Teknik Dasar Public Speaking untuk Pemula

973 views

public speakingPublic Speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya.

Public Speaking sering diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia sebagai “pembicaraan publik”.

Pelaku, subjek, atau orang yang melakukan public speaking disebut “public speaker” (pembicara publik), orator, penceramah, atau khotib dalam khotbah Jumat.

Sejauh ini belum ada terjemahan yang pas untuk istilah public speaking. Yang jelas, public speaking adalah berbicara di depan orang banyak dan identik dengan pidato.

Pidato sendiri diartikan KBBI sebagai “pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak”. Orasi artinya pidato atau khotbah.

Terlepas dari pengertian harfiyah, yang jelas public speaking adalah berbicara di depan audiens dalam jumlah banyak.

Siaran radio dan televisi juga masuk kategori public speaking dari sisi komunikan atau audiens dalam jumlah banyak (publik).

Teknik Dasar Public Speaking

Berikut ini Teknik Dasar Public Speaking untuk Pemula, meliputi Dasar-Dasar Public Speaking sebagai berikut;

  1. Mengatasi gugup/grogi
  2. Persiapan
  3. Teknik Membuka
  4. Teknik Penyampaian & Penguasaan Materi
  5. Teknik Menutup

Mengatasi Gugup

Gugup, grogi, atau nervous biasa dialami public speaker. Penyebabnya takut gagal, takut salah, takut “ngeblank”, takut dicemooh.

Cara mengatasinya adalah pastikan Anda menguasai materi (topik). Sebelum tampil, tarik napas panjang dan embuskan berkali-kali. Penendang penalti dalam sepakbola juga biasa tarik napas sebelum menendang bola karena ia pun gugup.

Baca: Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking

Persiapan

Jangan pernah melakukan public speaking tanpa persiapan. Dalam masa persiapan ini, lakukan latihan di depan cermin bahkan di depan kucing peliharaan Anda sebagai “wakil” audiens.

Pastikan pula Anda menguasai materi. Perbanyak baca referensi seputar topik yang akan dibicarakan.

Jika Anda seorang ketua panitia acara, siapkan ucapan terima kasih kepada sponsor, pendukung acara, anggota panitia, pihak berwenang, dan tujuan acara.

Teknik Membuka

Banyak cara membuka public speaking. Paling umum dan gampang adalah, setelah salam, langsung mengemukakan topik pembicaraan.

Contohnya, bismillah, assalamu’alaikum, hadirin, saya akan berbicara tentang hoax, pengertian hoax, dan bagaimana mengenalinya.

Selengkapnya: Cara Membuka Pidato.

Teknik Penyampaian & Penguasaan Materi

Teknik menyampaikan materi pidato termudah adalah kronologis. Dalam contoh pembukaan di atas, pembicaraan dimulai dengan mengemukakan kasus hoax terbaru atau terheboh, lalu pengertian hoax, dan mengemukan ciri-ciri hoax.

Untuk menguasai materi, supaya tidak “ngeblank”, kita bisa lakukan salah satu dari empat cara menguasai materi berikut ini:

  1. Membaca naskah. Menuliskan materi pidato lalu “membacakannya” dari awal sampai akhir. Jika ini yang dipilih, jangan lupa sesekali arahkan pandangan kepada audiens.
  2. Menghafalnya (memoriter). Materi pidato ditulis lalu dihafal kata demi kata. Teknik ini berisiko lupa dan gagal menyampaikan materi.
  3. Menyiapkan Outline atau garis besar materi pidato (ekstempore). Ini teknik penguasaan materi terbaik, perpaduan nomor 1 dan 2. Tuliskan pokok-pokok materi dan alur pembahasan di secarik kertas, misalnya 1. pengertian hoax, 2. ciri-ciri hoax, dan bawa ke podium. Jangan sungkan melihat “contekan” itu karena sekaliber Barack Obama pun melakukannya!
  4. Slide PowerPoint dan Overhead Projector (OHP). Cara ini umumnya digunaan trainer, dosen, atau dalam konferensi pers.

Teknik Menutup

Mengakhiri atau menutup public speaking bisa dilakukan dengan cara meringkas materi, mengulang poin penting, mengutip pepatah atau kata-kata bijak, mengutip lirik lagu, bisa juga dengan pantun agar berkesan.

Tentu saja jika teknik kutipan yang dipilih, kutipannya “nyambung” dengan materi atau topik pembicaraan.

Sebelum, menutup dengan ringkasan atau kutipan, sampaikan dulu sinyal (tanda) bahwa pidato akan segera diakhiri. Misalnya, demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika tidak berkenan.

Demikian ulasan ringkas tentang Teknik Dasar Public Speaking untuk Pemula. Teknik Public Speaking selengkapnya bisa Anda baca di buku Lincah Menulis Pandai Bicara terbitan Nuansa. Wasalam. (www.romeltea.com).*

lincah menulis pandai bicara

cara pidato Pidato Public Speaking

Related Post

Leave a reply