Teknik Vokal untuk MC

Teknik Vokal untuk MC

504
3
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

teknik mc dan moderatorBy ASM. Romli

Teknik vokal merupakan hal penting bagi seorang MC (Master of Ceremony). Dengan teknik vokal seorang MC mampu mengeluarkan suara terbaiknya, suara emas (golden voice), dan mengeluarkan ekspresi suara yang baik dan tepat.

Berikut ini hal hal yang harus diperhatikan seorang MC dalam berbicara (teknik vokal untuk MC). Teknik Vokal di bawah ini juga berlaku bagi penyiar radio, presenter televisi, dan public speaker.

1. Intonasi (Intonation).
Nada bicara yang pas, tepat, sehingga makna yang ditangkap hadirin pun sesuai dengan yang dimaksud. Dalam dunia tarik suara (bernyanyi) dikenal istilah  “pitch”, yaitu pengambilan nada yang tepat. Latihan: ucapkan kata “bagus” dan “aduh” dengan intonasi yang berbeda!

2. Artikulasi (articulation).
Pelafalan atau pengucapan kata demi kata secara benar dan jelas. Contoh, MC harus mampu mengucapkan kata dalam bahasa Inggris, “head, hart, health, heart” dengan benar. Latihan: ucapkan berkali-kali dan makin cepat “kepada kepala siapa kelapa itu menimpa”.

3. Aksentuasi (accentuation).
Penekanan (stressing) pada kata-kata tertentu yang dianggap penting.

4. PemenggalanKalimat (Phrasering).
Pemenggalan kata yang pas, menjaga “kesatuan kalimat”, sehingga mendukung makna yang tersurat dan tersirat. MC harus mampu menentukan di mana “koma” (jeda) yang pas –untuk “curi nafas”.

5. Infleksi (inflection).
Perubahan nada suara, lagu kalimat, yaitu intonasi yang tepat, terutama saat “jeda” (koma) dan saat “titik” (akhir kalimat). Suara meninggi (go up) saat jeda untuk menunjukkan adanya lanjutan kalimat dan merendah (go down) saat titik untuk menunjukkan akhir kalimat. Latihan! Ucapkan: “Saya datang ke sini, untuk menghadiri acara”; “Saya datang kesini, bersama teman-teman, untuk menghadiri acara”.

6. Kecepatan (Speed)
Kecepatan bicara (tempo/speed) hendaknya bervariasi. Sebuah riset menunjukkan kecepatan ideal berbicara dalam  bahasa Indonesia adalah 104 – 144 kata per menit.

7. Volume Suara.
Keras-lemahnya suara disesuaikan dengan “kebutuhan” dan suasana. Latihan: Ucapkan “Emsi harus menguasa teknik vokal dengan baik” (5x) dengan suara makin keras dengan nada tetap. Ulang 5x pula dengan suara makin lemah dengan nada tetap. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

3 COMMENTS

  1. Sampurasun,

    kumaha damang kang Romli?
    masih ngajar di BATIC ICMI JABAR
    Ajak-ajak atuh,..he,..he,..

    Thanx,

    Obay Barino
    085224005063

LEAVE A REPLY