Teknik Dasar Siaran Radio

318 views

kang romel penyiar radioTeknik Dasar Siaran Radio itu berkomunikasi kepada pendengar. Komunikasi artinya menyampaikan pesan kepada pendengar.

Pesan yang disampaikan penyiar antara lain informasi aktual, tips, judul lagu, penyanyi, dan informasi komersial (iklan adlibs).

Teknik Dasar Siaran Radio

1. Ngobrol

Siaran Radio hakikatnya ngobrol dengan pendengar. Karenanya, penyiar radio harus menggunakan gaya komunikasi interpersonal (antarpribadi) dengan pendengar, gaya percakapan, obrolan, alias conversational style.

2. Mengantarkan Lagu, Disk Jockey (DJ)

Teknik Dasar Siaran Radio itu mengantarkan lagu atau berbicara di antara satu lagu dan lagu lainnya. Sebelum dan sesudah memutarkan lagu, penyiar berbicara, membaca SMS, menerima telepon, atau menyampaikan informasi.

3. Visualisasi

Teknik dasar siaran radio lainnya adalah berbicara kepada SATU orang pendengar. Penyiar harus membayangkan pendengar ada di depan meja siarannya. Dia teman baiknya.

4. Senyum

Termasuk teknik dasar siaran radio adalah senyum. Penyiar radio harus mengeluarkan “suara senyum” (smiling voice) agar terkesan akrab, hangat, friendly!

Tugas penyiar adalah menemani seorang pendengar yang sedang mengerjakan tugas sekolah, nyopir di jalanan yang macet, pendengar yang sedang sendirian di ruang tunggu rumah sakit, dan sebagainya. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

dasar dasar siaran radio Penyiar Radio Siaran teknik dasar siaran

Related Post

Leave a reply