Tips Blogging: Konten Adalah Raja

Tips Blogging: Konten Adalah Raja

Konten Adalah RajaKonten Adalah Raja (Content is King). Istilah ini populer di kalangan blogger dan praktisi media online.

Isi adalah Raja maksudnya postingan blog merupakan penentu utama sukses blogging –banyak pengunjung, meraih popularitas, berpengaruh, dan… menghasilkan uang!

Content is King juga menggambarkan pengunjung memang datang ke blog kita, membuka blog kita, mayoritas melalui mesin telusur, khususnya Google.

Di Google itu pengguna internet mencari informasi yang mereka butuhkan. Informasi itu adalah konten. Jika konten blog kita cocok dengan yang dicari, maka blog kitalah yang disajikan Google di halaman hasil pencarian (SERP).

Konten Berkualitas: SEO Terbaik

Pengoptimalan Mesin Telusur (Search Engine Optimization, SEO) terbaik juga mengacu pada content is king. Artinya, tips SEO terbaik adalah menulis konten berkualitas sebagaimana disarankan Google:

  • Berguna dan informatif: Jika meluncurkan situs untuk restoran, Anda dapat menyertakan lokasi, jam buka, informasi kontak, menu, dan blog untuk berbagi acara yang akan datang.
  • Lebih bernilai dan berguna daripada situs lain: Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing.
  • Dapat dipercaya: Tampilkan kredibilitas situs Anda dengan menggunakan sumber daya, kutipan, tautan, ulasan, dan testimoni asli. Biografi penulis atau testimoni dari pelanggan nyata dapat membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan situs Anda.
  • Kualitas tinggi: Sebaiknya situs Anda memiliki konten yang unik, spesifik, dan berkualitas tinggi. Konten sebaiknya tidak diproduksi secara massal atau dialihdayakan ke sejumlah besar situs lain. Perlu diingat bahwa konten Anda sebaiknya dibuat dengan tujuan utama memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung, bukan untuk memiliki peringkat tinggi di mesin telusur.
  • Menarik: Buat situs Anda berwarna dan terasa hidup dengan menambahkan gambar produk, tim, atau diri Anda sendiri. Pastikan pengunjung tidak terganggu dengan kesalahan ejaan, gaya, dan fakta. Iklan yang terlalu banyak juga dapat mengganggu pengunjung. Libatkan pengunjung dengan berinteraksi dengan mereka melalui pembaruan rutin, kotak komentar, atau widget media sosial.

​Konten adalah raja menjadi pegangan dalam blogging. Jadi, gak usah ribet mikirin tampilan (desain), yang penting isinya update terus, unik, tulisan sendiri (bukan salinan aka copy paste) menarik, variatif, aktual, dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Tapi, meski konten adalah raja, desain tampilan juga perlu “good looking”. Jangan sederhana banget sehingga mengarah ke jelek.

Jadi, kita harus kombinasikan antara desain keren dan isi. Namun, jika harus memilih antara isi dan desain, ya pilih isi, baru tampilan.

Bukti konten adalah raja, kita sering menemukan blog biasa, dengan tema/template bawaan blogger, tapi bisa tampil di posisi teratas halaman satu SERP Google.

Saat menulis postingan, admin blogger itu mungkin “asal posting” saja, tanpa ribet mikirin seo, internal dan eksternal link, kata kunci, dan lainnya.

Namun, karena tulisannya lengkap, detail, dan “ilmiah” –seperti makalah atau tugas kuliah, maka jadilan konten itu raja dan memuncaki hasil pencarian.

Kesimpulan

Konten adalah raja. Conten is King. Sukses blogging diawali dengan fokus ke konten berkualitas, baru urusan desain atau tampilan yang ramah mesin pencari (SEO Friendly) –ramah seluler (responsive/mobile-friendly), ringan (fast loading), dan simple & clean. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Tips Bisnis Online untuk Pemula Tips Bisnis Online untuk Pemula. Menghasilkan Uang dari Internet dengan Blog/Website. BISNIS Online adalah usaha mencari penghasilan dengan memanfa...
Tips Menulis Posting Blog SEO Friendly Menulis posting blog SEO Friendly adalah kunci sukses blog, termasuk "blog for business" atau "toko online". Yang dimaksud posting blog SEO Friendly a...
Cara Membuat Blog: Panduan Ringkas bagi Pemula Cara Membuat Blog: Panduan Ringkas bagi Pemula KANG, bagaimana cara membuat blog teh? Begitu pertanyaan yang biasa dikemukakan teman yang niat b...
Memanfaatkan Blog untuk Pengembangan Usaha (Bisnis... Memanfaatkan Blog untuk Pengembangan Usaha - Bisnis Online, Internet Marketing, Promosi Online. DALAM sebuah pertemuan pelaku bisnis Usaka Ke...

COMMENTS