Tiap Media Punya Agenda Setting

Tiap Media Punya Agenda Setting

media-online-situs-berita.jSetiap media massa memiliki Agenda Setting. Disebut Media Agenda Setting. Setiap media memiliki agendanya sendiri dalam pemberitaan, sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki.

Visi-misi media massa adalah “company philoshopy” yang menjadi “basic values” yang harus ditaati para wartawan dalam menulis berita. “Nilai-nilai dasar” baik yang sifatnya ideologis, politis, maupun ekonomis, menjadi acuan dalam penyusunan “editorial policy” sebuah media massa. 

Editorial Policy adalah kriteria layak-tidaknya sebuah berita dipublikasikan yang dalam dunia komunikasi massa disebut gatekeeping, yakni “a series of check point” yang dijaga oleh paragatekeeper (para redaktur rubrik). Sebuah berita harus melalui ”gate” tersebut sebelum sampai ke publik. Artinya, lolos-tidaknya sebuah peristiwa diberitakan (menjadi berita) bergantung pada hasil pengecekan tersebut, belum lagi ditambah “selera” redaktur yang subjektif.

Secara teroritis, setiap media memiliki “agenda-media” yang disetting sejak awal. Agenda dan gatekeeping  itulah yang “mengendalikan akses kita terhadap berita, informasi, dan hiburan” (Wilson).

Dalam perspektif teori komunikasi (massa) dikenal dengan “agenda-media setting theory” (Maxwell McCombs and Donald L. Shaw [1973]):

The Agenda-Setting Theory says the media (mainly the news media) aren’t always successful at telling us what to think, but they are quite successful at telling us what to think about”.

Agenda Setting juga didefinisikan sebagai proses di mana media massa menentukan apa yang kita pikirkan dan cemaskan (the process whereby the mass media determine what we think and worry about). Walter Lippmann (1922) menegaskannya:

“The media dominates over the creation of pictures in our headthe public reacts not to actual events but to the pictures in our head.”

Secara praktis, Agenda-Setting menentukan apa yang harus diberitakan sehingga menjadi “agenda publik” (public agendas), yakni isu utama yang menjadi bahan pembicaraan; diharapkan agenda publik nantinya menjadi “agenda kebijakan” (policy agenda) atau mempengaruhi “agenda politik” (political agenda) para pembuat kebijakan, yang pada akhirnya menentukan kebijakan publik (public policy).

  • Agenda Setting
  • Public Agenda
  • Policy Agenda
  • Political Agenda
  • Public Policy

The Media agenda is the set of issues addressed by media sources and the public agenda is the issues the public consider important (Miller, 2005).

Demikianlah, semua pemberitaan media melalui proses tertentu yang “dibingkai” (framing) berdasaran agenda-media, sehingga menimbulkan pengaruh dan interpretasi tertentu dan menciptakan “opini publik” (public opinion). Opini publik itulah yang mengendalikan pemikiran dan sikap masyarakat terhadap isu tertentu.

Maka, sadarlah, kita sudah dibohongi media massa, minimal oleh kebohongan yang “forgivable”! Karenanya, jangan terlalu percaya atau sepenunya yakin pada pemberitaan media, minimal jadilah “pembaca kritis”.

Lebih jelas tentang kebohongan media, jadilah penulis, wartawan, atau pengelola media massa. Idealnya, berpihaklah pada kebenaran dan publik. Dalam kamus media massa, parameter utama kebenaran adalah faktual –sesuai dengan fakta atau kenyataan—dan “doktrin kejujuran” (fairness doctrine). Maka, junjunglah kebenaran dan kejujuran itu, minimal dengan tidak memelintir fakta. “Fact is sacre!” menjadi pedoman baku para jurnalis profesional. (www.romeltea.com).*

Related Post

Menimbang Jurnalisme Militan – Pers Bawah Ta... Menimbang Jurnalisme Militan - Pers Bawah Tanah (Underground Press) WARTAWAN selalu punya "informasi rahasia" (off the record) yang tidak dipublika...
Media Harusnya Kritisi Pemerintah MEDIA massa (pers) harusnya mengawal dengan kritis jalannya pemerintahan. Namun, alih-alih menjadi "watchdog" penguasa, media --dalam hal ini media ar...
Media Massa: Pengertian, Karakter, Jenis, dan Fung... Pengertian Media Massa serta Karakter, Jenis, dan Fungsinya Media Massa (Mass Media) --sering disingkat jadi "media" saja-- adalah channel, media (...
Teknik Layout Majalah dan Buletin LAYOUT secara bahasa (Inggris) artinya  (1) susunan, tataruang (of magazine) atau (2) rancangan (of building, apartment). Kita biasa mengartikannya de...

COMMENTS