiar with basic interviewing techniques;
4.Have an understanding of the role and responsibilities of journalism in contemporary and a working knowledge of basic ethical and defamation issues facing journalists.

Dengan demikian, untuk praktik, mahasiswa difokuskan pada keterampilan menulis berita dan teknik wawancara sebagai keterampilan dasar jurnalistik (basic skills of journalism).

Silabus Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik

Silabus Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik meliputi materi pokok sebagai berikut:

  1. Pengertian Jurnalistik — secara bahasa & istilah, termasuk asal-usul kata jurnalistik (etimologi).
  2. Sejarah & Perkembangan Jurnalistik — mulai Acta Diurna hingga Jurnalistik Media Online.
  3. Produk Jurnalistik — Jenis-Jenis Tulisan Jurnalistik, mulai berita, artikel, hingga feature, termasuk foto jurnalistik & video jurnalistik.
  4. Teknik Reportase — observasi, riset data, wawancara
  5. Bahasa Jurnalistik — bahasa media, bahasa pers, yaitu gaya bahasa yang digunakan wartawan dalam menulis berita.
  6. UU Pers & Kode Etik Jurnalistik — peraturan perundang-undangan dan etika profesi wartawan, termasuk pengertian dan jenis-jenis wartawan.
  7. Lembaga Jurnalistik (Pers/Media) — jenis-jenis lembaga pers, mulai cetak, elektronik (penyiaran), hingga media online (media siber).
  8. Manajemen Media — struktur lembaga pers mulai bagian redaksi, pemasaran, hingga bagian percetakan (printing) dan/atau IT/Web Design untuk media online.
  9. Jurnalistik & Media Online — Online Reporting & Writing, termasuk jenis-jenis media online.
  10. Penulisan Berita — pengertian, jenis-jenis berita, unsur, nilai, sumber, dan struktur naskah berita.

Setelah materi no. 10, perkuliahan berikutnya hingga UAS berupa praktik penulisan berita, reportase, wawancara, dan dipublikasikan di website pribadi (blog).

Mahasiswa diwajibkan membuat blog khusus untuk mempublikasikan hasil liputannya, khususnya berita, sekaligus berlatih mengelola media siber (news site).

Materi di atas disampaikan melalui metoder ceramah, presentasi, dan diskusi. Khusus poin 10, mahasiswa diwajibkan praktik reportase dan menulis berita, minimal berita lempang (straight news).

Setidaknya, selain memahami seluk-beluk dunia jurnalistik, mahasiwa memiliki keterampilan dasar menulis berita karena berita merupakan produk utama jurnalistik (karya utama wartawan).

Demikian sekadar berbagi ide tentang Silabus atau Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Materi Pokok Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Jurnalistik Bukan Monopoli Wartawan Aktivitas jurnalitik saat ini bukan lagi monopoli wartawan atau reporter media massa. Siapa pun bisa membuat berita dan menyebarluaskannya melalui blo...
Pengertian Bahasa Jurnalistik dan Contoh Penggunaa... Bahasa Media: Panduan Praktis Bahasa Jurnalistik, karya ASM. Romli, Batic Press Bandung. Tlp. (022) 7206964.* Pengertian Bahasa Jurnalistik dan Co...
Karakteristik Jurnalistik Online Jurnalistik Online. Penerbit Nuansa Bandung. Order: www.nuansa.co Pengertian dan Karakteristik Jurnalistik Online. JURNALISTIK online (online j...
Corporate Journalism: Jurnalisme Perusahaan Corporate Journalism (jurnalisme perusahaan) –disebut juga Brand Journalism-- dapat diartikan sebagai aktivitas atau aplikasi jurnalistik di sebuah pe...

COMMENTS